8 Cara Atasi Bosan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 - rieagustina

8 Cara Atasi Bosan di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Memasuki minggu kesekian diberlakukannya physical distancing yang mengharuskan melakukan aktifitas #dirumahaja, saya mulai dilanda ke...



Memasuki minggu kesekian diberlakukannya physical distancing yang mengharuskan melakukan aktifitas #dirumahaja, saya mulai dilanda kebosanan. Meaki terbiasa bekerja di rumah, nggak bisa bergerak bebas bepergian membuat saya jadi bosan hingga akhirnya gampang ngantuk.
Selain berdoa supaya Pandemi ini segera berakhir,  melakukan hal-hal yang menyenangkan bisa membunuh rasa kebosanan . Selain ngurus rumah dan kerjaan,  saya berusaha untuk terus produktif supaya nggak rebahan mulu. menghindari waktu yang terbuang percuma. 
Berikut adalah 8 cara yang saya lakukan untuk atasi bosan selama Pandemi Covid-19

  • Beres-beres rumah dan mengubah tatanan ruangan


Sebelum merebaknya kasus COVID-19  saya selalu terbiasa mengubah letak barang-barang yang ada di kamar atau ruang kerja. Yang paling sering adalah  ruang kerja supaya lebih nyaman dan lebih betah saat bekerja.


Awal bulan Maret sempat melakukan perubahan pada ruang kerja, rak buku dan mwja tulis yang semula berada dalam kamar saya keluarkan. Kemudian dipindah ke ruang kerja. 
Cukup senang, kamar tidur jadi longgar hanya tempat tidur dan lemari pakaian saja. Benar-benar dimanfaatkan untuk istirahat.

  • Menulis Rencana Kegiatan

Rencana kegiatan biasanya saya tulis harian. Kalau misal harus belanja biasanya akan saya catat satu hari sebelumnya belanjaan-belanjaan yang harus dibeli beberapa hari sekali. Lebih efektif, untuk msminimalisit ke luar rumah karena belanjaan yang lupa dibeli. 


Menulis rencana kegiatan efektif supaya kita lebih teratur menggunakan waktu.

  • Mengikuti kelas Online yang dibutuhkan 

Masa Pandemi yang Mengharuskan seluruh masyarakat melakukan kegiatan #dirumah aja, segalanya mulai dialihkan ke Online / daring. Saemua kegiatan banyak mengandalkan teknologi yang memudahkan untuk menyerap ilmu. 
Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti beberapa kelas Online melalui WA grup. Mengikuti beberapa grup telegram yang cukup memberikan insight sesuai kebutuhan.
Saya hanya mengikuti kelas yang memang saya butuhkan untuk penunjang kegiatan atau minat saya. Memilih berdasarkan kebutuhan, jangan asal ikut kelas ini itu tapi nggak bener-bener butuh atau minat. 

  • Melakukan hobi yang disukai 


- membaca 
Tahun ini saya berjanji pada diri sendiri untuk lebih banyak membaca. Buku-buku di rak beberapa masih segelan dan belum kebuka sama sekali. Tahun kemarin impulsif banget beli-beli buku tapi nggak ada waktu buat membaca. 
- menulis atau ngeblog
Supaya nggak bosen di rumah rebahan mulu, saya berusaha meluangkan waktu untuk menulis. Entah itu menulis puisi, ngedraft untuk Blog, atau sekadar curhat di jurnal. Yang penting isi otak ini tersalurkan. Biar nggak penuh-penuh amat di kepala. 

  • Komunikasi virtual

Karena jarak yang tak memungkinkan untuk bertemu, jangan lupa untuk menyapa teman-teman melalui dunia maya. Saling cerita kegiatan masing-masing bisa membantu atasi kebosanan. Apalagi kalau cerita perihal asmara. Wuiih bisa panjang lebar. 

Baca juga: 

  • Mencoba hal baru 

Kesukaan saya akhir-akhir ini mantengin resep-resep di cookpad. Belajar bikin cemilan/jajan sekaligus belajar beberapa masakan  yang belum pernah saya masak. Siapa tahu nanti dapat jodoh yang doyan makan gitu ya. 
Berhasil bikin resep Tongkol Suwir kemangi, bikin kroket kentang, bikin klepon, bikin kue tok tanpa cetakan adalah suatu keberhasilan saya bangkit dari rebahan mulu. Wkwkw.



Selain itu, bikin dan foto-foto  produk baru untuk dagangan saya. Udah lama nggak ada foto baru. Niatnya pengen benerin website jualan gelang, eh tapi kok ya mager terus. Padahal tiap tahun domainnya saya bayar terus
Salah satu pekerjaan saya 

  • Menonton film dan drama

Setahun belakangan saya jarang nonton Drama Korea, sempat download beberapa judul tapi belum menontonnya sama sekali. Tahun kemarin sedikit berat, Ngos-ngosan, eh ternyata tahun ini lebih berat. 
Gara-gara hampir setiap hari di grup Blogger Surabaya pada ngobrolin drakor, saya jadi kepincut untuk mulai nonton drakor lagi, sekaligus nonton ulang drama-drama lawas yang bikin saya kangen kuliah. Dulu hampir tiap hari download drakor di kampus, sampai saya dan teman-teman punya basecamp download dan nonton drakor.


Drama baru si anu 

  • Bertetangga dengan menggunakan prinsip Pyshical distancing

#dirumahaja tapi jangan sampai lupa untuk Bertetangga, pagi-pagi bisa menyapa tetangga sambil mengobrol sebentar sembari berjemur dan membersihkan latar Dengan menerapkan pysical distancing seperti jarak 1 meter, dan menggunakan masker kita masih bisa menyapa


Nah itu tadi beberapa hal yang saya lakukan agar betah di rumah, nggak bosan. Padahal aslinya ya udah bosan nemen di rumah. Sampai saat ini juga belum bisa belanja bahan untuk jualan. Meski di rumah, jangan lupa untuk tetap produktif. 

You Might Also Like

2 Comments