Menulis dan Ngeblog, salah satu kegiatan Saat Puasa

Menulis dan Ngeblog, salah satu kegiatan Saat Puasa



Bulan Suci Ramadan merupakan bulan di mana setiap orang melakukan kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Berlomba dalam kebaikan dan memperbanyak amalan.
Saya yakin kegiatan-kegiatan ibadah pasti sudah tentu dilakukan oleh kaum muslim. 

Selain ibadah, salah satu kegiatan yang saya lakukan selama bulan puasa ini  adalah menulis dan Ngeblog. Hehe.. Entah kenapa akhir-akhir ini saya jadi lebih rajin bikin draft blog. Menulis blog semacam menjadi obat kebosanan dari diri sendiri yang sampai saat ini belum bisa pergi ke mana-mana karena Covid-19.
Karena Pandemi Corona yang mau nggak mau membuat diri ini Berdiam diri di rumah. Karena nggak mau jadi tim rebahan mulu, ngedraf blog menjadi salah satu hal yang menyenangkan yang bisa saya lakukan.

Menulis apa saja, sih? Ini yang saya lakukan saat menulis dan Blogging selama di rumah aja

1. Menulis untuk tantangan Blogger Perempuan




Seperti tahun-tahun sebelumnya, mengikuti tantangan 30 Day Challenge dari Blogger Perempuan selama bulan puasa adalah hal yang menyenangkan. Selain mengasah kemampuan menulis dan konsistensi, tantangan yang memiliki tema berbeda setiap hari membuat otak terasah untuk menciptakan ide tulisan dengan batasan topik/tema tertentu. 

2. Menulis draft berkaitan traveling


Sejak kembali menulis blog, saya jadi ketagihan untuk  menulis. Tahun lalu bisa berkesempatan jalan-jalan ke banyak tempat, beberapa tempat belum sempat dituangkan dalam tulisan. Nah, mumpung bulan puasa dan di rumah aja, saya mulai ngisi blog khusus untuk catatan jalan-jalan. Hehe semoga konsisten rajin ngisinya. 

3. Menulis Random di Journal


Sejak SMP Saya suka menulis catatan harian yang dulu lebih simple disebut diary. Catatan tersebut berisi acak, mulai dari saat berangkat sekolah hingga saat naksir-naksiran sama cowok kelas sebelah. Hahaha... (sampe sekarang masih ada lho, dan selalu ketawa tiap kali membacanya lagi) 
Dan kebiasaan tersebut terus terbawa sampai sekarang. Meski sekarang tidak setiap hari bisa mengisi catatan harian, tapi selalu berusaha menyempatkan diri mengisinya. Entah kenapa, ada kepuasan tersendiri saat meluapkam keresahan dengan menulis secara manual di jurnal

4. Otak-atik layout dan template blog


Sudah punya blog sejak jaman SMA tahun 2010, sedikit menyesal tidak pernah konsisten menulis. Dulu saya beberapa kali memiliki blog, memiliki blog yang diberikan pihak kampus  (sayang sekarang blognya sudah nggak bisa diakses, padahal artikelnya dulu lebih banyak di sana). Sekarang lagi suka ngatur-ngatur template dan tata letak di dua blog yang saya kelola ini.
Dua blog sengaja saya bedakan, yang satu berbasis Blogger dan yang satu menggunakan WordPress self host. Menyenangkan juga belajar Ngeblog dari dua platform yang berbeda. 

Kegiatan menulis dan Ngeblog di bulan puasa seperti ini menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan. Memanfaatkan banyak waktu luang di samping ibadah wajib dan sunnah. Kalau kalian, kegiatan apa saja yang sudah kalian lakukan selama bulan puasa?


Post a Comment

0 Comments