Belajar Hal Baru selama #dirumahaja - rieagustina

Belajar Hal Baru selama #dirumahaja

by - 03.50



Belajar Hal Baru selama #dirumahaja - Menjalani hari-hari pembatasan sosial dengan berada di rumah saja kadang membuat diri gampang bosan. Tidak bisa bepergian jauh, apalagi di wilayah yang telah menerapkan PSBB seperti di Surabaya. Salah satu cara mengatasi bosan di rumah selama pandemi Covid-19 adalah dengan mencoba dan belajar hal baru yang belum pernah dilakukan. 
Nah, selain mengatasi bosan, mencoba hal baru dapat meningkatkan kemampuan diri. Tapi, dalam hal belajar saya biasa mendahulukan hal-hal yang memang saya butuhkan, bukan sekadar yang diinginkan. Melihat situasi Covid-19 yang semakin meluas di seluruh Indonesia, sedang anjuran untuk #dirumahaja belum tau kapan akan berakhir, Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang saya pelajari saat berada di rumah. 

Belajar Manajemen Waktu 

Berkaitan dengan keterampilan, belajar mengatur waktu adalah yang sedang Sah pelajari dan terapkan. bagaimana membagi waktu agar efektif karena tak jarang saya merasa banyak waktu kelewat begitu saja. 
Dengan membuat jadwal harian saya berusaha membagi waktu sesuai dengan kegiatan yang harus dilakukan. Kapan saya harus berolahraga ringan, belanja, bersih-bersih rumah, mengerjakan orderan, masak, dsb. 
Jujur, walaupun sudah membuat jadwal kadang masih berantakan karena hal-hal tertentu. Belum lagi kalau sudah pegang hp kadang nggak kekontrol buat scroll-scroll media sosial

Mengembangkan Kemampuan Memasak 


Sejak ambil alih urusan perdapuran di rumah sejak tahun lalu, memasak sudah menjadi bagian rutinitas saya sehari-hari. Keterampilan memasak juga tak hanya berkaitan dengan jenis masakan dan rasa enak saja, tetapi juga keterampilan memadupadankan menu sehari-hari (jujur ini paling susah). Mengatur menu untuk orang satu rumah. 
Apalagi buat orang di rumah  saya yang suka pilih-pilih makanan. Masak itu nggak mau, masak ini nggak mau kadang bikin saya pusing sendiri. Yaaah semoga aja kelak dapat jodoh yang orangnya neriman, alias mau dimasakin apa aja. Hehehe... 
Selain itu saya belajar beberapa resep jajanan, yang sudah berhasil saya buat adalah kroket  kentang, onde-onde, kue tok tanpancetqkan. Kedepannya saya ingin belajar baking, bikin kue-kue kering. 

Belajar Menulis dan SEO Dasar

Kemampuan menulis dapat diasah dengan terus belajar membuat tulisan. Nah, bulan-bulan ini salah satu cara untuk meningkatkan kampuan menulis yaitu dengan mengikuti challemge yang diadakan Blogger perempuan ini. BELAJAR menulis setiap hari. Saya masih merasa tulisan yang selama ini dibuat masih belum baik, masih sering typo (salah ketik), EBI masih kurang baik. Harus bolak-balik buka PUEBI. 
Selain menulis sesuai EBI, alhir-akhir ini saya cukup tertarik untuk belajar SEO. Walaupun masih dasar banget, dan saya belum banyak menerapkannya dsi blog. Dari pembelajaran awal, menerapkan SEO pada blog lebih mudah  jika menggunakan WordPress, karena ada bantuan plugin SEO yang bisa meringankan beban. Plugin SEO yang bisa diinstall pada blog berbasis WordPress adalah YoastSEO dan All in one SEO Pack. Kebetulan saya memiliki dua blog dengan platform Blogger dan WordPress. 


Mempelajari platform dan aplikasi yang banyak digunakan selama covid 19 

saya juga ikutan belajar menggunakan platform/aplikasi yang banyak digunakan selama covid 19. Aplikasi tersebut antara lain: aplikasi penunjang pembelajaran online, aplikasi Edit Video, aplikasi zoom (belajar cara kerjanya saja, tidak ukuran live conference) untuk membantu murid les saya mengerjakan berbagai tugas sekolah. 

Belajar Foto dan  edit foto menggunakan smartphone

Bekerja sebagai pedagang online, saya belajar bagaimana memiliki foto produk yang bagus meski bermodal smartphone saja. Untuk itu, akhir-alhir ini saya mencoba belajar mengambil foto melalui smartphone yang baik dan kemudian melakukan edit sederhana seperti pencahayaan dan kecerahan. Untuk urusan photo saya biasa menggunakan bantuan aplikasi Lightroom, snapsheet, photoshop express. 

Memang tidak banyak hal yang saya pelajari selama #dirumahaja, namun rasanya menyenangkan belajar perlahan dalam setiap hal yang saya butuhkan. Nggak mau terlalu tergesa dan kemaruk alias semua hal dipelajari dalam satu waktu bersamaan. Kalau kamu, sudah belajar apa saja nih selama di rumah?

You May Also Like

0 komentar