Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi


mengatasi-akun-shopee-dibatasi



10 Mei 2020 Tengah malam tiba-tiba dapat notifikasi "kami telah membatasi akses akun shopee Anda karena diduga adanya penyalahgunaan akun". Lhaa kan kaget tiba-tiba dapat notif gitu. 

Cara mengatasi akun Shopee dibatasi Keberadaan marketplace dalam kurun waktu 5 tahun ini sangat berkembang pesat. Marketplace sebagai platform jual beli yang  mewadahi penjual dan pembeli dalam satu wadah untuk melakukan transaki jual-beli secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace yang sudah saya  gunakan sejak awal kemunculannya 5 tahun lalu dan jadi sumber penghasilan  yang paling banyak bagi usaha yang saya jalankan. 

Sebagian besar pengguna shopee merasa senang karena promonya lebih banyak.  Selain itu, shopee merupakan pelopor marketplace yang berani memberi program gratis ongkir sejak awal hadirnya di Indonesia. tiba-tiba, Kemarin tanggal 10 Mei, saya mendapat pengalaman nggak enak dan membuat saya khawatir. Tiba-tiba saya mendapat notif akun dibatasi. Berikut kisahnya..

Awal Mula Akun dibatasi

notifikasi-akun-shopee-dibatasi

Ya nggak ada mulanya, tiba-tiba kaget aja dapat notifikasi akun shopee dibatasi.

Tapi sebelum akun saya dibatasi ini, beberapa teman sudah cerita kalau Tim Shopee sedang memperketat regulasinya. Hal ini terkait dengan oknum-oknum  Yang biasa memanfaatkan promoaN Shopee dengan tidak wajar seperti memiliki banyak akun hanya untuk mendapatkan promo.

Saya sendiri memiliki 3 Akun aktif di marketplace orange satu ini, tapi jujur nggak pernah neko-neko menggunakannya. Hanya untuk jualan,nggak pernah berburu promoan yang berlebihan, transasksi juga yang sewajarnya seperti membeli pulsa/paket data, bayar tagihan,  penggunaan voucher pun nggak pernah banyak (malah lebih banyak expired).

Eh lha kok tanggal 10 Mei 2020 kemarin tiba-tiba ada notifikasi akun saya dibatasi.

Mengapa Akun shopee saya dibatasi?

Dikutip dari halaman pusat bantuan shopee, keterbatasan akun dapat dilakukan kepada user yang melakukan hal-hal berikut:

  • Pemalsuan Informasi penjualan
  • Penyalahgunaan voucher
  • Penyalahgunaan gratis ongkir
  • Penipuan dalam bentuk apapun
  • Penyalahgunaan akun shopee (termasuk spam)
  • Pengunggahan produk duplikat
  • Mengarahkan pembeli bertransaksi di luar shopee

Saya merasa tidak pernah melakukan apapun dari daftar tersebut. Sempat mikir penyalahgunaan akun shopee, tapi saya mikir Cuma jualan dan transasi masa termasuk penyalahgunaan?  Atau pengunggahgan produk duplikat, tapi saya selalu mengunggah produk berbeda di tiga akun saya. Selain itu shopee sendiri selalu memperinatkan tiap ada kesalahan .

Buru-buru saya cek dua akun lainya yang saya miliki. Sialnya hal yang sama juga. Selain itu juga mendapati email yang memberitahukan perihal pembatasan akun shopee. Saya panik dong, takut nggak bakal balik karena cerita teman bilang kebanyakan akun yang dibatasi nggak bakal balik. Mana ketiga akun tersebut masih ada teransaksi penjualan yang belum selesai, belum dikirim, belum sampai dan ada saldo Shopeepay  sisa beli pulsa juga.

Kerugian Akun Shopee Dibatasi

Kerugian saat akun shopee dibatasi yang jelas tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Dalam artian tidak bisa membeli barang, tidak bisa menjual barang, tidak bisa melakukan transaksi pembayaran/pembelian pulsa dan tentunya nggak bisa untuk menggunakan promo-promo voucher. Memang masih bisa login dan melihat-lihat barang yang diinginkan atau memproses penjualan berjalan, tapi nggak bisa digunakan transaksi.

