Sambal Tumpang, Menu Wajib saat Lebaran di Kediri - rieagustina

Sambal Tumpang, Menu Wajib saat Lebaran di Kediri

by - 08.02


Kediri kota Tahu adalah kampung kelahiran bapak. Setiap idulfitri biasanya kami akan mudik ke Kediri terlebih dahulu sebelum ke Madiun (kampung halaman ibu). Selain terkenal dengan Tahu Takwa (Tahu kuning)nya, Kediri juga memiliki makanan khas lainnya yaitu sambal Tumpang. Bukan hanya lebaran saja, menu makanan Sambal Tumpang seringkali menjadi suguhan istimewa untuk tamu dari luar kota yang berkunjung ke Kediri. Selain unik, harganya cukup terjangkau. 

Di Surabaya sendiri, jarang menemui orang menjual Sambal Tumpang untuk sarapan pagi. Yang paling umum adalah penjual pecel.

Sambal Tumpang Kediri 
Sambal Tumpang merupakan makanan yang penyajiannya mirip dengan pecel, namun sambalnya menggunakan tempe baru dan tempe yang semangit (setengah busuk). Aroma tempe semangit inilah yang menjadikan citarasa Sambal Tumpang khas Kediri semakin enak. 
Setiap lebaran di Kediri, menu sambal Tumpang tidak pernah terlewat. Tante yang tinggal bersama nenek di Kediri. akan membuat satu panci penuh sambal Tumpang untuk menyambut keluarga dan saudara yang berkunjung. 

Penjual Sambal Tumpang juga sangat mudah dijumpai di Kota Tahu satu ini. Harganya pun cukup bersahabat berkisar 5000 hingga 6000 rupiah sudah beserta sepotong tempe, porsi nasinya juga cukup banyak. 

Hal ini berbeda jika saya pulang ke Madiun, dulu saat almarhumah nenek masih ada, setiap kali pulang lebaran ke Madiun akan selalu ada makanan-makanan khas seperti pecel Madiun, Jenang, Jadah, Madu Mongso dan Tape. 

Baca Juga:

Tahun ini sepertinya tidak akan menikmati Sambal Tumpang di Kediri, tapi saya berencana untuk membuat sendiri sambal Tumpang khas Kediri. Berikut resep Sambal Tumpang Khas Kediri ala saya:

Bahan: 

1 papan Tempe 
1/2 Papan Tempe semangit (setengah busuk) 
1 ruas Lengkuas 
2 lembar Daun salam 
2 lembar daun jeruk 
Garam 
Kaldu jamur/ penyedap 
60ml Santan kental (saya pakai santan instan) 

Bumbu Halus 

6 siung Bawang merah 
2 siung Bawang putih 
10 buah Cabai merah 
5 Cabai rawit / sesuai selera 
1 cm kencur 

 pelengkap 

Kecambah rebus 
Timun 
Kacang panjang 
Kubis 
Rempeyek 
Tempe goreng 

Cara membuat Sambal Tumpang Khas Kediri:


1. Rebus tempe bersama dengan bumbu halus dan daun salam+daun jeruk. Rebus sampai tempe empuk. 
2. Haluskan bumbu yang telah direbus tadi, kemudian uleg kasar juga tempe jadi satu. 
3. Siapkan panci dan Air bekas rebusan, masukkan bumbu yang telah diharuskan bersama tempe. 
4. Tambahkan Santan, lengkuas, garam dan penyedap
5. Aduk rata dan masak sampai mendidih. Koreksi rasa sebelum diangkat 
6. Untuk bahan pelengkap: 
- rebus kacang panjang, kubis dan kecambah 
- cacah timun
- goreng tempe/lauk lain sesuai selera 

Saran penyajian Sambal Tumpang khas Kediri 

- siapkan nasi, ambil sayuran rebus sesuai selera, Tambahkan cacahan timun. Kemudian siram dengan kuah Sambal Tumpang. Lengkapi dengan tempe goreng dan rempeyek. 

Nah itu tadi resep sambal Tumpang ala saya. Meski lebaran dengan suasana berbeda karena tidak bisa mudik, setidaknya masih bisa membuat sajian yang sama dengan sajian saat berada di kampung halaman. Kalau kalian, sajian apa yang ada di rumah trman-teman saat idulfitri? 

You May Also Like

0 komentar