Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami

3 comments

 

mengatasi-ketombe-dengan-bahan-alami

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami – bagaimana cara atasi ketombe? Bagi wanita, rambut bagaikan mahkota. Memiliki kulit kepala sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Meski untuk wanita berhijab yang tidak terlihat, merawat rambut perlu perhatian khusus karena nggak jarang muncul masalah rambut seperti rambut rontok, rambut lepek dan yang paling umum munculnya ketombe. Ketombe ini yang paling mengganggu karena diikuti dengan kulit kepala yang gatal.

Lantas bagaimana cara mengilangkan ketombe secara alami? Sebelum menyimak cara menghilangkan ketombe, simak dulu penyebab rambut berketombe.

Penyebab ketombe

1. Intensitas mencuci rambut (keramas)

Tahukah kalian bahwa intensitas waktu keramas memengaruhi munculnya ketombe? Ya, orang yang jarang keramas dapat dengan mudah berketombe, namun orang yang setiap hari keramas juga rawan terkena ketombe. Dari berbagai sumber yang say abaca, waktu yang tepat untuk mencuci rambut adalah 2-3 hari sekali.

2. Infeksi jamur di kulit kepala

Kalau dikepala kalian sering merasa gatal, berketombe padahal sudah keramas bisa jadi ada infeksi jamur yang menyerang kulit kepala.

3. Tidak cocok dengan merk shampoo

ini penyebab paling umum yang membuat kulit kepala berketombe. Salah pilih merk shampoo justru membuat kulit kepala gampang berketombe. Jika kulit kepala berketombe, bisa jadi ada kesalahan dalam memilih shampoo. Atau sering gonta-ganti shampoo juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Pola Makan dan Kebiasaan Sehari-hari

Pola makan yang kurang baik ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala. Untuk itu jangan lupa mengatur pola makan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup serta jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas sehari

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami

Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Meski tidak secara instan, namun penggunaan bahan alami tidak merusak rambut. Bahan-bahan tersebut adalah:

Minyak Kelapa


Orang jaman dulu selalu menggunakan minyak kelapa untuk memperkuat dan melembabkan rambut. Namun ternyata minyak kelapa juga bisa digunkan untuk menghilangkan ketombe.

Cara penggunaan: ambil minyak kelapa secukupnya, kemudian usapkan merata pada kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat – pijat dan biarkan semalaman. Keesokannya bisa keramas.

Kalian bisa mebuat minyak kelapa sendiri loh, caranya sangat mudah:

a. Siapkan 1 liter santan (dari 1 buah kelapa tua berukuran besar)

b. Masukkan dalam wajan, rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk

c. Aduk terus sampai air terus berkurang

d. Di akhir maka akan keluar minyak kelapanya dan santan yang menggumpal menjadi butiran-butiran (blondo)

e. Setelah dingin masukkan dalam botol kecil, supaya baunya enak bisa ditambahkan daun pandan atau bunga melati.

Lidah Buaya (Aloevera)



Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Selain bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe secara berkala.

Cukup dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala, ratakan kemudian diamkan selama 30 menit atau tunggu sampai kering. Bilas sampai bersih.

Oiya, jika kesulitan mencari Lidah Buaya, alternative lainnya bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak dijual di toko.

Garam

Garam merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang ketombe. Garam memiliki kandungan asam tinggi yang dapat membunuh bakteri dan jamur.

Ambil beberapa sendok garam, taburkan di kulit kepala. Bisa juga dicampur dengan sedikit air kemudian diusapkan ke kepala. Tunggu beberapa saat kemudian keramas sampai bersih seperti biasa

 Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan Lemon banyak mengandung vitamin C yang baik untuk mengembalikan kesehatan kulit kepala. Ambil jeruk nipis/lemon, belah dan peras airnya. Campurkan dengan madu lalu oles ke kulit kepala. Tunggu sampai kering (sekitar 15-30 menit) kemudian bilas rambut sampai bersih.
 

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di sekitar kita, bukan? Apakah teman-teman punya cara lain untuk menhilangkan ketombe? Share di kolom komentar ya.

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

3 comments

  1. Minyak kelapa , aloe vera and lemon really helping tq for the tips

    ReplyDelete
  2. Aku mau buat minyak kelapa saja ah, berarti bahannya cuma 1 liter santan saja yang direbus sampai keluar minyaknya, baru setelah itu dioleskan ke rambut agar tidak ketombean ya.🙂

    ReplyDelete
  3. Wah..nanti saya cuba, bagus2 tipsnya

    ReplyDelete

Post a Comment