Pengalaman Mengatasi Asam Lambung (GERD) yang Sering Kambuh

Pengalaman-mengatasi-asam-lambung

Mengatasi Asam Lambung (GERD) - Sekitar awal tahun 2018 lalu, saya memiliki masalah yang cukup serius dengan lambung. Dokter mendiagnosis karena Maag dan GERD (asam lambung). Sebenarnya bukan tanpa alasan saya mempunyai maagGara-gara jaman kuliah saya sering telat makan, sering mengkonsumsi kopi untuk menemani begadang  mengerjakan deadline tugas-tugas yang menumpuk. Sampai akhirnya kebiasaan minum kopi, makan pedes dan telat makan membawa saya pada maag.  

Tahun 2017 saya juga sering begadang untuk mengerjakan orderan hingga asam lambung naik namun masih sering saya abaikan, membuat tubuh saya akhirnya  nggak karuan. Dokter yang saya temui malah mengatakan GERD saya masuk kategori menengah. Wah, waktu itu saya stress berbulan-bulan mikir hal tersebut. 
Dua bulan lebih bolak-balik ke dokter nggak kunjung sembuh. Hanya menambah-nambahi daftar obat yang terpaksa harus saya telan setiap harinya. Berkali-kali diberi obat bisa meredakan, namun ketika obat habis eh balik lagi kambuh. 
hal tersebut berulang terus. Malahan dokter sempat menyarankan rawat inap karena takut kekurangan nutrisi.  Tapi saya nggak mau, memilih diberi obat (yaa.. selain karena nggak mau tidur di rumah sakit, saya takut jarum suntik. wkwkwkw). 
Berbagai saran dokter sudah dilakoni mulai nggak makan pedes, asem, makan sedikit-sedikit tapi sering (3-4 jam sekali). Tapi tetep saja perut terasa nggak nyaman. 

Gejala Asam Lambung (GERD) yang saya alami:

-perut atas bagian tengah kalau ditekan sakit
- dada terasa sesak
- rasa panas di dada naik sampai ke kerongkongan dan mulut (heartburn
- perut perih
- kepala pusing
- mual-mual tapi tidak mengeluarkan cairan
- kontipasi/diare
- mata kunang-kunang
- keringat dingin
- nafsu makan berkurang 
- kadang pinggang sakit


kala itu mau makan rasanya nggak enak, minum nggak enak, kebanyakan malah balik lagi alias mutah. Ditambah badan lama-lama makin kurus (lebih kurus dari sekarang) seingat saya berat badan pernah berada di angka 35kg waktu itu. Sekarang, walaupun kata orang  kurus masih berada di  angka 40an. 
Kalau sudah kambuh perut bisa melilit-lilit sampai gemetaran. Dada panas hingga ke tenggorokan,  sampai kadang sesak (heartburn) . Belum lagi keringat dingin, mata berkunang-kunang. Selain itu, saya juga mengalami kontipasi berhari—hari. Kadang juga tiba-tiba diare. Oiya, kalau lagi buang air besar (mohon maaf) warna pup bisa sampai putih yang menandakan bahwa perut tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

hal tersebut juga mempengaruhi siklus menstruasi dan masalah pada kulit wajah yang cukup serius. Hampir setengah tahun muka lebih kusam, breakout parah, jerawatan di mana-mana, bruntusan yang nggak hilang-hilang. Saya sudah mencoba segala macam sabun dan skincare tetap nggak ada perubahan.

Akhirnya... saya lelah. Setelah saya browsing sana-sini saya coba alternatif untuk mengatasi lambung yang bermasalah tersebut. Sembari mengurangi obat-obatan dari dokter ketika mulai membaik.

Ini yang saya lakukan untuk mengatasi asam lambung yang sering kambuh:

jamu-kunir-untuk-asam-lambung


1. Minum Jamu Kunyit Hangat 

Tiap pagi saya minum jamu kunyit (tanpa asam) hangat sebelum makan (saat perut masih kosong). Kunyit mengadung curcuma, yang dipercaya sebagai zat antioksidan dan antiradang. 
Jamu kunyitnya saya beli di pasar tiap pagi, berhubung sudah langganan, setiap pagi  jamunya masih hangat (tapi kalau beli jamu gini harus bener-bener dicek, penjualnya pakai pemanis buatan atau gula asli) paling aman sih buat sendiri. Saya melakukan ini secara rutin selama beberapa bulan. 
Karena saya merasakan manfaatnya akhirnya keterusan sampai sekarang setiap hari minum kunyit dan alhamdulillah asam lambung jarang kambuh. 