Selain itu, akun shopee yang dibatasi akan ditutup permanen apabila 30 hari setelah mendapat notifikasi tidak mengajukan banding, atau pengajuan naik banding gagal/ditolak.  

Cara mengembalikan akun Shopee yang dibatasi

Dari pemberitahuan shopee, pastikan kalian memiliki beberapa dokumen yag perlu disiapkan sebelum mengajukan banding kepada pihak Shopee. Berikut syarat untuk mengajukan Banding terkait pembatasan akun agar akun bisa diaktifkan kembali.

(untuk pembeli)

  • KTP
  • Bukti pembelian produk

(Untuk Penjual)

  • Foto identitas yang sah (KTP,Kartu pelajar,kartu pegawai,dll)
  • Foto Ijin Usaha (jika ada
  • Bukti pengiriman produk
  • Bukti kepemilikan produk
  • Informasi lengkap terkait bisnis\ 

Pagi harinya saya buru-buru ngajukan permohonan banding terkait pembatasan akun. Dari ketiga akun, jelas saya hanya bisa mengajukan banding satu akun terkait dengan identitas KTP yang dimiliki (kan Cuma satu, sekarang sepertinya satu akun hanya untuk satu KTP. Dulu masih bisa beberapa akun). Saya kemudian menyiapkan dokumen dan foto-foto yang harus dikirim bersamaan dengan form complain.

Yang saya ytanyakan:

  • Akun saya kenapa dibatasi dan info untuk mengaktfkan kembali
  • Saya masih memilki transaksi belum selesai, apakah tetap bisa diproses

Nah di sini saya mendapoat jawaban dari CS bahwa  akan ditinjau kembali persoalan akun Dibatasi , sedangkan transaksi masih bisa dilakukan selama peninjauan kembali . lha tapi alasan dibatasinya kok nggak jelas gini sih?

Pengaktifan Kembali Akun Shopee

Setelah email terakhir dengan CS yang menyatakan akan ditinjau kembali, Sampai pukul 12 siang, tidak ada kabar lagi dari CS tersebut.  Tetiba Pukul 13.20 ada notifikasi dari aplikasi Shopee bahwa akun telah aktif kembali. Saya cek dua akun lainnya juga mengalami hal serupa, padahal saya belum melakukan tindakan apapun di dua akun lainnya.  

mengaktifkan-akun-shopee

Wah saya bersyukur sekali, karena kalau sampai akun nggak balik kan emaaan… transaksi dan penilaiannnya sudah cukup banyak. Dan belum tentu nantinya saya bisa mengguanakan username yang sama kalau ampai harus ditutup permanen.

Spekulasi Pribadi terkait akun saya yang dibatasi

Meski alasan pembatasan untuk akun shopee saya nggak jelas, namun ada beberapa spekulasi Terkait hal ini:

  • Karena saya punya 3 akun yang semuanya jalan, alias aktif, sehingga IP address terlacak satu lokasi bisa jadi muyncul sebagai pelanggaran di sistem
  • Saya punya produk duplikat (yang nggak sadar). Tapi belum cek lagi produknya satu persau. Karena dari ketiga akun saya berusaa membedakan produk yang diunggah di setiap akunnya.  
  • Shopee sedang bersih-bersih akun yang dianggap spam
  • Sistem shopee sedang error jadi ada kesalahan teknis
  • Shopee mengira 3 akun saya bakalan ikut berburu promo 11-05 kemarin (yaa.. tapi harusnya tim bisa tau doong username yang serng pakai promo apa gak. Kalau saya sih jarang.
Nah, itu tadi pengalaman saya mengalami pembatasan akun pada shopee. Untungnya nggak ditutup permanen. Apalagi kalau memulai membuat akun baru di Shopee ekarang sudah tidak seperti awal mula kemunculannya. Terima kasih lho, Shopee.. untung saja akun nggak jadi dibatasi. Saya jadi bisa berjualan seperti biasa.

