Menu yang Disiapkan Untuk Berbuka Puasa - rieagustina

Menu yang Disiapkan Untuk Berbuka Puasa

by - 06.26

Urusan permenuan baik hari-hari biasa maupun di bulan puasa ternyata menjadi hal yang cukup memusingkan bagi saya. Ini puasa tahun kedua sejak saya mengurus perdapuran rumah. Iya, sejak tahun lalu kondisi ibu sudah tidak memungkinkan melakukan pekerjaan berat seperti memasak karena riwayat gejala stroke ringannya.
Ternyata, urusan mengotak-atik menu makanan juga dibutuhkan keahlian tingkat tinggi. Bagaimana mengolah bahan-bahan yang ada.
Bagi saya, menyiapkan menu berbuka puasa setidaknya ada beberapa unsur berikut:

Sayur / makanan berkuah

Tumis Brokoli dan Wortel 

Ini jadi hal wajib untuk jadi menu di rumah. Membiasakan untuk makan sayur / makanan yang berkuah. Tidak banyak menu yang bisa ku masak, menu-menu sayur/makanan berkuah biasanya yang saya masak  berupa Sayur Sop, Sayur Asin, Sayur Asam, Sayur bening, Cap cay, Tumis-tumisan, Soto lodeh, dsb. 

Lauk

Perkedel Tahu

Urusan lauk saya tak mematok harus protein hewani. olahan protein nabati Tahu dan Tempe juga sudah cukup. Paling mudah adalah membuat Perkedel Tahu, atau Tempe Goreng tepung. 
Namun, kadang saya menyediakan keduanya baik Protein Hewani dan Protein Nabati. Protein Hewani seperti ikan paling mudah adalah digoreng saja. Namun, bisa juga nyetok lauk kering di kulkas seperti ikan Tongkol Suwir Kemangi. 

Nugget Ayam Homemade

Stok Sambal 

Beberapa hari sekali saya pasti nyetok masak sambal untuk disimpan dalam kulkas. Sambal yang biasa saya masak adalah sambal bajak, tinggal ditambah campuran sesuka hati seperti Teri dan Pete. Berhubung saya sudah pensiun sambal pedas, jadi ya sambalnya khusus buat anggota keluarga yang lain. 
Apalagi memasuki bulan Ramadan seperti ini, efisiensi waktu dalam urusan masak-memasak sangat dibutuhkan. Karena harus dibagi dengan pekerjaan lainnya. 

Teh hangat 

Berbukalah dengan yang sayang manis
Mengawali buka puasa, keluarga saya tidak lantas minum es-esan. Tapi mengawali dengan segelas teh hangat menjadi pembuka untuk membatalkan puasa. Meski tak jarang saya lebih memilih untuk membatalkan puasa dengan air putih atau air putih hangat saja. 

Minuman lainnya

Resep Es Manado ala Saya

Untuk minuman lainnya saat berbuka puasa, saya berusaha menyediakan berbagai variasi setiap harinya. Bapak Suka minuman tambahan saat berbuka. Supaya nggak bosan, beberapa menu minuman yang biasa saya buat adalah: 
Es Cao Hitam, Es Kopyor, Es Degan Kw, dan kemarin baru saja mencoba membuat  Es Manado

Nah itu tadi Menu buka puasa yang selalu saya siapkan saat berbuka puasa. Saya membatasi waktu hanya dua jam untuk berkutat di dapur menyiapkan buka puasa. Kalau kalian, menu apa saja yang biasa disiapkan untuk berbuka puasa? 

You May Also Like

0 komentar