Tips Sebelum Membeli Barang Saat Promo Belanja Online

20.16





Memasuki bulan ramadhan, marketplace di Indonesia gencar-gencarnya menawarkan promo ramadhan. Seolah saling berebutan menawarkan promo terbaik mereka. Dari marketplace berwarna orange, hijau atau merah.
Untungnya saya bukan tipe orang yang setiap ada promo belanja online selalu berburu barang. Saya sekarang menimbang-nimbang sekiranya ingin berbelanja. Tergantung manfaatnya atau benar-benar membutuhkan. Dulu pernah juga sih kalap membeli banyk barang dalam satu waktu, tapi akhirnya sadar banyak barang yang akhirnya nggak kepakai.

Jenis-jenis promo belanja online di marketpace

1.       Gratis ongkir
Program gratis ongkir ini setahu saya diawali oleh marketplace berwarna orange alias shopee sekitar tahun 2015 di awal kemunculannya dengan minimal order kala itu 30.000. karena antsias pembeli meningkat,. Sampai sekarang semua marketplace mengikuti dan memiliki program gratis ongkir dengan ketentuan yang berbeda.
2.       Cashback
Program cashback paling ditunggu oleh para penikmat belanja online. Nominal cashback yang besar sehingga bisa digunakan untuk berbelanja lagi.
3.       Potongan harga
Setiap online shop yang memasang produknya di marketplace berbondong-bondong memberikan potongan harga yang menarik sehingga tokonya banyak dikunjungi.

Tips sebelum  membeli barang saat  promo belanja online

1.       Periksa kebutuhan apakah benar-benar penting  (prioritas kebutuhan)
Skala prioritas memang penting untuk ditilik lagi. Sebelum tergiur dengan banyak promo online, buatlah list barang-barang yang ingin dibeli pastikan dulu barang-barang tersebut benar-benar kita butuhkan atau sekadar kita inginkan. Pertimbangkan lagi manfaatnya untuk jangka kedepan.  Sayang kan, mentang-mentang harga promo, tapi ternyata barang yang dibeli nggak kepakai. Mubadzir.
2.       Sesuaikan budget
“mumpung murah nih. Tapi belum gajian. Aku pinjam uangmu dulu ya” . saya sering mendapat chat semacam ini dari seeorang teman. Dia selalu mengikuti perkembangan promo-promo dari beberapa marketplace. Bahkan sering ketika promo yang menawarkan banyak cashback, freeongkir, bisa sampai 20an toko online shop dia beli semua.
Saya sampe geleng-geleng kepala, ya gapapa sih itu hak dia, tapi kalau uangnya kemudian minjem sana-sini ya nggak bagus juga (walaupun nantinya dibayar), jadinya malah hidup boros, gali lubang-tutup lubang. Gaji bulan ini untuk menambal hutang bulan kemarin, gaji bulan depan untuk menambal hutang bulan ini. Begitu seterusnya sampai lupa menabung unntuk kebutuhan masa depan.

3.       Cek review pembeli dan kualitas produk
Bagi saya sebelum membeli barang, cek komentar pembeli sangat penting. Seringkali mendapati foto yang dipasang dengan foto sebenarnya tidak sama. Membuat pembeli kadang kecewa. Pembeli tertarik dengan harga murah dan foto produk yang dipampang. Padahal kualitas produk sebenarnya jauh berbeda dengan foto.
Maka, jangan lupa untuk mengecek review dan foto asli produk sebelum menyesal membelinya.
  

Eh ini kebetulan bulan Mei, bulan yang selalu ditunggu-tunggu bagi warga Surabaya. Ada event Surabaya Shopping Festival. Niih diskon besar-besaran bagi pecinta shopping. Kebetulan sampai tanggal 31 Mei bertepatan dengan bulan Ramadhan dan ulang tahun kota Surabaya. Sudah berbelanja kah? Kalau saya tahun ini malah sama sekali nggak tertarik, kebetulan baju-baju tahun lalu masih bisa dipakai semua.

Yuk, cermati lagi kebutuhan sebelum membeli barang-barang waktu promo.

You Might Also Like

2 komentar

  1. tips yang sangat bermanfaat, hehe... Jangan sampai terlena karena banyak diskon dan geratis ongkir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya kak.. Daripada mubadzir kalau barang yang kebeli nggak bener-beber dibutuhkan.

      Hapus