*kondisi perut orang berbeda-beda, kalau misal perut tidak bisa menerima, jangan dipaksakan* 
Menurut sumber yang saya baca, kandungan kurkuma dari kunyit juga dapat memperbaiki dinding lambung yang rusak karena asam lambung. 

2. MAKAN BUAH PISANG

Buah pisang ini paling aman untuk penderita lambung karena mengandung kalium yang baik untuk memperbaiki struktur lambung. Biasanya saya konsumsi pisang kepok, bisa direbus atau dimakan langsung. bisa dibuat sebagai camilan. 

3. Konsumsi Buah-buahan berserat

Banyak makan makan berserat pilihan yang baik untuk penderita asam lambung. Selain pisang, saya juga mengkonsumsi pepaya untuk melancarkan pencernaan. 

4. Patuh pantangan

hal paling penting dalam masa penyembuhan adalah patuhi pantangan. makanan Pedas, asam, dan terlalu asin juga hindari dulu. Selama 3 bulanan itu  saya sama sekali nggak makan pedes atau asem.
Sampai sekarang, saya nggak berani lagi makan makanan yang sangat pedas. Jika ingin sedikit rasa lombok, saya biasa menggunakan cabai merah yang tingkat kepedasannya tidak terlalu.  

5. Banyak minum air putih, air hangat dan air madu asli

STOP Total segala jenis caffein saat masa penyembuhan. Baik itu teh, atau kopi. Lebih baik minum air hangat campur madu asli.orang dengan asam lambung, disarankan banyak minum air putih. 

6. Makan 3-4 jam sekali

Makan dengan porsi sedikit tapi sering sqangat dianjurkan. Makan nasi dengann tekstur lembek. Jangan makan bubur. Karena enzim yang dihazilkan oleh air liur saat mengunyah sangat diperlukan untuk proses pencernaan. Kalau nggak laper-laper banget bisa diganti kue basah, bukan gorengan.

7 manajemen Stress

Manajemen Stress adalah hal yang paling penting. Stress atau banyak pikiran menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. kurangi pikiran yang berlebih, lepaskan perlahan. 

8. Menerapkan pola hidup sehat

menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga, makan teratur , tidur yang cukup dan kurangi begadang, lebih banyak makan sayur. 

Makanan dan hal yang harus dihindari bagi penderita asam lambung: 

1. Makanan Pedas dan gorengan
2. Makanan Asam 
3. Soda
3. Caffein
4. Buah yang asam 
5. Gula yang terlalu banyak 
6. Bakso (karena biasanya mengandung pengenyal buatan) 
7. daging-dagingan
7. Kurangi Browsing tentang efek/akibat penyakit asam lambung (ini malah bikin Stress). 
8. kurangi begadang, alkohol atau rokok

Perlahan, maag dan asam lambung jarang kambuh. Sejak jarang kambuh, muka juga nggak breakout, beruntusan dan jerawat ilang. Saat itu saya juga terbantu dengan masker bedak dingin yang mempercepat kempesnya jerawat di muka. Masker bedak dinginnya buat sendiri dan cara pembuatannya juga cukup mudah. 
NAH, itu tadi pengalaman saya saat berusaha mengatasi maag dan naiknya asam lambung. Pada kenyataannya penderita maag dan asam lambung tidak akan benar-benar sembuh. Yang terpenting adalah bagaimana cara  mengelola stress dan menjalani pola hidup sehat agar tidak gampang kambuh. 😁😁😁
Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

41 comments

  1. Sehat selalu ya mbak. Oh ya, sama aku sekarang lagi doyan minum air hangat hihi

    ReplyDelete
  2. Rasa sakit yang di rasain sama bnget sm yang skrng ini aku rasain,
    Doain aku ya ka, semoga aku bisa cepat sembuh, atau seenggaknya ngurangin rasa sakitnya itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Cepet sembuuh kak,,, intinya jaga pola makan dan jangan stress. Kunci utama asam lambung ada di dua hal tersebut. harus jaga pola makan yang banget

      Delete
  3. Berrti ga boleh mkn lauk yg digoreng ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan jangan dulu sebelum kondisi membaik, makan yang direbus atau dikukus saja.

