Rindu Berbagi dan Buka Puasa Bersama Teman Kampus

9:26 PM


Ramadhan kali ini merupakan ramadhan yang rasanya paling cepat bagi saya. Entah kenapa waktu cepat berlalu. Dan, tahun ini nyaris tidak ada buka bersama di luar. Nyaris, karena ternyata tadi sore saya menghadiri buka bersama bareng sebuah komunitas di Surabaya. Ada hal yang paling saya rindukan ketika mengingat tentang buka bersama, yaitu momen berbagi takjil dan buka puasa bersama teman kampus beberapa tahun yang lalu.

Sewaktu kuliah, setiap tahunnya saya dan teman-teman selalu mengadakan buka bersama sekaligus berbagi takjil. Seingat saya hal ini menjadi rutinitas 3 tahun selama masa perkuliahan. Biasanya kami akan berkumpul di rumah teman yang kebetulan tidak ditempati. 


Masing-masing anak dari angkatan kami ada yang menyumbang makanan ringan, air minum dalam kemasan hingga kurma. sama  Ada pula yang membawa makanan berat untuk berbuka mulai nasi putih, nasi goreng, mie, lauk-pauk. Makanan-makanan sederhana sih, tapi bikin kangen.


Setelah berkumpul mulai siang hari kami akan saling membantu membungkusnya ke dalam kresek-kresek kecil. Sementara yang lain menyiapkan es  untuk teman-teman berbuka. Setelah semua siap, kami akan mulai berjalan ke jalan besar untuk membagikan ke setiap pengendara yang lewat.









Saya sadar, yang paling dirindukan dari semua itu adalah momen kebersamaannya, momen gotong royong, saling bekerjasama. Hingga momen-momen tertawa. Kini, rasanya sulit sekali mengulang momen seperti itu. Yah, mau gimana lagi. Emang masanya udah habis. Teman-teman saya mulai berkeluarga, menghabiskan waktu dengan keluarga baru. Teman-teman yang berasal dari perantauan pun mulai kembali ke kampung halaman.


You Might Also Like

0 comments