Pengalaman Mengatasi Asam Lambung (GERD) yang Sering Kambuh - rieagustina

Pengalaman Mengatasi Asam Lambung (GERD) yang Sering Kambuh

Mengatasi Asam Lambung (GERD) - Sekitar awal tahun 2018 lalu,  saya memiliki masalah yang cukup serius dengan lambung . Dokter mendia...


Mengatasi Asam Lambung (GERD) - Sekitar awal tahun 2018 lalu, saya memiliki masalah yang cukup serius dengan lambung. Dokter mendiagnosis karena Maag dan GERD (asam lambung). Sebenarnya bukan tanpa alasan saya mempunyai maagGara-gara jaman kuliah saya sering telat makan, sering mengkonsumsi kopi untuk menemani begadang  mengerjakan deadline tugas-tugas yang menumpuk. Sampai akhirnya kebiasaan minum kopi, makan pedes dan telat makan membawa saya pada maag.  

Tahun 2017 saya juga sering begadang untuk mengerjakan orderan hingga asam lambung naik namun masih sering saya abaikan, membuat tubuh saya akhirnya  nggak karuan. Dokter yang saya temui malah mengatakan GERD saya masuk kategori menengah. Wah, waktu itu saya stress berbulan-bulan mikir hal tersebut. 
Dua bulan lebih bolak-balik ke dokter nggak kunjung sembuh. Hanya menambah-nambahi daftar obat yang terpaksa harus saya telan setiap harinya. Berkali-kali diberi obat bisa meredakan, namun ketika obat habis eh balik lagi kambuh. 
hal tersebut berulang terus. Malahan dokter sempat menyarankan rawat inap karena takut kekurangan nutrisi.  Tapi saya nggak mau, memilih diberi obat (yaa.. selain karena nggak mau tidur di rumah sakit, saya takut jarum suntik. wkwkwkw). 
Berbagai saran dokter sudah dilakoni mulai nggak makan pedes, asem, makan sedikit-sedikit tapi sering (3-4 jam sekali). Tapi tetep saja perut terasa nggak nyaman. 

Gejala Asam Lambung (GERD) yang saya alami:

-perut atas bagian tengah kalau ditekan sakit
- dada terasa sesak
- rasa panas di dada naik sampai ke kerongkongan dan mulut (heartburn
- perut perih
- kepala pusing
- mual-mual tapi tidak mengeluarkan cairan
- kontipasi/diare
- mata kunang-kunang
- keringat dingin
- nafsu makan berkurang 
- kadang pinggang sakit


kala itu mau makan rasanya nggak enak, minum nggak enak, kebanyakan malah balik lagi alias mutah. Ditambah badan lama-lama makin kurus (lebih kurus dari sekarang) seingat saya berat badan pernah berada di angka 35kg waktu itu. Sekarang, walaupun kata orang  kurus masih berada di  angka 40an. 
Kalau sudah kambuh perut bisa melilit-lilit sampai gemetaran. Dada panas hingga ke tenggorokan,  sampai kadang sesak (heartburn) . Belum lagi keringat dingin, mata berkunang-kunang. Selain itu, saya juga mengalami kontipasi berhari—hari. Kadang juga tiba-tiba diare. Oiya, kalau lagi buang air besar (mohon maaf) warna pup bisa sampai putih yang menandakan bahwa perut tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

hal tersebut juga mempengaruhi siklus menstruasi dan masalah pada kulit wajah yang cukup serius. Hampir setengah tahun muka lebih kusam, breakout parah, jerawatan di mana-mana, bruntusan yang nggak hilang-hilang. Saya sudah mencoba segala macam sabun dan skincare tetap nggak ada perubahan.

Akhirnya... saya lelah. Setelah saya browsing sana-sini saya coba alternatif untuk mengatasi lambung yang bermasalah tersebut. Sembari mengurangi obat-obatan dari dokter ketika mulai membaik.