Catatan: 

Pengajuan banding terkait hal ini untuk akun yang bener-bener nggak bersalah ya, macem akun saya. Kalau akun  kalian punya salah seperti buat berburu promo ya ikhlasin saja kalau nggak bisa balik. Pengalaman punya teman saya yang akunnya dibuat berburu promoan akhirnya kena begal semua . Tewas tak bersisa.(ya tapi dia salahnya punya lebih dari 5 akun). Wkwkwkw  


Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

18 comments

  1. Wah saya cari informasi tentang akun shopee dibatasi ternyata punya mbak Rie ada di page one.😀

    Akun shope saya ini lagi dibatasi, jadi tidak bisa gabung dalam grup gitu. Jadi saya punya hape Xiaomi yang bisa buat dua akun shopee dalam satu hape. Eh pas mau gabung grup arisan shopee kok ada notif tidak bisa gabung karena aktivitas yang tidak biasa.

    Apa penyebabnya karena satu hape ya, apa mbak Rie punya solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, iya karena 1 hape. akunku juga kena. udh nanya CS jawabannya ga bisa dibantu karena melanggar kebijakan shopee.
      mungkin solusinya ya bikin akun baru + ganti hp baru.. :D

      Delete
    2. Mas Agus ya Ampuuun maaf aku belum balas komen ini..
      Hiks iyaa kemarin pas musim arisan shopee ya aku juga mengalami hal serupa. Memang kebijakan Shopee tidak memperkenankan. Melanggar kebijakan.

      Solusinya: login di hp berbeda, tidak menggunakan jaringan yang sama (misal satu menggunakan WIFI, satu menggunakan data seluler). Semoga membantu.

      Delete
    3. Tidak apa-apa, sampai sekarang aku masih belum bisa bikin grup atau ikut grup, susah juga kalo harus bikin akun baru di hape baru.

      Bikin akun sih gampang, tapi hape barunya itu yang susah.🤣

      Delete
    4. Kalau pakai Wifi yang sama kayanya ga masalah deh, saya dirumah ada beberapa akun Shopee sering pakai 1 wifi koneksinya & aman udah lama.

      Sering dipakai belanja, ke alamat yg sama pengirimannya & malah ada 3 akun yang dipakai untuk jualan juga tapi aman asal ga beli dari toko milik sendiri dari hp lain karena biasanya lama2 kebaca juga

      Delete
  2. Carany banfing gimana ya kak? Telp cs shopee apa kirim email .? Mohon pencerahany kak?

    ReplyDelete
  3. Kl srg pake promo termasuk pelanggaran ya ? Trs knp ngadain promo ? Gagal paham

    ReplyDelete
  4. Kalo akun saya gak bisa pake voucher gratis ongkir saya chat cs nya katanya akun saya dibatasi karena saya pake akun lain padahal saya cuman punya 1. Saya bingung gimana caranya biar bisa pake voucher gratis ongkir lagi karena saya mau c.o
    Kalo saya gak chat cs nya saya gak bakal tau kalo akun saya dibatasi karena di notif shopee gak ada pemberitahuan

    ReplyDelete
  5. Kak aku juga punya toko nih .. Dibatasi sedangkan ktp nya pinjem temen.. Dan temen g bisa d hubungi lagi. Gimana ya caranya sedih

    ReplyDelete
  6. Saya mau melakukan kebijakan banding tapi saya tidak memiliki kartu pelajar dan KTP jadi bagaimana padahal saya sedang memesan barang di shopee kalau akun saya di batasi apakah barang pesanan saya di cancel

    ReplyDelete
  7. Waduh bikin panik, barusan terjadi, gmn nih

    ReplyDelete
  8. Mau nnya klo akun dibatasi tapi kita lgi dlm pemesanan barang dan udh dibayar pke shopeepay gmn nasibnya?

    ReplyDelete
  9. Kak kalo udh ada pengaktifan akun brrti udH ga perlu naik baniing lagi ya ? Apa hrs naik banding?

    ReplyDelete
  10. Kak kalo saya mau tanya akun saya ga ada notifikasi di batasi tapi tidak bisa chekout pakai gratis ongkir karna ada aktivitas tidak wajar ..tapi kalo ga pake voucer bisa chek out itu gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kakak sudah pakai voucher gratisan ongkir di akun shopee lain yang menggunakan satu hp yang sama.

      Delete
  11. Akumu telah dibatasi A02 terdeteksi membuat pesan spam menggunakan penjualan. pastikan sudah mematuhi kebijakan shopee bantuan 🙏

    ReplyDelete
  12. Kak saya ada kirim email ke Kaka. Mohon di respon ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment