Aplikasi Andalan di Smartphone Selain Aplikasi Chating dan Sosmed

15.09



Smartphone atau HP kini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Dalam 24 jam Smartphone bisa saja tidak lepas dari genggaman. Apalagi bagi orang-orang yang pekerjaannya bergantung pada HP seperti saya. Tentunya HP udah nempel kemana-mana. Sampe sering ditegur sama orang-orang "ojok dulinan hp ae" (jangan mainan hp saja). Laaah gimana sih, ini saya kerja buk ibuk :'( memang kerjanya di HP.

Berbicara soal smartphone, ada banyak aplikasi yang tentunya digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Yang paling pasti adalah aplikasi Chating dan Sosial media. Dua kelompok tersebut sudah merajai aplikasi dengan download terbanyak. Aplikasi Chating yang paling top ada WA, Line, Messenger. Sedang Sosial Media aplikasinya antara lain Facebook, Instagram, Twitter.

Postingan kali ini nggak akan bahas aplikasi-aplikasi tersebut, karena tentunya setiap orang sudah menggunakan sebagian besar aplikasi yang saya sebutkan di atas.
Nah, saya akan bahas aplikasi yang paling sering saya gunakan selain aplikasi Chating dan sosmed.

1. NOTES


Aplikasi nomor satu yang paling penting bagi saya. Paling sering jadi korban tempat pembuangan sampah ide di kepala yang tiba-tiba  meluap begitu saja. NOTES ini aplikasi penyelamat sekali, tempat saya mencatat segala macam. Mulai dari catatan belanja, catatan hutang, catatan keuangan (pengeluaran harian), puisi, Tulisan receh, ide caption Instagram, sampai bahan postingan blog saya tampung di aplikasi ini.

Meski saya kemana-mana juga bawa buku catatan, tapi kalau sudah kepepet, notes hp lebih cepet untuk dipakai daripada mengeluarkan buku dan alat tulis. 
Praktis, dan ringan (nggak perlu banyak memori, cuma 1 sampai 3mb) 
Di playstore pun banyak macam notes, bisa yang warna-warna sampai yang classic. Saya lebih suka menggunakan notes classic. 


2. CANVA



Berterimakasihlah pada CANVA! Aplikasi design termudah yang menyelamatkan hajat orang banyak. Duh alay banget sih saya.. Wkwkkw 
Tapi gaes.. CANVA ini bener-bener penyelamat bagi orang yang kerjanya berkutat di dunia digital marketing. Untuk membuat poster promosi barang, dulu saya harus repot menggunakan photosop di laptop, kemudian memindahkannya ke smartphone. Jadinya malah membuang-buang waktu saking ribetnya. Sejak ada CANVA, urusan membuat poster promosi jadi lebih mudah. Ada ribuan template gratisan yang disediakan dan juga mudah diedit. 
Aplikasi ini sangat membantu orang-orang awam design di luar sana yang tidak bisa menggunakan Adobe photosop, Adobe Ilustrator atau corel draw untuk membuat poster.
Contoh poster postingan blog menggunakan CANVA 



3. UNFOLD


UNFOLD ini aplikasi yang sangat berguna untuk membuat kolase foto yang ingin dijadikan story instagram. Ada banyak pilihan frame yang pastinya bikin story Instagram keren. 
Beberapa frame ada yang berbayar ada yang free. Yang berbayar mulai 14.000 hingga 28.000

Contoh penggunaan UNFOLD 

4. STORY MAKER


Hampir sama dengan UNFOLD, juga digunakan untuk membuat kolase foto yang berukuran story instagram. Dua  aplikasi ini sangat membantu saya membuat story dengan menggabungkan beberapa foto. Apalagi kalau lagi ingin ngoceh di instagram dan butuh beberapa foto untuk menjelaskannya.

Contoh penggunaan STORY MAKER

5. LIGHTROOM CC



Lightroom CC merupakan produk dari Adobe Inc., yang berfungsi untuk merubah tone/warna foto menjadi lebih indah. Kita bisa membuat berbagai macam preset atau bisa diunduh bebas di Internet banyak tersedia. Saya biasa menggunakan preset dari salah seorang fotografer keren, mas Dony.

6. VSCO 


Ini juga aplikasi yang digunakan untuk mengatur pencahayaan foto. Ada banyak filter yang sudah disediakan oleh VSCO, tinggal mengatur saturasi, kontras, temperatur, rona, dan warna saja. 
Oiya jika lightroom CC menggunakan preset, VSCO ini sudah menyediakan banyak filter keren yang siap pakai. 
Untuk mendapatkan warna yang bagus, bisa contek Banyak rumus keren VSCO di Internet. 
Lain kali akan saya tuliskan beberapa rumus VSCO yang biasa saya pakai :)

7. Pinterest 


Nah kalau aplikasi satu ini favorit saya untuk mencari inspirasi foto untuk background atau wallpaper, atau bahan postingan blog. Banyak foto keren-keren yang bisa diunduh. Tentunya jangan lupa mencantumkan kredit title kalau ingin menggunakan gambar/foto dari Pinterest ini.

Itu tadi beberapa aplikasi favorit saya selain Chating dan Sosmed. Lah tapi baru sadar kalo 5 aplikasi itu aplikasi edit dan design. Wkwkkw.. Mohon maklum, keseharian saya memang umek di bidang tersebut. Kalau aplikasi favorit yang ada di hp kalian apa saja?

You Might Also Like

0 komentar