7 Langkah Sederhana Agar Terhidar dari COVID-19 - rieagustina

7 Langkah Sederhana Agar Terhidar dari COVID-19

“Selain suka kamu, saya juga suka jamu…” 7 Langkah Sederhana Agar Terhidar dari COVID-19  - Virus Corona yang kini menjadi m...


“Selain suka kamu, saya juga suka jamu…”

7 Langkah Sederhana Agar Terhidar dari COVID-19  - Virus Corona yang kini menjadi momok bagi masyarakat adalah sebuah perang/ibarat kita berperang melawan hal yang tak kasatmata. Kita tidak pernah tahu dia ada di mana dan dibawa oleh siapa. Persebaran virus yang cepat dan tidak mudah terdeteksi membuat kita harus waspada. Kita tidak pernah tahu orang di sekitar kita telah membawa virus dari luar.
Apalagi saat ini di Surabaya sendiri terkonfirmasi kasus pasien positif COVID-19 di seluruh kecamatan (total 31 Kecamatan). Beberapa hari lagi juga akan diberlakukan PSBB (pembatasan sosial Berskala Besar)  Beberapa hal di bawah ini saya lakukan untuk mencegah Virus Corona:

Tidak keluar rumah jika tidak penting

Cukup keluar rumah saat ada keperluan yang mendesak saja. Hal ini sudah saya terapkan sejak sebulan lalu. Aktivitas pergi-pergi hanya untuk pergi ke pasar, mengirim paket ke ekspedisi, atau membeli barang-barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

Memakai masker saat ke luar rumah

Sebelum adanya virus corona, memakai masker atau slayer sudah menjadi kebiasaan saya saat bepergian ke luar rumah. Sampai merebaknya COVID-19 ini pun memakai masker menjadi suatu keharusan. Sedih sekali saat beberapa waktu lalu ada oknum-oknum yang berniat menimbun masker untuk dijual dengan harga tinggi.

Menjaga Kebersihan diri dan lingkungan

Hal yang menjadi kebiasaan baru bagi saya untuk lebih peduli terhadap kebersihan diri. Kini settiap pulang dari luar rumah saya jadi rajin mandi, mengganti pakaian, serta rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk membunuh bakteri yang menempel.    

Mengurangi kontak fisik dengan orang lain

Mengurangi kontak fisik (Physical distancing) merupakan anjuran dari pemerintah demi memutus mata rantai COVID-19 di Indonesia. Menguraing kontak fisik dilakukan dengan tidak bersalama/bersentuhan dengan orang lain. Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan mengandung vitamin alami yang sanat diperlukan tubuh. Selain menyehatkan, vitamin-vitamin ini dapat mencegah datangnya penyakit.

Minum jamu tradisional


Selain suka kamu, saya juga suka Jamu…
Sebelumnya saya pernah bercerita tiga tahun belakangan ini rajin minum jamu kunyit untuk pengobatan asamlambung. Nah, di masa-masa seperti ini mengkonsumsi  jamu tradisonal yang berasal dari bahan-bahan dapur empon-empon merupakan upaya tepat untuk mencegah virus bersarang di tubuh kita.
Bahan-bahan seperti Kunyit, Jahe, Tewulawak, Sere memiliki zat inflamasi dan anti radang yang cukup efetif mengembalikan daya tahan tubuh. Sementara itu, saya pernah menulis resep membuat teh dau Sere + Seledri di sini.

Olahraga yang cukup dan Berjemur di bawah sinar matahari

Olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari sangat berguna untuk kekebalan tubuh. Berkaitan dengan kesehatan tulang dan otot. Oiya, berjemur di bawah sinar matahari lebih baik di bawah pukul 10.00 karena pukul 10.00 hari mulai panas. Hehe …

Itu saja sih yang biasa saya lakukan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19. Selain hal di atas juga memastikan diri baik-baik saja karena dampak Covid-19 terhadap masyarakat juga cukup banyak, serta yang paling penting adalah pikiran yang sehat , maka tubuh juga akan ikut sehat.

You Might Also Like

6 Comments

  1. Saya suka jamu, apalagi kamu yang tiba-tiba bertamu di rumahku wqwqwq~

    Stay safe ya Mbaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw.. Apalagi kamunya mau jadi calon mantu ibuk bapakku, gitu ya?

      Yuups. Kamu juga stay safe yaaa... ❤️

      Delete
  2. Stay safeee semuaaaaaaaaaa :)

    ReplyDelete
  3. Wah mantab, boleh di apliksikan nih. Wah saya juga suka jamu tapi jangan yang pait hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaak :)
      Bikin sendiri jamunya lebih sehat.

      Delete