Tentang Zakat, Infaq dan Sodaqoh

4:59 AM



Saat memasuki hari-hari terakhir, umat muslim selalu diwajibkan untuk membayar zakat. Dalam Rukun islam, zakat menempati urutan ketiga setelah sholat dan  puasa. Selain zakat, dalam Al-qur’an juga disebutkan infaq dan shodaqoh. Sebenarnya apa sih yang membedakan Zakat, infaq dan Sodaqoh?

1.       Zakat

Zakat adalah sebagian harta yang wajib diberikan kepada orang yang membutuhkan. Zakat ditujukan sebagai penyucian atas harta yang dimiliki. Menurut mazhab Imam Syafi'i zakat adalah sebuah ungkapan keluarnya harta atau tubuh sesuai dengan secara khusus. Sedangkian menurut mazhab Imam Hambali, zakat ialah hakl yang wajib dikeluarkan dari harta yang khusus untuk kelompok yang khusus pula, yaitu kelompok yang disyaratkan dalam Al-Qur'an. 
Zakat itu wajib untuk semua ummat islam, sama dengan wajib sholat. Allah Swt telah mewajibkan zakat atas hamba-hambanya. Zakat biasanya ditentukan besarannya oleh badan amil zakat, yaitu lembaga yang mengurusi zakat.

2.       Infaq

Infaq adalah pengeluaran yang dilakukan seseorang secara sukarela saat mendapatkan rezeki lebih. Besaran infaq tidak ditentukan karena sifatnya sukarela. Nah, jika zakat diberikan kepada orang tertentu (yang tidak mampu), maka infaq tidak harus diberikan kepada orang tertentu. Infaq bisa diberikan kepada siapa saja, kepada perseorangan, yayasan atau kotak-kotak amal di masjid.

3.       Shodaqoh

Pengertian shadaqoh atau sedakah secara bahasa berasal dari kata "shadaqa" yang artinya "benar" tersurat dari kata ini bahwa yang bersedekah adalah orang yang benar imannya. 
Pengertian shadaqoh sama dengan pengertian infaq sama juga hukum dan ketentuannya, perbedaannya adalah infaq hanya berkaitkan dengan meteri sedangan shadaqoh memiliki arti luas menyangkut juga hal yang bersifat non mareril. 
x

Adapun secara termenologi syariat shadaqah adalah pemberian sukarela yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, terutama kebada orang-orang miskin setiap kesempatan terbuka yang tidak di tentukan baik jenis, jumlah maupun waktunya, sedekah tidak terbatas pada pemberian yang bersifat material saja tetapi juga dapat berupa jasa yang bermanfaat bagi orang lain. Bahkan senyum yang dilakukan dengan ikhlas untuk menyenangkan orang lain termasuk kategori sedekah. Shadaqoh mempunyai cakupan yang sangat luas dan digunakan al-qur'an untuk mencakup segala jenis sumbangan.

You Might Also Like

0 comments