Kontribusi Freeport Indonesia, Dari Papua untuk Papua

Kontribusi Freeport Indonesia, Dari Papua untuk Papua



Kontribusi Freeport Indonesia, Dari Papua Untuk papua – Kerabat yang menetap di Papua pernah bercerita pada saya, pembangunan di Papua sekarang sudah mengalami kemajuan pesat dibanding ketika beliau pertama kali merantau ke Papua. Akses mudah dan pembanunan di segala bidang mulai merata. Ternyata, kemajuan tersebut salah satunya merupakan kontribusi dari PT. Freeport Indonesia yang memang berlokasi di Papua dan tidak lepas dari kemauan masyarakat Papua Sendiri untuk berubah menjadi lebih baik.
Nama PT Freeport Indonesia sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Papua. PT. Freeport Indonesia (PTFI)  merupakan perusahaan tambang yang berada di Indonesia, merupakan tambang afiliasi dari Freeport Mc Moran (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID).
PTFI menambang dan memproses bijih menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak. Konsentrat tersebut kemudian dipasarkan ke seluruh dunia dan ke pasar Indonesia sendiri.
Selain menambang hasil emas dan perak yang berada di INDONESIA, PTFI juga turut berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan masyarakat Papua. Berikut adalah Kontribusi PT. Freeport untuk Indonesia

Kontribusi  Untuk Masyarakat Dan HAM

Kontribusi Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua cukup banyak. Setidaknya, ada empat hal yang menjadi perhatian PTFI seperti Pendidikan, Kesehatan, Pembangunan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur.


1.    Freeport Indonesia  Untuk Pendidikan Papua

Pada tahun 1967 ketika PTFI pertama beroperasi, kehidupan masyarakat Papua masih tertinggal jauh dari daerah lainnya. Tingkat baca-tulis masyarakat masih rendah . Oleh karena itu, program pengembangan PTFI berfokus pada pendidikan.

Beasiswa hingga S3



Hingga tahun 2018 saja, PTFI yang  bermitra dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme & Kamoro (LPMAK) telah memfasilitasi 11.000 siswa dalam program beasiswa mulai dari jenjang SD hingga program doktor (S3). Tidak hanya memberikan beasiswa secara penuh, tim PTFI juga bertanggung jawab penuh dalam memantau perkembangan pendidikan putra-putri Papua dengan melakukan monitoring langsung ke sekolah-sekolah tempat penerima bantuan menempuh pendidikan.
Pelatihan Kurikulum Guru
Tidak hanya memberikan beasiswa kepada murid, Freeport Indonesia yang bekerja sama dengan pihak ketiga juga memberikan pelatihan kurikulum bagi guru di Kabupaten Mimika untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru di bidang tertentu. Selain itu, juga memberikan dukungan moril terhadap guru yang ditugaskan di daerah terpencil.  
Pendidikan Asrama


Bagi siswa-siswi penerima beasiswa yang berada di daerah terpencil, PTFI dan LPMAK bekerja sama dengan Yayasan untuk mengelola 5 asrama putra dan putri. Pendidikan Asrama sangat diperlukan untuk menanamkan kedisiplinan kepada anak-anak Papua.
Institut Pertambangan
PTFI juga membangun institute pertambangan yang dikhususkan sebagai tempat untuk melatih putra-putri Papua yang disiapkan untuk menjadi pekerja Tambang yang yang terampil, cekatan dan berkelas internasional.

2.    Freeport Indonesia Untuk Kesehatan


Kehadiran Freeport untuk Indonesia turut mensejahterakan kesehatan masyarakat Papua. Hal ini terbukti  dengan adanya dua Rumah Sakit di Papua yang dibangun menggunakan dana kemitraan Freeport Indonesia.
RUMAH SAKIT DAN KLINIK
Sampai saat ini yang saya ketahui, PT Freeport mendirikan dua Rumah Sakit , yaitu Rumah Sakit MITRA masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Waa Banti. Kedua rumah sakit ini sejak tahun 1999 dan tahun 2001 telah  memfasilitasi masyarakat Papua dalam memperoleh fasilitas kesehatan dengan mudah. Dengan pelayanan yang baik dan peralatan penunjang yang canggih.
Untuk mempermudah jangkauan masyarakat di daerah terpencil, PT Freeport Indonesia juga turut membantu pembiayaan terhadap klinik-klinik yang tersebar di beberapa daerah di wilayah Papua.

PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT  
Program pencegahahan dan penanggulangan penyakit dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan terhadap masyarakat Papua untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang dulunya tergolong rendah.
Pendidikan kesehatan diberikan melalui berbagai kegiatan seperti diskusi, survey, dan pengawasan oleh tenaga kesehata.
Fokus lain dari program kesehatan ini yaitu pentingnya kesehatan ibu dan anak, pengendalian wabah malaria, pengendalian TB, pengawasan  air bersih dan sanitasi.

3.    Freeport Indonesia untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Papua


salah satu program yang dilakukan PTFI dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Papua adalah dengan pemberdayaan perempuan Papua.
Saya pernah mengikuti kegiatan Pameran UMKM di salah satu acara yang diadakan oleh Kementrian Koperasi, di acara tersebut bertemu dengan kelompok yag berasal dari Papua dan sempat berbincang, ternyata PT Freeport Indonesia yang didukung pemerintah setempat juga turut andil dalam pemberdayaan perempuan Papua dengan mengadakan pelatihan keterampilan kepada ibu-ibu mulai dari menjahit, memasak, hingga membuat pernak-pernik.


Turut membantu membudidayakan varietas Kopi Amunge

Ada juga pemberdayaan terhadap petani dan nelayan dengan kegiatanberupa pemberian benih/bibit dan pelatihan , pengembangan, pendampingan hingga bantuan pemasaran produk.
Tidak hanya memberi pelatihan, melalui Yayasan yang ditunjuk, PTFI juga membantu memberikan modal usaha dan pinjaman modal usaha.  

4.    Freepot Indonesia dalam pembangunan Infrastruktur

Lebih dari 50 tahun beroperasi di Indonesia, Freeport telah berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Papua, terutama di Kabupaten Mimika. Pengaspalan jalan , pembangunan jalur transmisi listrik, dan penyediaan sarana umum semakin mempermudah akses pelayanan dan mempercepat distribusi di Papua  

5.    Freeport Indonesia dalam menjaga lingkungan
Kegiatan penambangan tidak lepas dari adanya dampak kerusakan lingkungan dan perubahan lingkungan. PTFI berkomitmen untuk berupaya menyeimbangkan dan mengatasi kerusakan lingkungan dengan melakukan rehabilitasi terhadap area bekas pertambangan.
Hal yang telah dilakukan oleh PTFI adalah dengan melakukan reklamasi, vegetasi, pengelolaan pasir sisa tambang (SIRSAT), pengelolaan limbah untuk didaur ulang, serta melakukan pendidikan lingkungan terhadap pelajar tentang pentingnya sadar lingkungan.

6.    Freeport Indonesia dalam mendukung HAK ASASI MANUSIA


Hingga tahun 2018, sebanyak 25% dari 30.000 karyawan PT. Freeport Indonesia merupakan penduduk asli Papua. Perusahaan tambang emas dan  tembaga ini mempunyai komitmen untuk memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat dan melindungi hak asasi manusia di dalam perusahaan.
Pelatihan dan pendidikan diberikan kepada ribuan karyawan berkaitan dengan kebijakan sosial, ketenagakerjaan, dan hak asasi manusia  sebagai wujud komitmen terhadap pelaksanaan kebijakan Hak Asasi Manusia.
Selain kontribusi di atas, PT Freeport juga memberikan keuntungan langsung terhadap Pemerintah Indonesia dan Pemerintah daerah Papua berupa pajak, deviden dan Royalti.  
Nah, penjelasan di  atas  tadi merupakan bukti nyata Freeport INDONESIA Memberikan sumbangsih bagi negeri Ternyata banyak sekali ya.. Sebagai masyarakat hendaknya kita juga melihat banyak sisi positif yang telah diberikan oleh PT Freeport Indonesia.


sumber refensi gambar https://ptfi.co.id/ dan https://www.instagram.com/freeportindonesia/

Freeport Indonesia , tambang tembaga, Narasi dari papua, Mining For LIFE 


Post a Comment

4 Comments

  1. Mantul.. Kalau kayak gini kan jadi tau apa aja kontribusi Freeport Indonesia buat kita semua. :D
    Semangat nulis ya, mbak

    ReplyDelete
  2. Ternyata kontribusi PT Freeport banyak yaa :D

    ReplyDelete
  3. Wah hebat kontribusinya banyak ya. Alhamdulillah semoga bantuannya semakin merata

    ReplyDelete
  4. Wah keren lo, kontribusinya ternyata banyak juga 😄

    ReplyDelete