Taman Mozaik Surabaya, Taman Baru dengan Ruang Warna-warni

8:06 PM




Surabaya kini punya banyak sekali taman, kalau disuruh menghafal nama taman yang ada di Surabaya, bisa dipastikan saya bolak-balik salah sebut atau lupa nama tamannya. Tahun ini saja,puluhan taman baru mulai dibangun dan diresmikan oleh Pemkot Surabaya.

Salah satu taman baru saja diresmikan di kawasan Surabaya Barat pertengahan Oktober.  Ajeng tetiba WA dan mengajak saya ke taman tersebut. Sabtu pagi (25/10) kami berangkat dengan kendaraan masing-masing karena lokasi yang berada di tengah-tengah jarak rumah saya dan Ajeng.  

25 Oktober 
 06.11 Oke. Aku Otw 
06.32. di mana? Aku wes sampe. Tinggal menggok lokasi 
06.34 Ria, Aku nyasar. Ini di mana sih?

Si Ajeng, padahal rumahnya juga nggak jauh dari lokasi malah nyasar ke arah rumah saya. Hihi.. dasar!  Pantes aja hatinya juga sering kesasar! 

Bekas Rawa-Rawa yang disulap menjadi taman unik

Bekas Rawa yang kini jadi taman

Kota Surabaya semakin gencar menyediakan Ruang Terbuka Hijau di seluruh kawasan Surabaya. hal inilah yang membuat Surabaya menjadi salah satu kota yang memenangkan banyak penghargaan di bidang lingkungan. Di tahun 2019 banyak taman baru yang dibangun dan diresmikan.
Peretengahan Bulan Oktober lalu,  satu taman kembali diresmikan yaitu Taman Mozaik.

Taman Mozaik dilengkapi Ruang Mozaik 
Taman Mozaik terletak di wilayah Surabaya Barat, tepatnya di kecamatan Wiyung dan dibangun di atas lahan seluas 5100 hektar. Saat ini pembangunannya masih selesai separuhnya. Sebelum difungsikan menjadi taman, lahan tersebut merupakan bekas rawa-rawa yang sudah lama terbengkalai.
Nggak heran sih, Kawasan Surabaya Barat yang kini menjadi kawasan elit yang dihuni para Crazy rich Surabaya dan berdiri mall-mall besar dullunya memang rawa-rawa. Seingat saya 20 tahun lalu, saat baru pertama pindah, di mana-mana masih terdapat banyak rawa dan reptile-reptil. Bahkan sampai saat ini di sekitar rumah pun, saya masih kerap ketemu ular dan nyambik (Biawak),  
Karena kondisi lahan yang cukup memprihatinkan, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Tata Hijau (DKRTH) berinisiatif memanfaatkan lahan yang tak terurus ini menjadi salah satu ruang publik menarik yang bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Ruang Mozaik Jadi Daya Tarik

Ruang Mozaik adalah Ikon dari Taman Mozaik 

Salah satu daya tarik dari  taman ini adalah adanya bangunan yang menyerupai rumah di tengah-tengah taman. Dinding dan atapnya terbuat dari  kaca akrilik warna-warni di semua sisinya sehinga tampak menyerupai mozaik.  Dengan adanya ikon ruang mozaik tersebutlah yang menjadikan  taman ini dinamai Taman Mozaik.

Warna-warni mozaiknya cukup memanjakan mata, ada warna merah, kuning, hijau, biru, putih. Saat terkena cahaya matahari, warna-warna dari ruang mozaik ini jadi semakin cantik.  


Maka dari itu, teman saya, Si Ajeng yang hobi nyetok foto untuk feed  Instagramnya buru-buru ngajak ke sini. Mumpung masih baru. Sampe dibelain ngajak saya jam 6 pagi buat ke taman ini. Udah ngajak jam 6 pagi, dia pake acara kesasar pula. Jambangan-Wiyung deket padahal :’(

Selain bangunan dengan konsep warna-warni tersebut, di sekeliling taman juga terdapat benda berbentuk Prisma yang juga terbuat dari akrilik warna-warni sebagai pelengkap bagi pengunjung yang ingin berfoto

Saya lebih suka konsep pembuatan taman seperti ini,  kalaupun dikonsep warna-warni, ya memang karena  baru dibuat di masa kini. Daripada harus mengecat sebuah perkampungan atau lokasi tertentu dengan cat warna-warni yang saya rasa justru menghilangkan nilai estetik dari lokasi semula.

Masih Minim Fasilitas


Pohon Palm yang baru ditanam

Meski dikabarkan dana pembangunan yang digelontorkan mencapai 1 Miliar, Taman Mozaik ini masih minim fasilitas. Belum tersedia fasilitas penunjang seperti toilet, musholla, tempat bermain anak dan penerangan memadai.

Tanaman yang ditanam juga belum banyak, hanya terdapat pohon palm, pohon bamboo yang masih pendek dan beberapa bunga sebagai pelengkapnya.

 

Namun jangan khawatir, kedepannya akan ada pembangunan tahap kedua yaitu pembangunan fasilitas yang lebih memadai untuk menunjang kenyamaan masyarakat saat berkunjung ke tempat ini. 

Akses Lokasi Taman Mozaik







Taman Mozaik terletak di Jalan Wiyung Praja, kecamatan Wiyung kota Surabaya. Kalau dari rumah saya dan Ajeng memang tidak jauh, hanya berjarak 6km. namun jika dihitung dari pusat kota yaa.. lumayan jauh. Hehehe..
Taman Mozaik terletak 500 meter dari jalan besar, yaitu Jalan Raya Menganti. Sebenarnya cukup mudah menemukan dengan menggunakan map. Untuk kendaraan umum ada agkutan kota yang melintas jalan besar, yaitu Lyn G Rute Joyoboyo menuju Babatan.
Saran saya, kalau mau berburu foto di Taman Mozaik ini mending saat hari aktif dan pagi hari XD. Kemarin waktu ke sini , baru jam 7 saja panasnya sudah bikin haus. Lokasinya  masih hangat, jadi bakalan ramai terus dikunjungi untuk berburu stok foto yang katanya instagramable. Jangan lupa juga bawa bekal air minum dan makanan ringan, supaya nggak kehausan dan kelaparan waktu asyik berburu foto. Tonton juga videonya di bawah ini. 


Ada yang sudah datang ke sini? 

You Might Also Like

0 comments