6 Cara Menemukan Ide Tulisan Blog

12 comments

 

6-cara-menemukan-ide-menulis

6 Cara menemukan ide tulisan blog - Ide menulis merupakan hal penting sebelum membuat tulisan baik untuk artikel, cerita maupun blogpost. Menulis blog bersifat bebas daripada harus menulis laporan ataupun paper. Semenjak menulis blog kembali, saya senang karena ternyatabanyak ide yang bisa digali berdasarkan lingkungan sekitar.

Menulis adalah keahlian yang memakan waktu seumur hidup untuk diasah. 

 Dee  Lestari- Di Balik Tirai Aroma Karsa (2019:7)

Pernah menulis fiksi menjadikan saya suka berhayal berlebih . Sempat vakum juga dari dunia urusantulis menulis, membuat saya merasa ada yang kurang. Akhirnya memilih melabuhkan hati pada kamu dunia blog dan terus belajar lagi mengasah kemampuan menulis.

Cara Menggali Ide Menulis

1.       Pengalaman Hidup

Ide paling sederhana dari menulis blog datang dari pengalaman hidup. Setiap orang pasti memiliki pengalaman hidup yang setidaknya berkesan selama perjalanan hidupnya. Ambil contohnya saja adalah pengalaman saat jatuh cinta, patah hati, cinta dalam diam.

Bagi saya, konten cinta  ini paling banyak disukai oleh pembaca. Pengalaman tentang jatuh cinta hingga patah hati. Di satu sisi orang akan dengan mudah menerima tulisan-tulisan yang dianggap satu nasib.

Ada pula pengalaman tentang sesuatu yang pernah dialami. Misalnya saja pengalaman saya mengatasi asam lambung yang saya tulis. Bagi saya hanya ingin menuliskan, tapi ternyata ada beberapa pembaca yang merespon melalui email dan direct message instagram untuk  berdiskusi tentang pengalaman tersebut.

 Masih ingat saya menulis sejak jaman SMP bermula dari menulis diary, alias saya suka cerita keseharian saya jaman-jaman SMP yang suka telat, ketinggalan angkot atau cerita jaman menerjang Banjir jalan Blauran saat musim penghujan demi bisa masuk sekolah, atau saat jaman cinta-cintaan naksir cowok kelas sebelah. 

2.       Banyak Membaca Buku Dan Menonton Film

Membaca dan menulis adalah satu kesatuan yang selaras. Artinya, setiap orang yang gemar membaca maka kosakata yang dimiliki dalam memorinya akan  semakin banyak dan memudahkan dalam menulis. Membaca, juga bisa menghasilkan ide tulisan seperti membuat review buku. Membuat ulasan berkaitan dengan buku tersebut.

Bahkan penulis hebat pun membaca banyak buku untuk mendukung tulisannya. Dengan banyak membaca, kita akan mampu menemukan gaya tulisan yang pantas diikuti. Karena setiap penulis yang baik juga merupakan pembaca yang baik. 

Selain itu, Sumber utama dari tulisan blog yang paling banyak dikunjungi adalah review film dan drama.  Menonton film membuat kita banyak menemukan ide kreatif yang bisa digali dan menjadi ide dari sebuah tulisan. 

3.       Hal-hal Yang ada di sekitar

Menjadi seorang penulis maupun blogger yang terpenting adalah mampu menangkap hal-hal ganjil di sekitar dengan kunci lebih peka. Dengan lebih peka terhadap lingkungan sekitar tentunya kita akan menemukan banyak ide untuk dijadikan tulisan. Hal-hal yang sedang hangat atau isu yang sedang berkembang di masyarakat bisa menjadi ide dalam sebuah tulisan. 

Misalnya beberapa waktu lalu saat awal masa pandemi sayatertarik dennggan fenomena kelangkaan masker medis, oknum penimbun masker yang menjualnya dengan harga selangit  hinggga munculnya orang yang berbondong-bondong membuat masker kain.

4.       Blogwalking Ke Blog Orang Lain

Dengan banyak melakukan blogwalking atau jalan-jalan ke blog orang lain, kita bisa menemukan beberapa ide tulisan yang juga bisa ditulis. Eits, tapi jangan Copy Paste,yah. Jalan-jalan ke blog orang hanya untuk membantu menemukan ide, menemukan celah yang belum dibahas oleh orang lain. Selebihnya silakan dikembangkan sesuai kemampuan dan pengetahuan. 

