5 Cara Kreatif Mengabadikan Kenangan

6 comments

 


5 cara kreatif mengabadikan Kenangan-- Saya pernah dengar pepatah, apa yang kamu lakukan hari ini akan jadi kenangan esok hari. Nah, kadang dalam satu hari kita bisa melakukan banyak kegiatan yang  berkesan, yang memiliki pengaruh dalam hidup, tapi keesokan harinya menguap begitu saja. Untuk itu saya rasa perlu mengabadikan kenangan, menyimpannya sebaik mungkin untuk dinikmati di masa mendatang. 

Ngobrolin soal kenangan, setiap orang memiliki pengalaman baik pengalaman menyenangkan maupun pengalaman buruk. Nah, lalu bagaimana cara agar kenangan tidak menguap begitu saja? Berikut cara saya untuk mengabadikan kenangan.

Ini 5 Ide Mengabadikan Kenangan Ala Saya 

1. Tulis di Jurnal

 
mencatat-kenangan-di-jurnal

Menulis cerita dalam jurnal merupakan hal paling classic yang hampir setiap orang pernah melakukannya. Jurnal yang entah bentuknya diary, bullet Journal, blessing Journal mampu menyimpan kenangan dengan rapi dalam sebuah tulisan

Seiring bertambahnya usia kemampuan saya Dalam mengingat semakin lemah. Terdistraksi oleh banyak hal yang harus dilakukan bersamaan membuat saya sering lupa (tapi anehnya kok kalau soal doi nggak pernah lupa,ya? wkwkwk...) Untuk itu saya melatih dengan menuliskan hal-hal penting di Jurnal. walaupun intensitas menulis di Jurnal tidak sesering dahulu, tapi saya tetap menuliskannya. 

2. Tulis di Blog/Website

Saya ingin beberapa kenangan saya abadi, untuk itu saya mulai menuliskan di Blog tentang keresahan, opini maupun pengalaman saya di Blog ini. Mungkin topik yang saya tulis tidak tersusun tapi saya ingin kenangannya abadi. -syukur dapat bermanfaat bagi orang lain. 

Dua tahun belakangan, saya mulai menulis blog kembali. Meski salah satu alasan saya menulis di blog (kembali) karena oyok-oyokan teman "ngene iki ditulis neng blog lak enak..."  akhirnya saya beranikan diri membuka blog yang sudah mirip sarang laba-laba ini. Banyak isinya tapi cuma coret-coretan pendek-pendek (yang sekarang sudah saya hapus hehehe..)

3. Abadikan dalam Foto dan Video

Meski saya nggak jago-jago amat dalam urusan pepotoan tapi suka banget mengambil foto saat momen-momen tertentu. Meski kadang terkesan asal jepret-jepret, candid atau kadang nggak jelas.

Foto-foto dan video cukup ampuh dalam menyimpan kenangan indah yang telah dilalui. Melihat foto-foto lama juga menjadi cara saya saat mencari ide menulis di blog.

4. Menyimpan benda-benda berkesan

Apakah teman-teman termasuk orang yang suka menyimpan barang berkesan? Kalau iya, kita sama. Hahaa.. Saya termasuk golongan orang yang suka menyimpan barang kenangan. Dalam artian barang tersebut berkesan bagi saya. Misal tiket masuk tempat wisata atau tempat tertentu, tiket parkir, tiket pertunjukan, brosur atau pamflet tempat tertentu.

Jangankan benda kenangan, chat sama doi yang berkesan atau menarik juga saya screnshoot kok 😂😂😂 karena chat sama doi kan juga termasuk kenangan. Wkwkw

5. Cetak Foto kemudian tempel atau letakkan dalam album

menyimpan-foto-dalam-album
Source: freepik

Meski sekarang sudah jaman digital, tapi mencetak foto lalu menyimpan dalam album atau menempelnya di dinding tetap menjadi hal yang menyenangkan. 

Selain mengantisipasi jika terjadi hahal-hal yang tidak diinginkan (file terhapus atau hilang), menyetak foto dapat menjadi semangat tersendiri saat melihatnya kembali. Melihat hal-hal yang telah usai dan kadang juga bisa bikin tertawa melihat perbedaan fisik di masa lalu dengan masa kini.

Nah, itu tadi 5  cara saya mengabadikan Kenangan yang berharga dalam hidup. Setidaknya, Kenangan-kenangan tersebut dapat menjadi jejak yang kelak bisa dinikmati tak hanya diri sendiri tetapi juga anak-cucu kita maupun orang lain.

Dari 5 hal di atas, mana nih yang juga biasa teman-teman lakukan?

*ditulis untuk kegiatan nulis bareng Verwati Iriani dan Andhira Arum* 

Tema Ketiga : a Memory

Baca Juga Tulisan Verwati :  Kalau Namanya Kenangan itu "Melekat"

Baca Juga Tulisan Dhira: Tentang Memori atau Kenangan

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

6 comments

  1. untuk saat ini, poin pertama, kedua dan ketiga udah dilakuin.

    tapi masih lebih sering mengabadikan kejadian melalui foto sih. sekarang, mulai ingin bikin video sih. kayaknya lebih enak gitu.

    untuk poin ke empat dan kelima, kayaknya dulu gue suka melakukan seperti itu. tapi untuk sekarang ini udah pelan-pelan menerapkan hidup minimalis. jadi untuk ikatan batin sama barang-barang sih, udah enggak terlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwaaah sama nih, saya lagi pengen belajar bikin video-video. Suka ngambil beberapa footage tapi ngeditnya masih suka asal-asalan dan dinikmati sendiri.
      poin ke empat asal nggak nyimpan foto mantan aja, sih mas. hahha eh ..

      Delete
  2. Poin menulis adah poin yang ku lakukan sejauh ini karena aku anaknya gampang pelupa, muahahaha. Jadi ku tulis semua hal agar tidak terlupa dan terkubur begitu sajhaa ~XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwwk iya dooong... menulis udah jadi bagian hidup. Kok Kita samaan sih Wey, gampang lupa. tapi anehnya, kok tentang doi nggak bisa lupa ya. HHAHAHAHAHAHA...

      Delete
  3. Duh, blog aku ngga ada catatan kenangan, paling isinya hanya cerpen saja mbak, tapi siapa tahu cerpen itu bisa jadi kenangan di masa depan sih.

    Kalo aku biasanya foto untuk mengabadikan kenangan, tapi sayangnya kadang hapenya dijual jadi fotonya ikut hilang, kadang lupa upload ke Drive.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak papa, Mas.. semua yang kita tulis bisa jadi kenangan di masa depan. hihi..
      wah sayang sekali ya, kalau saya orang yang paling suka nyimpen foto. bahkan foto jaman sekolah 12 tahun lalu masih terszimpan di komputer lama. diawet-awet jangan sampai hilang atau ruusak. soalnya sayang banget sama kenangannya.

      Delete

Post a Comment