7 Resolusi Tahun 2021

2 comments

 

7-resolusi-2021-rieagustina


7 Resolusi Tahun 2021 - Selamat tahun baru 2021 teman-teman semua. Meski pergantian tahun baru sudah lewat 16 hari saat saya memublikasikan tulisan ini  Niat awal ingin rajin menulis masih belum bisa terpenuhi. Bahkan dari 16 hari di Januari, ini tulisan yang pertama.  Postingan pertama saya ingin menulis resolusi di tahun 2021, sedikit telat nggak apa deh daripada engga sama sekali. 

Entah ini sudah tahun ke berapa saya selalu menuliskan resolusi di awal tahun di jurnal baru yang akan menemani setahun ke depan. Sebenarnya resolusi ini bukan resolusi yang muluk-muluk. Hanya sekitar target dan keinginan yang ingin saya capai dalam satu tahun ini. Mengingat resolusi tahun 2020 yang ambyar karena Pandemi. Ada beberapa resolusi yang ingin saya capai, berikut tujuh resolusi saya di tahun 2021

7 Resolusi Tahun 2021

1.       Membaca 25 Judul Buku dan Mereviewnya

Beberapa tahun belakangan kemampuan membaca buku saya lumayan payah. Semakin berkurang dengan alasan banyak hal. Nah, di tahun 2021 ini saya ingin kembali meningkatkan kemampuan baca lagi. Menargetkan ingin membaca 25 judul buku. Meski kelihatannya sepele, namun realisasinya susah. Sering terdistraksi banyak hal seperti menonton, mengerjakan pesanan, mengurus rumah. Skrol-skrol linimasa, tau-tahu sudah capek dan kehilangan mood untuk membaca.

Oleh karena itu target membaca saya patok 25 Judul dengan asumsi satu buku selesai dalam dua minggu dan akan menulis reviewnya di blog. Doakan saja bisa istiqomah

2.       Lebih Fokus pada penerimaan dan pengembangan diri 

       Pengembangan diri di sini bisa dijabarkan pada banyak hal yang ingin saya capai untuk kebaikan diri sendiri seperti: pandai mengelola emosi, Mengurangi insecure dan overthunking, belajar menerima, berterima kasih dan memaafkan diri sendiri, hingga belajar banyak hal baru. resolusi semacan ini sudah saya tuliskan setiap tahunnya.

      Meski jujur, di tahun 2020 saya sulit sekali mengelola emosi. sering naik turun. kadang nangis sendiri di kamar karena nggak ngerti harus melakukan apa. Sering memendam emosi, lebih banyak mengalah, lebih banyak bersabar dalam merawat ibuk. Mengatur pikiran yang seringnya adalah kacau.Tahun 202i ini , ingin lebih mengenali diri sendiri, memaafkan dan menerima. Saya masih sering insecure, tidak percaya diri akan kemampuan diri sendiri.

3.       Menikah

Sepertinya ini sudah masuk resolusi sejak 4 atau 5 tahun silam. Haha… tapi realitanya Tuhan masih belum mengizinkan sejak berakhirnya hubungan saya beberapa tahun lalu. Semoga tahun ini dapat terealisasi sembari menunggu ataupun memperjuangkan orang yang saya butuhkan untuk mendampingi, saya terus belajar banyak hal. Karena menikah tidak sekadar hubungan cinta dan bahagia saja, namun kesedihan dan penerimaan adalah paket lengkapnya. Atau mungkin tuhan belum merestui saya, karena ada hati yang masih saya tunggu. he he he... 

4.       Rajin Menulis Artikel

      Tahun ini ingin lebih rajin menulis blog. Sebenarnya sudah menyusun rencana konten untuk blog-blog yang saya miliki, tapi nyatanya hal tersulit adalah menemukan waktu yang pas untuk merealisasikan  satu persatu ide tersebut. Yap, mengatur waktu adalah hal yang belum bisa saya lakukan dengan baik. Semoga tahun ini blog rieagustina.com atau jurnalrieagustina.com bisa lebih terisi dengan baik.

