5 Cara Menghadapi Teman Yang Menjengkelkan - rieagustina

5 Cara Menghadapi Teman Yang Menjengkelkan

Menghadapi Teman Yang Menjengkelkan -Merawat pertemanan dalam kurun waktu yang  lama bukan hal yang mudah. Meskipun tidak memiliki masalah,...



Menghadapi Teman Yang Menjengkelkan -Merawat pertemanan dalam kurun waktu yang  lama bukan hal yang mudah. Meskipun tidak memiliki masalah, namun ada kebiasaan-kebiasaan yang mungkin agak sulit diterima oleh diri ini. 

Ada cara-cara yang biasa saya terapkan untuk menghadapi teman-teman yang mempunyai sikap menjengkelkan 

1. Pahami kebiasaan buruknya

Sebagai teman yang sudah lama bersama tentunya harus bisa memahi hal-hal yang sudah jadi kebiasaan buruknya. Misal temperamen berlebih, suka merajuk dan Sebagainya. 
Salah satu cara merawat pertemanan adalah dengan memahami dan menerima sikap dan sifat yang tidak melulu menyenangkan tapi juga menjengkelkan, bahwa itu sudah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan darinya. 

2. Balas atau tanggapi sekenanya 

Jika teman tersebut sedang bersikap yang menjengkelkan entah itu saat chat, telepon atau mengobrol langsung, tidak perlu menghabiskan energi dengan melawan atau menentangnya. Tanggapi saja sekenanya atau balas dengan singkat saja. 

3. Biarkan dia berkreasi 

Biarkan dia berkreasi alias melakukan apa yang dia suka. Saya sih paling sering melakukan ini, karena pada dasarnya saya orang yang males ribet dan males ribut. Saya iyakan aja biar cepat, selama itu tidak melanggar atau membahayakan diri sendiri dan orang lain. Walaupun kadang juga sambil menahan emosi. Haha

4. Kurangi komunikasi secara langsung

Mengurangi komunikasi secara langsung bukan berarti memutus pertemanan lho ya, artinya jika dia sering bersikap menjengkelkan hindari dulu pertemuan atau bertahap muka, ganti komunikasi melalui pesan singkat/chat sehingga tidak perlu tatap muka/bertemu dengan teman yang menjengkelkan 

5. Tegur kalau sudah keterlaluan

Kalau sudah sampai tahap yang keterlaluan,  jangan ragu untuk menegurnya secara langsung. Kala dia memang teman yang berharga, tentunya harus saling mengingatkan. Jika dia tidak mau mendapat kritik atau masukan, itu artinya dia bukan level teman yang baik untuk kamu. 

Saya selalu percaya bahwa sutu pertemanan tidak hanya itu tentang suka tapi juga tentang duka. Teman yang baik adalah teman yang mau dikritik dan mengkritik untuk saling mengingatkan. 

Kalau teman-teman, apa saja nih yang biasa dilakukan untuk menghadapi Teman yang menjengkelkan? 


Tulisan ini untuk memenuhi Nulis Bareng Ning Blogger Surabaya
Edisi Juli Minggu ke-2

You Might Also Like

8 Comments

  1. Kalau aku dicuekin aja mba.. krn kalau aku masih bawel sama dia, berarti saya masih peduli. K

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mba, sekarang seringnya sih gitu. Cuek, masa bodo.

      Delete
  2. Lek aku sendiri pinginnya nerapin yang sampean tulis, tapi seringnya ya mengabaikan aja hahahaha ~XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. iya nomer 3 kuwi. Biarkan dia berkreasi alias njarno wae. hahahaha...

      Delete
  3. Kalo ak pribadi sih biasanya aku cuekin, haha. #jahat

    Kebetulan aku tidak terlalu punya banyak teman dekat di dunia nyata, hehe ketahuan.
    Dan alhamdulillah rata2 baik.

    Kalaupun ada yg menjengkelkan biasanya sedari awal sudah terasa sinyalnya. Dan sering auto ke-skip. Wkwkwk #jahat (lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba, semakin bertambah usia lingkaran pertemanan di dunia nyata semakin kecil. Wkwkw

      Delete
  4. hola mb! Aku sih keknya sering nerapin 3/5 poin di atas untuk teman dekat aja. Kalau yang bukan, biasanya masa bodo deh. Hehe ngapain nemenin orang yang suka bikin empet hati. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba.. Haha kalau emang deket biasanya berani negur. Kalau nggak deket2 amat ya masa bodo.

      Delete