Ini yang saya lakukan untuk mengatasi asam lambung yang sering kambuh:



1. Minum Jamu Kunyit Hangat 
Tiap pagi saya minum jamu kunyit (tanpa asam) hangat sebelum makan (saat perut masih kosong). Kunyit mengadung curcuma, yang dipercaya sebagai zat antioksidan dan antiradang. 
Jamu kunyitnya saya beli di pasar tiap pagi, berhubung sudah langganan, setiap pagi  jamunya masih hangat (tapi kalau beli jamu gini harus bener-bener dicek, penjualnya pakai pemanis buatan atau gula asli) paling aman sih buat sendiri. Saya melakukan ini secara rutin selama beberapa bulan. 
Karena saya merasakan manfaatnya akhirnya keterusan sampai sekarang setiap hari minum kunyit dan alhamdulillah asam lambung jarang kambuh. 


*kondisi perut orang berbeda-beda, kalau misal perut tidak bisa menerima, jangan dipaksakan* 
Menurut sumber yang saya baca, kandungan kurkuma dari kunyit juga dapat memperbaiki dinding lambung yang rusak karena asam lambung. 

2. MAKAN BUAH PISANG
Buah pisang ini paling aman untuk penderita lambung karena mengandung kalium yang baik untuk memperbaiki struktur lambung. Biasanya saya konsumsi pisang kepok, bisa direbus atau dimakan langsung. bisa dibuat sebagai camilan. 

3. Konsumsi Buah-buahan berserat
Banyak makan makan berserat pilihan yang baik untuk penderita asam lambung. Selain pisang, saya juga mengkonsumsi pepaya untuk melancarkan pencernaan. 

4. Patuh pantangan
hal paling penting dalam masa penyembuhan adalah patuhi pantangan. makanan Pedas, asam, dan terlalu asin juga hindari dulu. Selama 3 bulanan itu  saya sama sekali nggak makan pedes atau asem.
Sampai sekarang, saya nggak berani lagi makan makanan yang sangat pedas. Jika ingin sedikit rasa lombok, saya biasa menggunakan cabai merah yang tingkat kepedasannya tidak terlalu.  


5. Banyak minum air putih, air hangat dan air madu asli
STOP Total segala jenis caffein saat masa penyembuhan. Baik itu teh, atau kopi. Lebih baik minum air hangat campur madu asli.orang dengan asam lambung, disarankan banyak minum air putih. 

5. Makan 3-4 jam sekali
Makan dengan porsi sedikit tapi sering sqangat dianjurkan. Makan nasi dengann tekstur lembek. Jangan makan bubur. Karena enzim yang dihazilkan oleh air liur saat mengunyah sangat diperlukan untuk proses pencernaan. Kalau nggak laper-laper banget bisa diganti kue basah, bukan gorengan.

6 manajemen Stress
Manajemen Stress adalah hal yang paling penting. Stress atau banyak pikiran menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. kurangi pikiran yang berlebih, lepaskan perlahan. 

7. Menerapkan pola hidup sehat
menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga, makan teratur , tidur yang cukup dan kurangi begadang, lebih banyak makan sayur. 

Makanan dan hal yang harus dihindari bagi penderita asam lambung: 

1. Makanan Pedas dan gorengan
2. Makanan Asam 
3. Soda
3. Caffein
4. Buah yang asam 
5. Gula yang terlalu banyak 
6. Bakso (karena biasanya mengandung pengenyal buatan) 
7. daging-dagingan
7. Kurangi Browsing tentang efek/akibat penyakit asam lambung (ini malah bikin Stress). 
8. kurangi begadang, alkohol atau rokok

Perlahan, maag dan asam lambung jarang kambuh. Sejak jarang kambuh, muka juga nggak breakout, beruntusan dan jerawat ilang. Saat itu saya juga terbantu dengan masker bedak dingin yang mempercepat kempesnya jerawat di muka. Masker bedak dinginnya buat sendiri dan cara pembuatannya juga cukup mudah. 

Baca Juga: Cara membuat Masker Bedak Dingin 

NAH, itu tadi pengalaman saya saat berusaha mengatasi maag dan naiknya asam lambung. Pada kenyataannya penderita maag dan asam lambung tidak akan benar-benar sembuh. Yang terpenting adalah bagaimana cara  mengelola stress dan menjalani pola hidup sehat agar tidak gampang kambuh. 😁😁😁

You Might Also Like

1 Comments

  1. Sehat selalu ya mbak. Oh ya, sama aku sekarang lagi doyan minum air hangat hihi

    ReplyDelete