Memaknai 3 Kali Puasa saat Pandemi

Puasa-saat-pandemi

Memaknai 3 kali puasa saat panndemi- Tanpa terasa waktu cepat berlalu. Tahun ini memasuki tahun ke tiga bulan Ramadan di kala pandemi.  Meski aktivitas sudah mulai berjalan normal, masih ada ketakutan diri tentang virus Covid-19. Aturan-aturan dari pemerintah yang sering berubah-ubah, membuat kita harus menjaga diri masing-masing. Terlepas dari hal tersebut, puasa di saat pandemi membuat kita mampu mengambil beberapa makna. 

Memaknai 3 Kali Puasa Saat Pandemi

  • Memperbanyak ibadah di rumah

Jika di tahun pertama dan ke dua Pandemi ibadah bersama di masjid saat bulan Ramadan ditiadakan, tahun ini sudah mulai diadakan kembali. Ibdah tarawih dan witir berjamaah di masjid. Namun tak sedikit yang lebih memilih memperbanyak ibadah di rumah daripada harus berkumpul dengan banyak orang. Memilih ibadah di rumah bersama keluarga di rumah juga tak jadi masalah. Pandemi bisa jadi salah satu situasi untuk meningkatkan  kualitas ibadah bersama keluarga. 

  • Lebih sering berkumpul dengan keluarga 
Selain ibadah di rumah, puasa di kala pandemi juga membuat waktu berkumpul bersama keluarga jauh lebih banyak. Hal ini dapat membuat hubungan antaranggota keluarga semakin dekat. Meminimalisir interaksi dengan orang. 

  • Lebih Hemat 

tiga kali puasa di kala pandemi membawa berkah yaitu membuat hidup lebih hemat. Kalau dulu saat puasaan, bahkan sebelum puasa tiba, ajakan untuk berbuka puasa selalu datang dari banyak pihak. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, Kuliah, teman tongkrongan, hingga komuitas -dengan dalih sekalian reuni-. Bukannya menolak ajakan bukber, tapi kalau buka bersama terlalu sering, apalagi teman-teman memilih di tempat yang terkesan mewah dan mahal yaa lumayan membuat pengeluaran membengkak, sist!  
  • Mempunyai waktu lebih untuk mengeksplorasi kemampuan 
Pandemi yang mengharuskan lebih banyak di rumah jangan dimanfaatkan untuk tidur atau scroll-scroll ponsel yang tidak bermanfaat. Puasa di rumah, bisa dimanfaatkan mengisi waktu luang untuk mengekslorasi kemampuan. Membaca buku, belajar membuat kreasi masakan, menonton video-video bermanfaat atau menyalurkan hobi lainnya.   

Nah, itu tadi beberapa makna puasa di saat pandemi yang dapat kita ambil. Meski saat ini sudah mulai membaik di segala  bidang, namun jangan kendor, tetap terapkamn protokol kesehatan,Ya!
Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

Post a Comment