Baca juga:

5.       Riset

Terkadang, untuk menghasilkan tulisan yang bagus, diperlukan riset yang mendalam. Saya pernah membaca perjalanan seorang Dee Lestari saat penciptaan Novel Aroma Karsa di buku “di Balik Tirai Aroma Karsa” di situ secara lengkap diceritakan bagaimana perjalanan Dee melakukan  riset selama 1 tahun demi menghasilkan Aroma Karsa, Fiksi tapi tidak lepas dari unsurr aslinya. Dari situ saya percaya bahwa Ide menulis (tidak hanya Fiksi) bisa datang dari melakukan riset yang mendalam.

6. Buka Album Foto 

Album foto lama bisa menjadi salah satu sumber ide tulisan. Saat lagi buntu ide, saya biasa membuka kembali foto-foto lama. Menemukan di mana foto tersebut di ambil, kadang mengingatkan pada hal-hal yang terjadi saat itu. Misal saat melihat foto makanan, bisa muncul kenangan makan bersama siapa. Yang kemudian dapat dikembangkan menjadi sebuah ide tulisan.

Itu tadi cara saya menemukan ide untuk tulisan blog. kalau teman-teman, bagaimana cara menemukan ide ngeblog? 

*tulisan ini disertakan dalam kegiatan Nulis bareng Ning Bloger Surabaya. Edisi September Minggu ke-3"

 

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

12 comments

  1. Nah, ide bewe itu bagus banget, kak.
    Selain nambah wawasan, juga saling membantu menaikkan grafik kunjungan.

    Selamat blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, benar sekali. Sering nemu banyak ide setelah baca blog teman-teman.

      Delete
  2. Sebenarnya apapun bisa dijadikan ide. Cuma seringnya kita remehkan dan kita buang karena dirasa tidak akan memberikan manfaat.

    Padahal, sebenarnya memberi manfaat atau tidak tergantung manusianya yang mengolah.

    Hal kecil kalau ditulis dengan baik akan menjadi ide yang bermanfaat juga.

    Kalau saya, sebelum pandemi cara nyari idenya ya turun ke jalan, kayak jadi wartawan, berangkat bawa "karung" pulang penuh dengan ide.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaap benar sekali, Mas. Apapun bisa jadi ide tulisan sih yang penting bagaimana cara mengelolanya.
      Sayangnya sekarang sedang Pandemi, jadi ngga bisa turun ke jalan. saat Pandemi gini ya lebih baik memaksimalkan pencarian Ide di dunia maya

      Delete
  3. untuk saat ini tips nomer satu yang masih diterapkan dalam bentuk tulisan
    pengalaman hidup, yang lebih ke curhat aja sih sebenernya
    ehe

    selain itu, karena hobi saat ini masih nge gym, nulis juga tips-tips yang tentunya saja berdasarkan pengalaman gue sendiri.

    tapi bener juga sih yang tips terakhir
    setelah ini bakalan bongkar folder foto-foto
    siapa tau nemu ide tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling gampang sih memang pengalaman hidup sama foto. hihihi... kalau nulis pengalaman hidup atau curcol bisa keluar banget emosinya ya mas :D

      Delete
  4. Kalau riset itu enaknya dibuat buku aja Rie, hahaha.
    Kalau saya apapun bisa jadi ide, khususnya pengalaman hidup sih, dan kebanyakan memang menulis tentang diri saya sendiri :D

    Paling mudah dan simple dah kalau udah ngomongin diri sendiri, asal jangan ngomongin orang aja, *eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkk.. maapkan baru balas komennya. baru longgar untuk balas-balas.
      iya bener sih mbak kalau riset kebanyakan untuk buku. paling gampang curhat, emosinya langsung keluar semua. tapi biasanya ngomongin diri sendiri diselipin ghibah. hahah

      Delete
  5. Saya seringnya menulis idenya dari poin nomor 1 dan dua mbak.. kalau riset saya belum banyak lakukan kecuali untum tugas kampus mbak 😬 btw makasih ya mbak Ri sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Hanat, nyeritain pengalaman hidup tuh paling gampang deh... ide, emosi keluar sekaligus. hihi

      Delete
  6. Selama ini ga kepikiran kalau buka album foto bisa jadi ide buat tulisan nantinya. Tapi bener juga sih, saat liat foto2 itu pasti terbayang kenangannya, asal jangan lihat foto mantan aja wkwk ide malahan buyar tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho... justru biasanya kalau lihat foto mantan bisa jadi banyak ide tulisan loh. misalnya: "gagal move on setelah melihat foto mantan" hahha...

      Delete

Post a Comment