Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

by - 15.10




Memiliki kulit kepala sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita.  Tapi untuk wanita berhijab , merawat rambut perlu perhatian khusus karena nggak jarang muncul masalah rambut seperti rambut rontok, rambut lepek dan yang paling parah munculnya ketombe. Ketombe ini yang paling mengganggu karena diikuti dengan kulit kepala yang gatal.
Lantas bagaimana cara mengilangkan ketombe secara alami?  Sebelum menyimak cara menghilangkan ketombe, simak dulu penyebab rambut berketombe.

Penyebab ketombe:

1.       Intensitas mencuci rambut (keramas)
Tahukah kalian bahwa intensitas waktu keramas memengaruhi munculnya ketombe? Ya, orang yang jarang keramas dapat dengan mudah berketombe, namun orang yang setiap hari keramas juga rawan terkena ketombe. Dari berbagai sumber yang say abaca, waktu yang tepat untuk mencuci rambut adalah 2-3 hari sekali.
2.       Infeksi jamur di kulit kepala
Kalau dikepala kalian sering merasa gatal, berketombe padahal sudah keramas bisa jadi ada infeksi jamur yang menyerang kulit kepala.
3.       Tidak cocok dengan merk shampoo
ini penyebab paling umum yang membuat kulit kepala berketombe. Salah pilih merk shampoo justru membuat kulit kepala gampang berketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami

Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Meski tidak secara instan, namun penggunaan bahan alami tidak merusak rambut. Bahan-bahan tersebut adalah:
1.       Minyak Kelapa
Orang jaman dulu selalu menggunakan minyak kelapa untuk memperkuat dan melembabkan rambut. Namun ternyata minyak kelapa  juga bisa digunkan untuk menghilangkan ketombe.
Cara penggunaan: ambil minyak kelapa secukupnya, kemudian usapkan merata pada kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat – pijat dan biarkan semalaman. Keesokannya bisa keramas.

Kalian bisa mebuat minyak kelapa sendiri loh, caranya sangat mudah:
a.       Siapkan 1 liter santan (dari 1 buah kelapa tua berukuran besar)
b.      Masukkan dalam wajan, rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk
c.       Aduk terus sampai air terus berkurang
d.      Di akhir maka akan keluar minyak kelapanya dan santan yang menggumpal menjadi butiran-butiran (blondo)
e.      Setelah dingin masukkan dalam botol kecil, supaya baunya enak bisa ditambahkan daun pandan atau bunga melati

2.       Lidah Buaya
Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Selain bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe secara berkala.
Cukup dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala, ratakan kemudian diamkan selama 30 menit atau tunggu sampai kering. Bilas sampai bersih.
                                                                                                     
3.       Garam
Garam merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang ketombe. Garam memiliki kandungan asam tinggi yang dapat membunuh bakteri dan jamur.
Ambil beberapa sendok karam, taburkan di kulit kepala. Bisa juga dicampur dengan sedikit air kemudian diusapkan ke kepala. Tunggu beberapa saat kemudian keramas sampai bersih seperti biasa

Nah, itu tadi beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di sekitar kita, bukan? Apakah teman-teman punya cara lain untuk menhilangkan ketombe? Share di kolom komentar ya.

You May Also Like

0 komentar