Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell, belajar Menggambar dengan mudah

5:40 AM



Kehidupan orang dewasa kerapkali membuat diri disibukkan dengan pekerjaan tanpa henti. Harus mengatur waktu, melakukan pekerjaan multitasking, berpindah dari satu kerjaan ke pekerjaan lain yang tak jarang membuat diri mudah  stress.
Stress yang menumpuk bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk sejenak merefresh diri, misalnya dengan traveling. Namun jika traveling membutuhkan waktu luang yang tidak sebentar, maka ada cara lain yang bisa dilakukan seperti menggambar dan mewarnai.
Aktivitas menggambar dan mewarnai tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga perlu melakukannya. Jika beberapa waktu lalu pernah ngetrend coloring for adult (mewarnai untuk orang dewasa). Kini ada trend baru di beberapa negara yaitu Soft Pastel Art, menggambar dengan teknik unik. Seperti apa itu?

Soft Pastel Art Workshop: dari yang tidak bisa gambar jadi bisa gambar. 

Pada Minggu (24/11) saya mengikuti  Soft Pastel Art Workshop oleh Faber Castell di Gedung Faber Castell Surabaya Jalan Raya Tenggilis R24 no 55. Workshop ini diadakan dalam rangka memperkenalkan produk barunya yaitu Soft Pastel Art Starter Kit  di Indonesia.
25 peserta berasal dari blogger dan influencer Surabaya mengikuti rangkaian workshop yang cukup menyenangkan ini. Sebelum dimulai di ruang workshop lantai 4, peserta diperkenankan untuk berkeliling melihat koleksi seni  di Art Gallery yang berada di lantai 5.





Dimulai pukul 14.00 WIB, acara diawali oleh sambutan dari tim Faber castel yang memberikan insight tentang produk Faber Castel kemudian dilanjut dengan workshop penggunaan Soft Pastel Art. Menggambar dengan teknik unik yang belum terlalu ngetrend di Indonesia.
Teknik menggambar dengan Soft Pastel ini sudah ngetrend di beberapa Negara seperti Singapura, Malaysia  dan Jepang. Teknik Soft Pastel Art berasal dari Jepang. Di beberapa negara sudah lama dan banyak workshop berkaitan dengan Soft Pastel Art sedang di Indonesia baru mulai diperkenalkan akhir-akhir ini. 
























Soft Pastel Art menjadi Trend karena  tidak harus digunakan oleh orang yang bisa menggambar, Proses menggambar yang unik dan mudah. Selain itu, dipercaya mampu menjadi sarana stress healing.
Soft Pastel Art Workshop Faber Castell di Surabaya merupakann kota kedua setelah sukses dilaksanakan di Jakarta pada awal November lalu.  Teknik menggambar ini dipandu oleh kak Doni, dan memang dikhususkan untuk orang yang tidak mahir dalam menggambar seperti saya. Dan beneran lho, setelah mengikuti workshop ini saya jadi bisa menghasilkan karya. (Yaaah walaupun nggak bagus-bagus amat) 


Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell


Soft Pastel Art Starter Kit merupakan produk baru dari Faber Castel yang dikhususkan untuk membuat sebuah gambar dengan teknik Unik. Soft Pastel Art Starter kit menjadi pilihan karena paket komplit dan mudah bagi orang yang tidak bisa menggambar.  
Soft Pastel Art Starter Kit terdiri dari 7 Item :
·   Creative Studio Soft Pastels Mini Cardboard Box Of 24 (24 krayon warna soft Pastel)
·  Eraser Pencil Perfection With Brush Latex (Penghapus berbentuk pencil dan kuas)
·     Eraser and sharpener (penghapus dan rautan) + free eraser refill
·     Kneadable Eraser (penghapus lentur seperti malam)
·     Stencil (cetakan motif)
·   Pastell Art Paper (kertas khususpastel art) 15x15cm @8pcs , 5,7 x 15cm @8pcs
·     Box compartment (tempat peralatan transparent)
Soft Pastel Art Starter Kit di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 300.000,00 (Tiga ratus ribu rupiah). Namun karena masih baru dilaunching, untuk saat ini baru bisa didapat di Jakarta dan marketplace resmi Faber castell Jakarta. Semoga segera beredar di pasaran ya!

