Nasi Kriwul Kuliner Khas Pujasera FIB Unair

22.12


Apa yang ada di benak kalian saat mendengar nama Nasi Kriwul? Nasi dengan mie, atau nasi dengan lauk kriwul-kriwul? Atau nasi yang dijual orang berambut kriwul? Tentu bukan dari semua yang disebutkan tadi.  

Setiap menyebut Nasi Kriwul, orang-orang di luar lingkungan kampus Unair selalu penasaran dengan makanan yang namanya cukup unik ini. Nasi Kriwul cukup populer di kalangan mahasiswa Unair di sekitaran kampus B,  terletak di Pujasera Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair, Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan Surabaya. 

Sebutan Kriwul merupakan lauk yang terdiri dari potongan Ayam, Telur dadar, bakso, sosis, tempura dan Kekian (olahan ayam dan udang yang dibungkus kembang tahu, biasanya dibuat campuran capcay / dibuat dimsum) kemudian dimasak (dioseng) dengan bumbu bawang putih, garam, kemudian ditambah saus dan kecap.

satu porsi Nasi Kriwul di Pujasera FIB Unair


Menu Kriwul ini kemudian disajikan dengan nasi yang hangat, ditambah potongan telur dadar kuning, dilengkapi sepucuk sendok  sambal (yang menurut teman saya sangat kurang porsi sambalnya) dan selada. selain namanya yang unik, perpaduan rasa gurih, asin dan manis kecap bercampur jadi satu di lidah. rasa dominan kecap mirip dengan Mie Yamin yang juga dominan kecap. 


Selain Nasi Kriwul , di stand kecil yang bernama Kantin MU (Mahasiswa Unair) ini juga terdapat menu lain, yaitu Nasi Kombi, Nasi Kolap, dan Kwetiaw, Nasi Kombi dan Nasi Kolap merupakan nasi Kriwul yang dikombinasikan dengan ikan lain seperti udang, ati dan ampela.  

Makanan ini cukup saya rindukan ketika sudah lulus dari bangku perkuliahan, karena belum menemukannya di tempat lain. Cukup unik dan khas ketika mengunjungi Pujasera FIB. 

Satu porsi Nasi Kriwul dijual dengan harga mulai 10.000, tentu harga yang pas untuk kantong mahasiswa di Surabaya.  Nasi Kriwul cukup diminati oleh mahasiswa untuk sarapan maupun makan siang. Jika ingin menambah porsi, pemilik kantin ini juga menyediakan level jumbo. (porsi lebih banyak). 

Sayangnya, kantin ini hanya buka di hari aktif perkuliahan saja (Senin - Jum'at), jadinya untuk alumni seperti saya yang kangen makanan ini nggak bisa menikmati di akhir pekan.


Tertarik untuk mencoba? cukup datang saja ke Pujasera Fakultas Ilmu Budaya Unair di hari aktif, kantin ini biasanya buka dari pagi hingga sore hari. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Bolehlah, di ajak kulineran di UNAIR. Tiap kampus pasti ada kantin legendarisnya yg biasa di utangi anak2 hahahaha. Kuy, ajak aku nyicipun nasi Kriwul ini. Bikin laper jadinya

    BalasHapus
  2. ini paporit saya. bbrrapa kali nyoba masak ini tp gagal maning T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. bikin kangen kampus yaa. Nggak ada di tempat lain, apalagi di Jepang 😁

      Hapus