3 Menu Es Praktis Untuk Buka Puasa

 

resep-es-kuwut-mentimun-resep-es-garbis

Memasuki bulan Puasa, entah kenapa sebagian orang suka sekali menyajikan es sebagai salah satu menu beku puasa. mungkin karena seharian menahan haus, apalagi di tengah cuaca panas seperti di Kota Surabaya. kerap kali orang-orang mencari minuman yang menyegarkan saat berbuka dan pilihannya jatuh kepada aneka menu es manis. 

Jika tahun-tahun sebelumnya saya jarang membuat es untuk buka puasa, kali ini setiap hari buka puasa selalu ada es di meja makan. Yup, mas suami suka sekali minuman manis saat berbuka puasa. Meski setiap hari terdapat menu es, saya mewanti-wanti agar tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak 

3 Menu Es Praktis Untuk Buka Puasa

1. Es Kuwut Mentimun

Es kuwut merupakan minuman khas Bali yang kini banyak disajikan sebagai minuman berbuka Puasa. Minuman berbahan dasar Melon dan Jeruk Nipis ini menambah sensasi segar melepas dahaga melalui rasa manis dan asamnya. Namun, selain menggunakan melon juga bisa menggunakan bahan dasar Timun. 
Cara membuat Es Kuwut di rumah juga cukup mudah, sederhana dan biaya terjangkau. Berikut resep Es Kuwut simple ala saya 
Bahan:
 Kelapa Muda (keruk daginnya) / bisa diganti dengan nata decoco
1 sdm biji selasih , rendam dengan air hangat 
2 buah jeruk nipis iris tipis 
1 buah Timun besar , Parut 
100 Ml. sirup rasa melon 
100ml air kelapa muda 
secukupnya air mineral 

cara membuat es kuwut: 
cara membuat es kuwut mentimun cukup mudah yaitu tinggal campur semua bahan jadi satu dalam wadah besar. aduk sampai rata. Kemudian tambahkan es batu secukupnya.  Es kuwut siap disajikan sebagai menu berbuka puasa 

2. Es Garbis (Es Blewah) 

Memasuki bulan Ramadan biasanya juga diiringi oleh musim panen buah asli Indonesia yang kerap disebut Blewah atau di Jawa Timur disebut juga Garbis. Buah satu ini banyak diburu sebagai salah satu buah yang bisa dijadikan minuman segar saat berbuka puasa.  
Bahan:
1 Buah Blewah/Garbis ukuran sedang 
2 00gr Gula pasir 
1,5 Liter air mineral 

Cara Membuat: 
Cara membuat es garbis cukuplah mudah, pertama belah garbis menjadi dua bagian. Bersihkan bagian bijinya kemudian serut sampai habis. Didihkan gula sampai larut, tuang ke dalam wadah besar. Campur dengan garbis dan air mineral. Aduk sampai merata dan tambahkan es batu sesuai selera. Es garbis siap menjadi teman berbuka teman-teman. Untuk air gulanya, bisa juga diganti dengan sirup Cocopandan atau sirup lainnya sesuai selera. 

3. Es Cao/ Cincau Hitam 

Satu lagi nih suuhan es yang juga laris manis di bulan puasa. Yups, Es Cao/ cncau hitam yang menyegarkan. Rasa cincaunya yang bisa mendinginkan perut saat dikonsumsi menjadi pilihan tepat sebagai menu buka puasa. 
Bahan: 
1 Kotak besar (ukuran 15x15x10) Cincau hitam 
200gr Gula pasir 
1,5 Liter air mineral

Cara membuat: 
Cara membuat es cincau hitam cukup mudah, dan hampir sama dengan cara membuat es garbis. Pertama, potong dadu cincau hitamnya (kurang lebih 1 cm) kemudian didihkan gula pasir. Setelah gula mencair, masukkan ke dalam wadah bersamaan dengan potongan cincau dan air mineral. Tambahkan es batu secukupnya. Gula bisa diganti dengan sirup aneka rasa sesuai selera. 

Nsh, itu tadi resep praktis es yang biasa saya sajikan saat berbuka puasa. Teman-teman, suka membuat es apa nih? Share di kolom komentar,yuk!


Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com
Newest Older

Related Posts

Post a Comment