Cara Transfer AntarBank Tanpa Biaya dengan Aplikasi Flip

by - 02.41




Sebenarnya  sejak tahun lalu tau aplikasi Flip ini dari beberapa online shop yang aku ikuti. Aplikasi yang dibuat oleh anak dalam negeri untuk memudahkan transaksi transfer antarbank tanpa dikenakan biaya. Hal ini sangat menguntungkan bagi pedagang ataupun pembeli online shop sepertiku.


Tapi waktu itu aku belum tertarik untuk mencoba karena memang jarang transfer antarbank karena lebih sering menggunakan marketplace saat transaksi online.  Kebetulan kemarin aku lagi butuh transfer antarbank ke rekeningku sendiri karena ada pembayaran yang harus kulakukan dengan Rekening Mandiri, sedangkan Saldoku hanya ada di Rekening BCA.



Sayang banget kan kalau 6500 harus terbuang buat biaya transfernya. Kan lumayan 6500 buat beli sepotong ayam goreng ala-ala KFC deket rumah.  Karena inget aplikasi Flip ini, aku  nyoba unduh di Playstore.




Setelah instal aplikasi ke smartphone, mulailah dengan registrasi. ada pilihan registrasi dengan login facebook atau email . Aku pilih registrasi  lewat email. Setelah mengisi data langsung BUAT AKUN FLIP


 


 Karena baru pertama kali menggunakan Flip, makan akan diminta untuk melengkapi data diri terlebih dahulu. Setelah berhasil mengisi data dan menyimpannya ada 1 langkah lagi yang harus dilakukan yaitu mengunggah foto identitas, foto wajah, dan foto wajah saat memegang kartu identitas




 


setelah itu, makan akan ada notifikasi bahwa akun akan di cek oleh tim dalam waktu 1 hari kerja. namun tidak sampai 5 menit langsung akan ada notifikasi masuk ke email bahwa akun Flip telah berhasil di verifikasi. 




CARA TRANSFER ANTARBANK DENGAN FLIP 
setelah verifikasi berhasil, bisa digunakan langsung untuk bertransaksi. Begini tampilan awal akun Flip. 


 


karena transaksi yang dibutuhkan adalah transfer uang maka klik 'Kirim Uang". 

1. pilih rekening yang digunakan kemudian isikan rekening tujuan transfer dan nominal. jika ingin tanpa biaya, tidak perlu memilih transfer prioritas. prosesnya juga tergolong cepat kok. setelah memastikan data sudah benar, klik OK. 


2.  setelah klik OK, maka akan muncul review beserta nomor rekening yang harus ditransfer. ada kode unik di setiap transaksinya, kode unik ini hanya berfungsi sebagai no pembeda untuk memudahkan transaksi, karena setelah transaksi berhasil nomina yang tertera di kode unik kembali ke saldo akun Flip.  Setelah transfer klik Sudah. 


3. proses transfer sudah masuk antrian dan akan muncul notifikasi transaksi sedang di proses. selain itu, notifikasi juga dikirimkan melalui email.  

4,. setelah transaksi selesai dilakukan, maka bukti transaksi akan langsung muncul dan juga bisa langsung diunduh atau dibagikan. 



keseluruhan total saat proses transfer hanya memakan waktu 10 menit (tidak termasuk registrasi) tanpa biaya pula. Cukup praktis untuk digunakan. namun kekurangannya, Jam layanan Flip ini hanya tersedia pukul 08.00-18.00 di hari aktif, sedangkan minggu tidak ada layanan seperti bank-bank pada umumnya dan saat ini hanya melayani 10 Bank saja.

sebenarnya layanan transfer tanpa biaya juga disediakan oleh Jenius dari Bank BTPN, tapi berhubung aku belum aktivasi  Jenius, jadi menggunakan Flip sementara sudah cukup. 

You May Also Like

0 komentar