      Delete
  4. Thanks sharingnya mba. Ada tips untuk mengatasi kecemasannya ga mba? Pikiran saya jadi ngelantur kemana-mana atau merasa takut gara-gara GERD ini.

    ReplyDelete
  5. Thanks sharingnya mba. Ada tips untuk mengurangi anxiety ga mba? Pikiran saya ngelantur kemana-mana (hal negatif) gara-gara GERD ini dan jadi pikiran terus tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak melakukan kegiatan, kalau pikiran disibukkan dengan kegiatan biasanya berkurang. Tapi dulu saya juga susah sih, mesti kepikiran terus gara2 GERD itu. Akhirnya saya coba sugesti diri sendiri, s"pasti sembuh, saya harus sembuh" jadi pikiran saya fokus ke kesembuhan.

      Delete
  6. Saya sebulan lebih berjuang melawan asamlambung ini...
    Alhamdulillah sedang masa pemulihan gizi,bb saya turun 4 kg.
    Mengkontrol emosi dan pikiran yg sulit buat saya..😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak emosi dan pikiran ini saya juga sulit. kalau sedang stress suka kambuh asam lambunnya

      Delete
  7. Kalo masih konsumsi obat dokter (sucralfate) boleh gak ya mbak konsumsi kunyit ??

    ReplyDelete
  8. Kalau konsumsi obat dokter dihentikan dulu baru pindab ke kunyit. Atau bisa dijedakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo kak, maaf baru jawab. Untuk awal-awal dulu saya konsumsi keduanya. Dengan jarak waktu konsumsi dijeda minimal 1 jam.
      sekitar 1 bulan kemudian ketika kondisi membaik bisa dikurangi konsumsi obat dokternya.

      Delete
    2. Berapa lama kak konsumsi obat dokter?

      Delete
    3. Kurang lebih 5 bulanan kak, setelah rutin minum kunyit dan ngerasa membaik saya mulai pelan-pelan ngurangi konsumsi obat dokter. cuma multivitamin aja yang rutin

      Delete
  9. Untuk minum kunyitnya dikasih madu g ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas kak. Madu juga bagus untuk GERD. Untuk kunyit saya biasanya minum tanpa madu

      Delete
    2. Apa yang kakak rasain ketika asam lambung kakak naik?
      Apakah sampai tembus ke punggung belakang dan merasakan pusing dikepala?

      Delete
    3. Wah iya kak, kalau dulu pas lagi parah-parahnya itu dari perut depan tembus ke belakang, punggung, pinggang sampai kaki juga ikut gemetar. Sering pusing, mual, mulut pahit juga.

      Delete
    4. Minta doanya ya kak agar saya juga cepet sembuh seperti kakak , karna g nyaman banget kak buat saya . Sampai saya harus tdak bekerja selama 3 bulan terakhir ini ..

      Delete
    5. aamiiin... amiiin... Semoga lekas membaik kak. Memang nggak nyaman banget. Coba dirutinkan minum kunyit , air madu. Kurangi makan-makanan pedas, caffein dll itu kak,

      Delete
  10. Hai kak salam kenal. apa yg kakak rasakan saat gerd sampai sesak yg lumayan sering? berapa lama ka untuk sesaknya? untuk obat dokternya apakah Obat Inpepsa? manajemen stress saya memang sedang kacau ditambah lg pandemi seperti ini jadi mikir aneh2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, salam kenal juga.
      Dulu saya mengalami sesak saat asam lambung naik ke kerongkongan. Dada seperti terbakar, mulut rasanya pahit.

      Untuk obat dokter salah satu yang diberikan memang Inpepsa, ada Rosidon untuk mengatasi mual mutahnya juga. Ada lagi Ranitidin juga pernah diberikan (sepertinya sekarang sudah ditarik izin edarnya)

      Memang kalau sedang banyak pikiran susah banget mengendalikan kak. Tapi itu yang jadi pemicu utama Asam lambung susah reda.

