5 Hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama selama Pandemi

5 Hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama selama Pandemi



Hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama selama  Pandemi - Banyak orang baik di sekitar, yang bisa menyampaikan kebaikan walau sedii. Adanya virus corona yang sudah merubah tatanan hidupo masyarakat paling berpengaruh pdah perekonomian masyarakat. ada banyak Hal yang bisa dilakukan untuk saling membantu sesame. Karena tidak bisa dipungkiri, COVID-19 berdampak pada banyak pihak.
Kehidupan dunia masih akan terus berlanjut selama masih ada orang baik di sekitar kita. Banyak orang yang berusaha berbuat baik demi meringankan beban manusia.
Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain selama pandemic

1. Memberikan bantuan langsung kepada para masyarakat yang terdampak sesuai kemampuan

Semenjak diberlakukakannya WFH hingga PSBB , beberapa masyarakat mulai mengalami kesulitan ekonomi, terutama paara buruh lepas dan buruh harian yang pendapatannya hanya cukup untuk makan di hari itu juga.
Memberikan bantuan langsung berupa sembako, masker dan sedikit uang tunai bisa sedikit meringankan beban masyarakat terurtama yang berada pada ekonomi menengah ke bawah.

2.   Membuka donasi untuk disalurkan pada yang membutuhkan

Banyak influencer, pegiat sosial media, perusahaan, komunitas hingga lembaga-lembaga yang membuka donasi untuk meringankan beban. Baik masyarakat maupun para tenaga medis dan petugas Gugus Tugas Percepatan Covid-19 yang akhir-akhir ini semakin kesulitan mendapatkan APD.  

3.  Tidak menimbun masker, Handsanitizer dan APD

Di tengah kesulitan, tidak menampik pula adanya oknum-oknum yang nakal. Ingin meraup untung di antara kesulita orang lain dengan cara menimbun masker medis, handsanitizer,
APD, bahkan adapula yang melakukan aksi penipuan.  
Maser medis, kini lebih baik diprioritaskan bagi para petugas medis dan  sejenisnya yang turun langsung menangani pasien COVID-19. Sedangkan masyarakat bisa beralih menggunakan masker kain.

4. Membantu Membeli dan Mempromosikan dagangan orang lain

Saya merasakan langsng dampak COVID-19 terhadap pedagang, yak arena saya juga seorang pedagang,.
Teman-teman komunitas UMKM banyak mengeluh karena pendapatan yang  anjlok. Terutama teman-teman UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Yang penghasilannya diperoleh harian dari pesanan resto, hotel dan tempat wisata.
Kita bisa membantu sesame dengan membeli dagangan semampu kita, atau membantu promosikan ke orang lain/pengikut di media social

5.Membantu doa dan kurangi nyinyir di media sosial

Terakhir, jika tidak bisa membantu secara tenaga atau materi setidaknya kita masih bisa membantu dengan mendoakan sesama agar pandemic segera berlalu dan  kita semua bisa melewati pandemi ini dengan ikhlas. Selain itu, kurangi nyinyir kepada pihak-pihak tertentu.


Jika tidak bisa berbuat baik, jangan jadi jahat. Iulah yang selalu berusaha saya lakukan. Meski tidak bisa banyak membantu selama Pandemi ini, saya berharap agar semua orang dapat melewati COVID-19. Berdiam diri #dirumahaja juga bisa menjadi salah satu cara membantu orang lain. Membantu tidak menyebarkan virus atau membawa pulang virus corona. Tetap sehat selalu teman-teman. J

Post a Comment

0 Comments