Kemitraan antara UMKM dan BUMN


Upaya pemerintah kota untuk  memajukan UMKM di Surabaya sangatlah gencar dilakukan. Ada banyak SKPD terkait yang mendukungnya. Salah satunya yaitu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya.

Walikota Surabaya, Tri Risma Harini sangat memperhatikan pertumbuhan UMKM. Beliau sangat getol memberikan pelatihan dan mempermudah berbagai macam perizinan usaha.

Bertempat di Gedung Convention Hall Lantai 4 (Siola), Jalan Tunjungan No 1-3, Genteng, Surabaya , pada Rabu (13/3) kemarin, sebanyak 50 pelaku usaha dari berbagai sektor binaan diberi pengarahan tentang bermitra dengan BUMN. Dalam acara ini, sejumlah UMKM turut membawa produknya untuk diperkenalkan dan dipamerkan di sudut ruang Convention Hall. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Koperasi dan Kemitraan.

Dinas koperasi dan Usaha Mikro bersama Bappeko juga telah melakukan roadshow ke sejumlah hotel yang ada di Surabaya untuk memperkenalkan berbagai produk UMKM agar diterima di pasar yang lebih luas. Beliau juga berharap nantinya hotel-hotel yang ada di Surabaya menyediakan space untuk produk UMKM.

Kendala terbesar yang dihadapi oleh pelaku usaha terletak pada  permodalan dan pengelolaan manajemen. Untuk itu, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggandeng beberapa BUMN yang memiliki komitmen untuk membantu pengembangan produk UMKM.

Dipimpin oleh moderator Jhon Hardi, praktisi dari ITS yang ahli dalam CSR, acara ini menghadirkan 4 narasumber dari BUMN terkemuka, yaitu; Yunita, Tim CSR dari PT KAI; Rusminto Wahyudi dari PT Pertamina; Puji Harsono dari PT Telkom dan Titik dari PT SIER. Empat  BUMN tersebut menawarkan kemitraan yang hampir serupa, yaitu bantuan permodalan dengan bunga sangat rendah atau bisa disebut sebagai uang administrasi, karena nantinya uang tersebut akan dikembalikan pada mitra binaan dalam bentuk peningkatan mutu (pelatihan) dan pameran bersama.

Dalam penutupnya, Jhon Hardi menggaris bawahi, untuk mengembangkan usaha, pembiayaan hanyalah pendukung. Yang terpenting adalah peningkatan kualitas dalam usaha itu sendiri. Selain itu, memperluas jaringan juga sangat penting dalam pengembangan usaha. Memperluas jaringan bisnis dapat diperoleh dengan bergabung di berbagai komunitas yang ada di Surabaya seperti Pahlawan Ekonomi, Pejuang Muda , Komunitas E-UKM , dan sebagainya.


Tulisan ini telah diterbitkan dalam Citizen Reporter Harian Surya Pada Sabtu, 16 Maret 2019 dengan judul "Modal untuk Pelaku UKM" 

Bisa baca di Citizen Reporter online  di sini

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

Post a Comment