Belajar SEO Untuk Pemula

2 comments

 

belajar-SEO-untuk-pemula-rieagustina

 Belajar SEO Untuk Pemula - Memutuskan menulis kembali dan ngeblog membuat saya berkenalan banyak istilah, salah satunya adalah SEO. Belajar kali ini merupakan rangkaian dari materi Kelas Growth yang saya ikuti di bulan September.  Setelah materi pertama dengan tugas blogpost alasanmenulis tanggal 4 September lalu kami mulai menginjak materi selanjutnya yang berkaitan dengan belajar SEO.

Belajar SEO Untuk Pemula

Sempat pusing saat teman-teman blogger bahas tentang SEO di grup, saya akhirnya menggali informasi tentang SEO. Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimasi). Di luar saana orang mulai ramai berbincang tentang SEO, entah itu SEO untuk Wordpress, SEO untuk Blogger adalah hal yang wajib dikuasai jika ingin menekuni dunia blogger. Paling tidak, paham sedikit-sedikit supaya nggak plonga-plongo deh kalau para senior udah bahas SEO.

Pentingnya Belajar SEO 

SEO Penting agar tulisan yang kita tulis banyak dibaca. Menulis di blog kan tujuannya untuk dibaca banyak orang, kalau untuk dikonsumsi pribadi lebi baik menulis di buku diary. Wkwkwkw .

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger 

Belajar-SEO-On-Page

Mengenal Google Analytic (GA)

Google Analityc (GA) merupakan alat yang dimiliki google untuk mengetahui seberapa besar blog banya dikunjungi oleh pengunjung . sebenarnya sejak awal mengubah blog ke TLD saya sudah pasang Google Analityc. Tapi cara baca dan mengetahui fungsinya satu persatu itu yang kurang paham betul. Saya taunya kalau di Google Analytic bisa tahu jumlah pageview secara akurat daripada yang ditapilkan oleh statistic bloger itu sendiri.

Setelah mendapat penjelasan dari oppa Baim saya jadi tahu beberapa istilah dan fungsi dari google Analytic yang bisa dimaksimalkan untuk perkembangan blog. setidaknya saya jadi bisa membaca itu angka-angka maksudnya apa.

Google Search Console (GSC) 

Selain Google analityc ada pula Google Seach Console (GSC) nah, apalagi itu? jadi bahasa mudahnya, google search console adalah alat dari google yang memudahkan untuk memaksimalkan tulisan kita. 
tools-tools penting dalam GSC yaitu: overview,performance,URL Inspection, Coverage, Sitemaps,

Keyword Research is A Key

Sebelum membuat artikel, seorang bloger ada baiknya melakukan Keyword Research atau penelusuran kata kunci. Saya jadi ingat teman saya selalu berkata ‘Riset is a key’. Dengan melakukan penelitian kata kunci, kita jadi mengetahui kebutuhan pembaca dan pengunjung di google. 
Proses mencari kata kunci memudahkan untuk menentukan ide tulisan yang disukai google, selain itu memudahkan untuk membuat outline/garis besar isi tulisan.

Parameter SEO Agar Tulisan banyak dikunjungi 

Sebelumnya saya sudah beberapa kali membaca tentang kunci-kunci SEO yang harus ada. Setelah mendapat penjelasan di kelas ini , setidaknya ada beberapa hal dalam menerapkan SEO di tulisan kita

  • Judul tulisan mengandun keyword
  • Mesipkan keyword di Meta deskripsi
  • menyisipkan keyword di permalink
  • menyisipkan keyword di 150 karakter pertama
  • Optimasi tag Heading
  • Optimasi Gambar
  • Penggunaan Outbond Link
  • Maksimalkan Internal Link
  • Manfaatkan LSI keyword
  • Share ke Social media
  • Submit ke GSC
parameter-SEO

Update Artikel-artikel Lama 

Nah, setelah memahami parameter SEO di atas, kita harus mengupdate kembali tulisan-tulisan lama. untuk apa? Agar tulisan lebih berfaedah.. eh lebih terstruktur yang mudah dikenali google dan banyak diminati pembaca.
oiya, saya baru tahu kalau struktur blog juga berpengaruh dalam SEO. kemarin berhari-hari membenahi struktur blog bikin puyeng juga, dari bawaan template yang nggak urut, misal dalam satu blog memiliki 2 judul (H1) yang harusnya cuma satu, kemudian urutan tag heading yang berantakan , harusnya urut H1-H6 itu harus dibenahi. 

Mengenal Oppa Bahrul Ilmi

Nggak tahu siapa yang mulai membranding Mas Bahrul Ilmi jadi Oppa Baim, sepertinya si Mas Irwin deh jadi sekelas ketularan panggil Oppa . wkwkwk

Habis kepoin medsosnya, ternyata si Oppa Baim masih jomlo, ya barangkali mau kepo-kepo bisa mampir ke blognya. Siapa tahu kecantol , kalau suka orangnya bisa langsung diungkapkan nggak perlu dipendam-pendam gitu. Siapa tahu jodoh. Soalnya pengalaman memendam peraasaan tanpa berani menyatakan itu sakit,kak :D

Sewaktu di kelas, cara penyampaiannya simple dan sederhana. Selain blogger asal Pontianak yang ahli SEO, ia jjuga seorang content writer dan memiliki jasa pembuatan Web & artikel yang SEO Friendly.

Belajar SEO Kelas Growth Premium

Belajar SEO otodidak itu bisa, tapi kalau nggak ada yang bimbing-bisa tersesat jauh,kak! Nanti susah baliknya. Cukup tersesat ke hati doi aja, kalau belajar SEO jangan sampai deh.

Nah, tahu sendiri kan kalau kelas Growth Bloger ini agak “horror” , beneran harus kuat mental karena gratisan. Wkwkw..  buat yang sedih kemarin-kemarin ngisi form tapi ngga keangkut kelas, cobain deh daftar kelas premium. Lebih privat karena hanya dibuka untuk 10 Seat saja tiap kelas.

Udah deh, nanti dibimbing sama MasIrwin dan Om Pewe yang udah expert, mau Tanya-tanya sepuasnya juga bebaas.. Beda nih sama kami-kami yang harus sport jantung tiap habis ngerjain tugas. Selain itu dijamin blog teman-teman bisa jauh lebih sehat daripada sebelum ikut kelas . 

kelas-Growth-Blog

 

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

2 comments

  1. Saya baru tahu istilah istilah itu, ternyata cukup ribet juga ya belajar SEO, harus riset dulu saat buat artikel, padahal aku kalo buat cerpen asal saja, pantesan blog aku sepi sekali pengunjungnya dari google.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Kak Rie terima kasih atas informasinya 😍
    Jadi belajar lebih lagi mengenai SEO nih. Kalau ikutan kelas seperti ini, banyak sekali manfaatnya ya 😍

    ReplyDelete

Post a Comment