Berkenalan dengan Covid-19

Berkenalan dengan Covid-19




Berkenalan dengan Covid-19 - Beberapa bulan ini dunia digemparkan dengan merebaknya virus korona atau yang biasa disebut coronavirus yang menginfeksi ratusan ribu manusia di seluruh dunia . Virus ini pertamakali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019.  Sebenarnya apa sih virus corona itu? Mari kita berkenalan dulu dengan COVID-19

Covid-19 dan Awal Mula Persebarannya

Novelcoronavirus atau serve acute respiratory syndrome coronavirus2 (SARS-COV-2) adalah virus yang menyerang system pernapasan manusia. Penyakit karena infeksi virus inilah yang kemudian disebut COVID-19(Corona Virus Disease)
Virus corona termasuk jenis virus baru karena kasusnya baru dijumpai akhi tahun lalu. Meski begitu, Virus ini memiliki kesamaan dengan virus-virus pendahulunya, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Midle East Respiratory Syendrome (MERS) yaitu sama-sama menyerang system pernafasan. Virusw Corona berasal dari virus yang dibawa oleh hewan kelelawar, sebagaimana pasien terinfeksi pertama kali di Tiongkok yang gemar memakan daging kelelawar. Hewan kelelawar yang hidup liar di tempat lembab, memakan serangga ditengarai menjadi penyebab adanya virus di tubuhnya.

Virus corona  menular dari manusia ke manusia lain dengan beberapa cara, yaitu:

1.       Terkena percikan ludah (droplet) saat penderita COVID-19 batuk atau bersin
2.       Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19
3.       Tidak mencuci tangan setelah menyentuh benda yang terkena COVID-19

Gejala COVID-19

Gejala infeksi virus Korona (COVID-19) yang banyak diberitakan mirip dengan gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan.
Penderita yang terinfesi mengalami demamtinggi (lebih besar dari 37 derajat), batuk berdahak bahkan berdarah, hingga sesak nafas yang dapat menyebabkan kematian. Perkembangan terbaru adalah adanya temuan beberapa  kasus paien positif COVID-19 yang sebelumnya tidak memiliki gejala seperti yang telah disebutkan. Tingkat imun manusia yang berbeda dipercaya menjadi alasannya.
COVID-19 lebih mudah menyerang orang dengan usia yang lebih renta dan memilki komplikasi penyakit kronis lainnya.

Persebaran covid 19 di Indonesia

World Health Organization (WHO) telah menaikkan status COVID-19 menjadi pandemik global karena hhingga kini telah menyebar ke banyak negara di dunia.  
Menurut data yang tersebar luas di media, Indonesia menjadi Negara ke-22 yang terpapar. Meski jarak atau rantang waktu terpaparnya Indonesia dari episentrum pertama sangat lama, menjadikan masyarakat Indonesia lengah dan masih terkesan meremehkan. Covid-19 baru terdeteksi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020 dengan pasien positif pertama berasal dari Depok, Jawa Barat.
Selama satu bulan, persebaran COVID-19 sangatlah cepat. Pasien terinfeksi yang dinyatakan positif di Indonesia kini (per tanggal 20 April) berada pada 6000an kasus lebih, dengan DKI Jakarta sebagai wilayah tertinggi jumlah kasusnya. Sementara di Surabaya sudah hampir 300 kasus positif yang tersebar di seluruh kecamatan di Surabaya. Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur seperti Gresik dan Surabaya , melalui arahan Gubernur Jawa Timur, akan menerapkan Pembatasan Soial Berskala Besar (PSBB) karena semakin banyaknya kasus menyebar.

Nah, setelah berkenalan dengan virus corona dan menyebabkan COVID-19 semoga kita senantiasa waspada dalam menjaga kesehatan dan terhindar dari COViD-19. Jika teman-teman merasakan gejala, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  Semoga semua segera membaik dan kehidupan akan kembali seperti sediakala.  

Post a Comment

0 Comments