Cara Mengurus STNK 5 Tahunan (GantiPlat) di Surabaya Terbaru 2017

by - 22.18



Bulan April 2017 kemarin, motor saya sudah waktunya ganti plat dan bayar pajak. Karena baru pertama kali pengalaman ngurus sendiri ganti plat, saya coba browsing sana sini kok sepertinya ribet urus di Surabaya. STNK motornya atas nama Om saya (dulu waktu beli masih kuliah dan masih warga Kabupaten Kediri), Saya telepon Om dan disuruh nunggu di Samsat Manyar sebelum jam 8 (biar g antri katanya), jadilah saya berangkat dari rumah Surabaya Barat jam setengah 7 (maklum dari Surabaya barat ke Manyar kalau pagi macetnya g bisa ditoleransi). Sedangkan rumah Om saya daerah Kalijudan.


Sampe di Samsat Manyar setengah 8 lebih langsung saya parkir ke bagian cek Fisik (pintu sebelah kanan). Ketika Om datang langsung antri ke loket formulir untuk ambil formulir Cek fisik.

Katanya sih kalau cuma diwakilkan harus pakai surat kuasa. Oiya, dokumen-dokumen yg harus dibawa yaitu:

1. STNK ASLI + Fotokopi 1lembar
2. BPKB Asli dan Fotokopi halaman pemilik dan No kerangka
3. KTP sesuai yg tertera di BPKP Asli + Fotokopi

Biasanya kalau fotokopinya daerah SAMSAT maka cukup bilang untuk Ganti Plat 5tahunan, orang di tempat Fotocopynya udah ngerti (jangan lupa beli map.nya sekalian)
Kalau udah lengkap, berikut ini langkah-langkah pengurusan Ganti Plat 5tahunan:

1. Ambil Formulir cek fisik di loket pengambilan form

Berkas sudah dijadikan 1 dalam map, om saya antri sebelum loket dibuka . Bener juga ga lama setelah itu antriannya udah panjang bgt. Padahal masih jam 8 kurang. Setelah loket dibuka nunjukin map berkasnya, kemudian diberi form cek fisik oleh petugas. Setelah itu om saya langsung berangkat kerja. Langkah selanjutnya katanya nggak papa diwakilkan.

2. Kebagian Cek Fisik sebelah kiri Samsat
Di bagian ini langsung saja ke Mas-mas yang udah standby sambil bawa kertas dan gosokan cek fisik, tunjukkan kendaraan yang di cek Fisik. Setelah dicek, kertas form yg sudah diisi No rangka oleh petugas diserahkan kembali ke pemilik. Jangan lupa pindahkan motor ke parkiran yang ada di seberangnya.Oiya,menurut saya di bagian ini ga perlu ngasih uang tips ke mas-masnya,soalnya mereka kan udah dibayar.(ini menurut saya loh, kalau ada yang ingin memberi ya tidak masalah). tapi beberapa petugas malah ada yang minta dikasih.

3. Ke Loket pelayanan Cek Fisik
Di loket ini serahkan map yang berisi berkas -berkas tadi ke petugas loket untuk diverifikasi. kemudian silahkan duduk, karena nunggu dipanggil. Setelah dipanggil, berkas diserahkan kembali ke pemohon.

 

4. Ke Loket pengambilan formulir
Setelah dari loket cek fisik , kembali ke loket pengambilan formulir untuk meminta formulir Ganti Plat, setelah dari loket formulir langsung masuk ke dalam gedung SAMSAT , Ke bagian pemandu yg terletak di sebelah kiri pintu masuk. Di bagian itu akan ditunjukkan bagian mana yang harus diisi, kalau ada siswa/mahasiswa magang biasanya diisikan sekalian sama itu mereka.

5. Ke Loket pendaftaran
Loket Pendaftaran ini loket 1, sepertinya nomor loket-loketnya sudah diubah dari ujung kanan sampai kiri hanya ada 4 loket besar,  karena di tahun 2016 saya pernah urus duplikat STNK nomor loketnya sampai 20an.
Di loket ini pendaftaran , berkas kita diberikan ke petugas setelah itu kita disuruh ke Loket 2 untuk administrasi pembayaran,  hanya diberi nomor antrian pembayaran.


6. Loket pembayaran
Saat saya ke Loket no 2 dan menunjukkan no antrian, saya disuruh menunggu oleh petugas. Mungkin masih proses verifikasi data. Saya menunggu sekitar25menitdari pukul 8.20 sampai pukul 8.45 baru dipanggil dan langsung diminta menuju kasir 4 di loket 2.


Total biaya yang harus saya bayar adalah 358.500 (pembayaran ini biasanya menyesuaikan jenis dan tahun kendaraan bermotor, harga bisa beda-beda).diloket ini kitamendapatkan SuratTanda pajak kendaraan bermotor,yang berupa rincian biaya yang telah dibayarkan.

7. Ke Loket penyerahan STNk (loket 2 paling ujung)
Di loket ini menunggu lagi sekitar 10 menit , kemudian STNK yang baru diberikan beserta KTP. pemilik kendaraan,kemudiandisuruhmenungguuntukpengambilanplatnomorkendaraanbaru.

8. Ke Loket pengambilan Plat kendaraan
Letak loketnya bersebelahan dengan loket pengambilan STNK tadi, letaknya di ujung dekat kantor kas Bank Jatim. Di sini saya menunggu kurang lebih 20menitan lagi sampai akhirnya plat kendaraan baru saya Jadi.
Selesai pukul 9.30 jadi Keseluruhan prosesnya hanya memakan waktu 1,5 jam. (Asalkan datang lebih awal sebelum kantor SAMSAT buka.

Saran saya, sebisa mungkin hindari calo, daripada biaya perpanjangan STNK lebih mahal.
mungkin proses ini sedikit berubah lagi setiap tahunnya.

You May Also Like

0 komentar