Lontong Kupang dan Sate Kerang Pak Aliman Kumis di Kenjeran Park Surabaya

by - 18.42


#14

Di Surabaya, cukup mudah menemukan kuliner khas pesisir yaitu Lontong Kupang, makanan yang bahan utamanya bernama kupang (sejenis kerang tapi ukurannya sangat kecil). Tinggal datang saja ke Surabaya bagian utara, tentu dengam mudah menemukan sederet penjual Lontong Kupang dan Sate Kerang di sana. 

Eits, tapi ada yang perlu diperhatikan, harus hati-hati kalau mau membeli, ada baiknya tanyakan pada yang sudah pernah ke sana atau punya kenalan di sana untuk rekomendasi warung yang enak. Karena tidak semua pedagang Lontong Kupang ini enak. Beberapa kali aku pernah nyobain, rasa kupangnya pahit dan cenderung ngeres (masih kerasa pasirnya saat dimakan).

Beberapa waktu lalu saat menemani calon kakak ipar keliling Surabaya, kami mampir ke tempat penjual Lontong Kupang yang ada di Kenpark (Kenjeran Baru) Surabaya. Waktu itu ditemani sama Paklek (adiknya bapak) yang tinggalnya nggak jauh dari Kenpark, lalu merekomendasikan salah satu penjual Lontong Kupang di sana yang bernama Pak Aliman .


Pak Aliman saat Mempersiapkan Pesanan

Nggak pakai lama kami memesan lima porsi Lontong Kupang dan sepiring sate Kerang untuk dimakan bersama. Jangan lupa berpesan ingin rasa pedas atau tidak. Sekadar info, Pak ALiman ini (nuwun Sewu) pendengarannya sudah berkurang karena usia, sehingga harus pakai alat bantu dengar dan setengah berteriak kalau berbicara dengan beliau.

Begitu Lontong Kupang dan Sate Kerang pesanan tersaji, kami segera menyantapnya dngan lahap. Benar kata Paklekku, Lontong Kupang Pak Aliman Kumis ini menurutku enak,petisnya kerasa enak, nggak pahit. Selain itu kupang dan kuahnya juga bersih. Nggak ada rasa ngeres-ngeresnya, gurih bumbu dan rasa manis kupang terasa pas di lidahku  dan tentunya porsinya banyak dibandingkan dengan yang pernah aku makan di area castle Kenjeran Park.

Lontong Kupang pada umumnya disajikan dalam piring yang terdiri dari Petis, bawang goreng, potongan lontong, Kupang putih, dan kuah yang bumbunya khas gurih, serta taburan bawang merah goreng di atasnya 


Penampakan sepiring lontong Kupang dan Sate Kerang 


Oiya, kalau pesan Lontong Kupang nggak afdol rasanya kalau nggak pesen Degan Ijo. Pesen degan yang masih utuh, satu buat berdua udah cukup, karena degannya besar-besar. Jadi kalau lagi sama pacar kesini bisa sedikit romantis sambil memandang air laut yang lagi pasang di sore hari.   


Pemandangan di depan warung Pak Aliman, tapi kemarin pas masih surut karena masih siang.
Air mulai datang sekitar pukul 3 sore. 


Lontong Kupang Pak ALiman Kumis, terletak 300 m di sebelah Utara Sanggar Agung Kenjeran. Warungnya cukup mudah ditemukan karena terletak pas di bawah papan penunjuk Multifunction Hall KEP (Kenjeran Edutaiment Park)


Suasana Warung Pak Aliman. Ada lesehan yang nyaman untuk santai.  


Warungnya persis di bawah penunjuk ini, ada banner dengan foto Pak Aliman, yang sedikit kefoto di sudut kiri bawah. 

Untuk harga ini aku kemarin nggak paham karena makannya dibayarin dan bodohnya nggak nanya. Tapi, rata-rata Lontong Kupang di area Kenpark ini kisaran 6000-10.000 sih. Masih aman buat kantong kok.Jam bukanya dari pukul 07.00 – 17.00.  
Lontong Kupang Pak Aliman ini bisa juga dipesan antar, kalau mau atau butuh bisa hubungiaku nanti aku bantu kasih tau alamat rumahnya. 

You May Also Like

0 komentar