Cara Mudah Menggambar dengan Soft Pastel Art Faber Castell



  • Siapkan peralatan menggambar yaitu:
-          Soft Pastell Art Starter kit
-          Kertas bersih/ Pallet untuk tempat warna
-          Cotton Bud
-          Tissue basah dan tissue Kering
-          Decorative Tape ( isolasi motif/isolasi kertas)
  • Siapkan Kertas Soft Pastel Art ukuran persegi. 
Beri bingkai dengan cara menempelkan decorative tape di empat sisinya. Fungsinya juga untuk memudahkan saat proses menggambar agar tidak bergerak. Kertas yang digunakan harus kertas khusus Soft Pastel.
  • Proses Scrapping
Pilih krayon Warna dasar yang disuka untuk digunakan sebagai latar dasar. Kerik tiap warna secukupnya sehingga menghasilkan bubuk warna. Sisihkan di kertas/pallet.  

  • Proses menggambar
-          Teknik Blending
Teknik blending adalah mencampur warna gelap ke warna yang lebih terang. Usapkan warna ke Kertas dengan jari telunjuk sampai merata.  
-          Menambah Motif dengan Stencil  dan eraser
Setelah kertas full dengan warna dasar dan objek utama gambar, kita bisa mulai membuat hiasan kecil-kecil dengan stencil dan penghapus. Misalnya dengan menambahkan motif bintang, linkaran atau bulan.


-          Menggunakan Perfection Eraser
Perfection eraser digunakan untuk mengapus objek kecil atau membuat garis pada gambar
-          Hapus bagian-bagian dengan Kneadable Eraser
Kneadable eraser digunakan untuk menghapus warna secara samar atau membuat objek menyerupai awan-awan.  
  • Setelah gambar selesai, kunci gambar dengan Fixative Spray agar gambar lebih awet kemudian lepas Decorative Tape 



Hasil gambar saat workshop 
Hasil percobaan di rumah 


Tentang Faber Castell


Sebelum workshop dimulai, peserta diberi wawasan tentang pensil warna yang ada. Nah dasarnya bukan ahli gambar, taunya kalau pencil warna Faber Castell itu yang bungkusnya warna merah. Dan dari jaman sekolah saya juga biasa menggunakan itu kalau lagi ingin mewarna. Namun ternyata yang bungkusnya merah itu pensil warna buat anak-anak.
Ada pensil warna yang khusus untuk mewarna bagi orang dewasa dan para seniman professional. Lalu, apa yang membedakannya, yang membedakan adalah kualitasnya?
1.       Pigmen
Pensil warna untuk dewasa dan professional memiliki pigmen yang lebih tinggi. Makin tinggi pigmen warna yang digunakan, maka warna karya akan lebih awet dan tidak mudah pudar. Pensil warna untuk anak-anak dan tidak dikhususkan untuk komersil karena lama kelamaan akan pudar.
2.       Isi pensil Lebih Besar
Pensil faber castell untuk dewasa memiliki ukuran yang lebih besar
Faber Castell Polycromos


3.       Lembut dan Nyaman digunakan
Yang membedakan ada pada secural Bonding, yaitu dengan menggunakan proses SV. Menjadikan pensil lebih lembut, mudah menyatu dengan kertas saat proses pewarnaan, selain itu tidak mudah patah , lebih nyaman digunakan.

Nah, itu tadi pengalaman saya mengikuti Soft Pastel Art Workshop yang diadakan Faber Castell. Cukup Menarik, bukan? Jadi penghilang Stress atau tambah stress nih setelah menggambar?

You Might Also Like

2 comments

  1. Wah keren banget. Seru deh ini. Jadi pengen ajak Wening menggambar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu... Coba wening belikan ini. Biar bisa belajar usek-usek warna

      Delete