Buku Fiksi Favorit Anak Sastra yang Cocok Jadi Seserahan

2 comments



 Buku-buku Fiksi ini cocok dijadikan seserahan bagi penikmat sastra- Selain kado ulang tahun berupa buku, nggak ada yang lebih membahagiakan bagi seorang penggemar sastra selain salah satu seserahan pernikahannya adalah buku-buku favorit.

Nah, kalau partner kamu penikmat sastra yang buku bacaannya kadang nyleneh dan suka pilih-pilih, boleh cek nih rekomendasi buku di bawah ini yang bisa dijadikan ide seserahan saat pernikahan.

Ide Buku Seserahan bagi Penggemar Sastra

1.       Serial Bilangan Fu – Ayu Utami

Serial-bilangan-fu-Ayu-Utami
Serial Bilangan Fu Koleksi Pribadi Minus "Maya" 

Sejak pertama mengenal Ayu Utami, kekuatan tulisan-tulisan dalam novelnya nggak perlu diragukan lagi. Selain Novel Saman dan Larung yang patut teman-teman baca, Serial Bilangan Fu ini cocok dijadikan seserahan karena sangat kaya akan pengetahuan.Kepiawaian Ayu Utami dalam karyanya yang terkesan mendobrak hal tabu (terutama masalah seks dan agama) menjadikannya salah satu penulis sastra angkatan 2000an yang patut dipertimbangkan sebagai pembaruan dalam genre sastra.

Novel Serial Bilangan Fu yang terbit hinggga saat ini ada empat: yaitu (Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa –sekarang menjadi  Manjali-, Lalita dan Maya) . Koleksi saya kurang Maya saja.  

Novel-ayu-utami
Beberapa Novel Ayu Utami - Koleksi Pribadi 

2.       Tetralogi Pulau Buru – Pramodya Ananta Toer

 
tetralogi-pulau-buru

Salah satu sastrawan Indonesia yang cukup popular dengan karya-karya legendarisnya. Salah satu penulis dengan latar sejarah yang buku-bukunya cocok dijadikan seserahan. Empat buku Tetralopgi Pulau Buru yaitu Bumi Manusia, Jejak Langkah, Anak Semua Bangsa dan Rumah Kaca. Buku-buku ini ditulis saat pramoedya berada di tahanan pulau Bur, meski sempat dilarang beredar, kini Tetralogi Pulau Buru tetap diminati oleh penggemar sastra.  

3.       Serial Supernova – Dee Lestari 

 

Kalau pasangan kalian suka novel seri ilmiah, Serial Supernova cocok dijadikan salah satu seserahan,loh. Karya Dee Lestari ini terdiri dari 6 Novel yang sudah 19 tahun sejak pertama diterbitkan, yaitu Ksatria,Putri dan Bintang jatuh (2001), Akar (2002), Petrir (2004), Partikel (2012), Gelombang (2014), dan Intelegensi Embun Pagi (2016)

Selain dijual terpisah, 6 Buku ini juga dijual dalam bentuk box set yang tentunya harganya lebih terjangkau. Nanti Saya mau dikasih seserahan serial ini ya, mas :D

4.       Novel Dee Lestari Lainnya

Selain menulis Serial Supernova, Dee Lestari juga menulis fiksi-fiksi lain yang tak kalah seru dan cocok juga untuk dijadikan seserahan. Fiksi lainya dari penulis sekaligus penyanyi ini adalah Perahu Kertas, Madre, Filosofi Kopi, Rectoverso, hingga karya terbarunya yang cukup bagus Aroma Karsa (2018) dan Di Balik Tirai Aroma Karsa (2019)

5.       Novel Karya Eka Kurniawan

NOVEL-EKA-KURNIAWAN
Fiksi Karya Eka Kurniawan-koleksi pribadi 

Tulisan-tulisan Eka Kurniawan cukup dinikmati di kalangan Sastra. Salah satu karyanya yang cukup fenomenal adalah Cantik Itu Luka. Penulis lulusan Ilmu Filsafat ini sungguh Piawai menceritakan kehidupan rumah pelacuran dan seorang pelacur bernama Dewi Ayu.

Meski Novel Cantik itu Luka banyak dibilang mirip dengan novel Seratus Tahun Kesunyian (One Hundred Years of Solitude) Gabriel Garcia Marquez, tapi dalam cantik Itu luka sangat disesuaikan dengan kultur Indonesia.

Karya-Karya Eka lainnya yang cocok untu dijadikan serahan adalah Novel O, Corat-coret di Toilet, Lelaki Harimau, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi.  

6.       Novel Karya Okky Madasari 

 

Novel-novel Okky Madasari juga patut diperhitungkan dalam karya sastra bagus yang patut dijadikan seserahan. Bagaimana tidak, novel-novelnya berlatar sosiologis yang berangkat dari realitas dan pengalaman Oky Madasari sendiri. Saat ini ada 10 Buku yang telah diterbitkan oleh Oky Madasari dalam 10 tahun perjalannnya menulis.

Buku yang saya rekomendasikan sebagai seserahan adalah: Entrok, 86, Maryam, Pasung Jiwa, Kerumunan Terakhir, yang  BinasA Perlahan

7.    Novel Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Novel-karya-Ziggy



Nyebut nama lengkap penulis satu ini lumayan bikin lidah kesleo. hehehe.. Nama Ziggy mulai dikenal semenjak karyanya berjudul Di Tanah Lada menjadi Juara kedua Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2015 disusul   Semua Ikan di Langit pernah menjadi juara Sayembara Penulisan Novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2016,  Novel Ziggy yang saya rekomendasikan cocok sebagai buku seserahan adalah Semua Ikan di Langit, Di Tanah lada, Jakarta Sebelum Pagi.

Nah, dari kesemua buku di atas mana nih yang menurutmu paling cocok dijadkan seserahan? Kalau saya sih maunya yang nomor 2  dan 5 (soalnya yang lainnya sudah punya, walau belum lengkap.wkwkw..) atau nggak usah nunggu seserahan kali ya, mau ngado jjudul-judul di atas juga boleh.

Kalau Teman-teman, selain judul buku di atas adakah karya sastra yang disukai?  

*ditulis untuk mengikuti kegiatan nulis bareng Ning Blogger Suroboyo, edisi September minggu ke IV*

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

2 comments

  1. Semua yang Kak Rie sebutkan adalah TBR aku 😭😭😭
    Dee Lestari udah hampir semua aku baca nih. Kalau yang lain, belum semua dan ingin aku baca, tapi kalau disuruh pilih mana yang paling aku ingin baca, karya Ziggy yang paling ingin aku baca sekarang karena banyak yang rekomendasiin terutama Tanah Lada dan Semua Ikan di Langit πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huee emang nih novel-novel yang banyak direkomendasikan untuk dibaca, kak. Sudah baca semua, tapi kebanyakan modal pinjem. Haha

      Belum punya semua.. Mupeng banget kalau ngomongin buku, pengen punya semua.

      Delete

Post a Comment