      Semoga sehat selalu ya, kak!! 🥰🥰

      Delete
    2. Kak kalo boleh tau jika sedang kambuh mengalami sesak nya hingga berapa hari?
      sempat suntik lambung tidak kak?

      Delete
    3. ndak mesti sih kak, sesaknya tibul tenggelam. Pas dulu masih parah ya tiap hari ngerasa sesak.
      Alhamdulilah, tidak sampai suntik lambung, dan sebagainya kak.

      Delete
  11. Assalamualaikum...salam kenal ya dek...terimakasih share pengalamanya bagus untuk yg sedang mengalaminya...saya juga mengalami yg anda rasakan...boleh tanya...kl kunyit hangat bisa dari serbuk kunyit yg di seduh air panas, minumnya berapa kali dan kapan...apakah kondisi perut kosong...? Terimakasih sebelumnya atas jawabanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, kak. Terima kasih juga sudah berkenan membaca. Maaf, tapi saya belum pernah menggunakan serbuk kunyit. Tapi kalau kakak ingin mencoba, bisa mencoba sedikit dulu lalu rasakan ada efek samping atau tidak. Karena khawatirnya serbuk kunyit yang dijual di pasaran mengandung pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya.
      Kalau saya lebih baik membuat sendiri karena lebih aman dan higienis. biasa minum selagi hangat, sebelum makan (saat kondisi perut kosong) bisa minum sedikit-sedikit. kalau saya biasanya 1-2 kali sehari.

      Delete
    2. Kak, cara buat minuman kunyitnya gimana kak?
      Biar bisa say buat sendiri

      Btw. Kakak dulu sempat merasa sakit dipunggung yg GK ilang2 kak ?

      Sebelumnya makasih yh kak

      Delete
    3. Kalau buat sendiri bisa ditumbuk/diparut/diblender dulu kunyit ya. Setelah itu diperas dengan air matang. Kemudian direbus dengan gula batu/gula biasa juga boleh tapi jangan terlalu banyak.

      Iya kak,, kalau sakit di punggung bisa minum air putih yang cukup, air hangat ditambah madu juga bisa.

      Delete
  12. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  13. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  14. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  15. Kak boleh minta nomor Wa-nya nggak??

    ReplyDelete
  16. Kamu total sakit gerd berapa lama kak sampai sembuh total? Aku jalan 2 bulan nih sakitnya 😞. Pikiran jelek selalu nongol di sore hari 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu tahun baru bisa lepas kak...
      Iya, memang seperti itu. Semakin pikiran buruk nongol, semakin susah sembuhnya. Usahakan jangan banyak pikiran ya kak..

      Delete
  17. Ya allah... pengalamannya byk yang sama, GERD saya kambuh seminggu ini, sdh d beri obat dokter, tp msh ga berubah, sesak klw nafas, perut kembung ,punggung sakit dan spt ada yg mengganjal d kerongkomgan. Semoga sy bisa sembuh dr sakit ini. Oiya mau tnya, air kunyit hangat nya dr kunyit biasa atau dr biang kunyit kak ? Sehari 1x aja ya atw gmn ? Dicampur madu gpp kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..amiin ya Allah. Semoga lekas membaik kak ❤️
      Kunyit biasa bisa kak, biang kunyit juga bisa. Iyaa bisa dicampur madu (yang Asli yaa.. bukan madu kemasan)
      Selain kunyit juga bisa air madu hangat saja.. banyak makan buah yang manis.

      Delete
  18. Waktu kena gerd, apa aktivitas seperti biasa mbk? Soalnya klo kayak saya badan tuch kayak lemes, pusing mual, dada GK enak. Mo aktivitas tuch bawaannya parno. Takut sesak, takut pingsan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar. Awal-awal memang begitu, kak. Lemes,pusing, mual, sesak. Coba dibuat kegiatan yang ringan seperti jalan kaki dan kegiatan yang nggak perlu angkat2 beban berat. Cukup minum air putih, bisa diimbangi dengan minum air hangat campur madu. Yang penting badan tetap masuk asupan nutrisi supaya nggak tambah lemas.

      Delete

Post a Comment