Tips Mengajari Anak-anak untuk Berpuasa

by - 05.59


Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi kaum muslim setiap satu tahun sekali selama satu bulan penuh. Bagi orang dewasa, menjalankan ibadah puasa dimulai dari subuh hingga maghrib dan hal tersebut merupakan hal yang sudah biasa. Namun, bagaimana dengan anak-anak?
Anak-anak juga harus diajarkan untuk berpuasa yang merupakan rukun islam ketiga. Mengajarkan ibadah puasa untuk anak-anak memang harus dimulai sedini mungkin. dari mengenalkan apa itu puasa dan mengajarkan nilai-nilai moral dari puasa itu sendiri. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengajari anak-anak berpuasa.

1.     Mengenalkan pengertian puasa

Sebelum menyuruh anak-anak untuk berpuasa, sebaiknya mengenalkan dulu pengertian puasa dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, jelaskan juga manfaat dari melaksanakan puasa.

2.     Ajak anak-anak untuk bangun saat sahur dan makan bersama

Makan sahur dan berbuka bersama merupakan momen yang paling berharga darlam tahap pembelajaran anak.

3.     Ajari jam puasa secara bertahap sesuai umur

Sama seperti kita sewaktu keci, puasa secara bertahap sangat efektif  dalam rangka pembelajaran puasa untuk anak-anak. Jika masih kecil ajarkan berpuasa beberapa jam saja, kemudian bertahap puasa dzuhur, dilanjut hingga maghrib.

4.     Jangan mengajari anak-anak dengan sikap memaksa

Anak-anak rentan terhadap resiko trauma. Karena dalam ingatan anak-anak akan membekas jika orangtua mengajarkan sesuatu dengan paksaan dan kekerasan.  

5.     Beri menu special saat sahur dan berbuka

Menu spesial terutama makanan favorit anak-anak akan mendorong semangat anak-anak untuk mau berpuasa. Menu favorit anak-anak akan membuat makan mereka lahap saat sahur maupun berbuka.

6.     Beri reward saat anak berhasil melakukan puasa

Beri reward saat anak berhasil menyelesaikan satu tahap berpuasa. Reward tidak harus berupa barang, pujian pun bisa menjadi reward untuk anak-anak. Dengan memberikan pujian, anak-anak akan merasa bangga atas pencapaiannya.

Nah, itu tadfi sedikit tips mengajarkan anak-anak berpuasa. Mengajarkan anak-anak berpuasa harus dilakukan dengan kesabaran.

You May Also Like

0 komentar