5.       Bisnis kembali lancar dan Tabungan yang gendut

      Tahun 2020 menjadi tahun yang sedikit berat, indonesia dilanda Pandemi. membuat bisnis saya lumayan anjlok di awal-awal pandemi. karena bisnis bukan kebutuhan logistik, otomatis orang akan memilih mengalihkan kebutuhan di sektor yang lebih penting. Sampai di titik pada Saldo rekening bisnis  (di luar dana darurat) 0 rupiah..Alhamdulilahnya, menjelang akhir tahun kemarin angin segar menghampiri, beberapa orderan mulai masuk lagi, tinggal bagaimana caranya saya berusaha. Harapan di tahun 2021 ini tabungan bisnis, tabungan pribadi kembali menggendut. 

6.       Punya Laptop Baru

Kalau di tahun 2020 saya berkeinginan nambah HP untuk bisnis, dan mimpi itu kesampaian walau pun bukan HP baru. Di tahun 2021 ini saya ingin memiliki laptop baru yang sebenarnya sudah dinginkan sejak beberapa tahun lalu. Tapi karena sebelumnya laptop kecil (notebook) masih bisa dipakai jadi niat membelinya saya urngkan. Sayangnya, akhir tahun kemarin tiba-tiba LCDnya error muncul garis-garisnya. Sudah enggan menyervisnya lagi, mengingat laptop tersebut sudah berusia 11 tahun di tahun ini. Akhirnya saya harus bersabar dengan menggunakan komputer lama di rumah untuk kebutuhan pekerjaan maupun ngeblog. Semoga ada rezeki di tahun ini bisa memiliki laptop baru.

7.       Olahraga Dengan Rutin dan Tetap Sehat

      Dari jaman kapan resolusi satu ini selalu ditulis. tapi realisasinya nol besar.Padahal harusnya olahraga bisa dilakukan setiap hari dengan hal sederhana, jalan kaki ke pasar misalnya. Namun rasanya kok susah banget diwujudkan. Lebih banyak magernya, lebih banyak malesnya. Semoga di tahun 2021 bisa terlaksana dan nggak berakhir sebagai wacana saja.

      Sebenarnya ada satu lagi keinginan saya setiap tahun, bisa pergi ke Pantai. Namun ini menjadi keinginan pilihan yang tidak penting di tahun ini. Karena bisa pergi ke tempat baru dengan nyaman hanya tinggal mimpi untuk beberapa waktu ke depan. Tetapp di rumah, jaga jarak banyak berdoa adalah hal yang lebih tepat untuk saat ini.  Padahal biasanya, saya mengagendakan setidaknya satu tahun sekali ke Pantai dan sekali ke tempat baru yang belum dikunjungi.

      Namun dari resolusi-resolusi di atas, hal yang paling penting saat ini adalah tetap aman, sehat dan bugar di tengah situasi alam yang semakin tak menentu. Semoga Allah melindungi kita semua, mencukupkan apa yang kita butuhkan, lebih melapangkan hati dan rezeki, menjadikan kita orang yang lebih pandai bersyukur dan menerima apa yang dimiliki di tengah situasi dan kondisi apa pun. Stay safe dan healthy, ya!


Teman-teman sudah punya resolusi apa saja nih di tahun baru?


Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

2 comments

  1. Hi Kak Rie! Selamat tahun baru πŸ₯³
    Semoga resolusi tahun ini bisa tercapai semuanya 😁 aminnn.

    Kita sama-sama punya goals membaca yang mirip πŸ™ˆ aku juga ingin bisa menuntaskan 25 buku atau lebih di tahun ini. Semoga kita bisa mewujudkannya ya, Kak. Semangat πŸ’ͺ🏻

    ReplyDelete

Post a Comment