Tempat Nongkrong Asyik di Sentra UKM Merr Surabaya

9:58 AM




“Jadi kumpul di mana?”
Sebuah pesan yang dikirim ke Line grup membuat kami sempat bingung menentukan tempat dadakan. 
Sore itu, saya sudah janji dengan dua sahabat saya , Anggik dan Saki untuk bertemu. Pemilihan tempat ini tentu meleset dari rencana awal berbulan-bulan lalu. Anggik yang masih menemui temannya yang lain membuat kami memutuskan untuk mencari  tempat alternatif terdekat. Akhirnya kami memutuskan bertemu di Sentra UKM Merr karena tempat Anggik  bertemu temannya juga tak jauh dari sana.  

Sentra UKM Merr, Pusat oleh-oleh khas Surabaya (Surabaya Square)

Dari tepi jalan akan terilhat neon box besar bertuliskan Surabaya Square. Surabaya Square adalah tempat pusat oleh-oleh khas Surabaya yang kini tersebar sebanyak 10 lokasi di Surabaya –dan akan tambah dua lokasi lagi dalam waktu dekat-. Di Merr sendiri, bangunannya berdiri sejak tahun 2015. Terdiri dari empat lantai, berisi ribuan produk dari sekitar 200 UKM di Surabaya.
DI lantai satu, terdapat produk makanan dan minuman, kue kering, makanan kemasan, bumbu dapur hingga kerupuk mangrove mentah yang menjadi salah satu andalan oleh-oleh khas Surabaya

Aneka makanan kering yang tersusun rapi di etalase

Almond Crispy dan kerupuk mangrove mentah khas Surabaya

Sedang di lantai dua dan tiga pengunjung dimanjakan oleh berbagai macam produk fashion, seperti baju lukis, batik print, batik tulis, batik jumputan, aksesoris gelang, kalung, bross,  handicraft hingga produk kriya. Di lantai empat, terdapat kantor dan ruang rapat.

aneka produk fashion



Saya sempat berbincang dengan penjaga di sentra UKM ini, omset yang di dapat tiap bulannya cukup besar dan itu sangat membantu perekonomian para pelaku UKM di Surabaya. Pemkot Surabaya sangat mendukung para pelaku UKM di Surabaya. Masih bayak kesempatan untuk para pelaku UKM-surabaya dapat menitipkan produknya di tempat ini – tentunya setelah melalui seleksi dari Dinas Perdagangan.

Tempat Santai Asyik di Lahan Parkir Sentra UKM Merr


Selain sebagai tempat oleh-oleh, di Sentra UKM Merr juga terdapat tempat nongkrong yang asyik untuk berkumpul bersama teman, pacar atau keluarga .Terletak persis di sebelah gedung Surabaya Square, tempat nongkrong  ini menempati lahan yang sebelumnya digunakan sebagai tempat parkir Sentra UKM Merr.

 

Dengan konsep setengah terbuka, tempat yang cukup luas ini nyaman untuk bersantai dan mengobrol. Sore itu yang kebetulan hari Sabtu juga tampak sepi pengunjung, hanya beberapa anak remaja yang asyik bermain gawai di sudut tempat ini.

Ada fasilitas WiFi, terminal listrik alias colokan di setiap mejanya, full music pula. Ada tempat lesehan yang di salah satu dindingnya terdapat layar LCD. Jadi kalau kesini mau menggelar rapat dan presentasi sangat cocok sambil bersantai. tentunya tempat ini juga cocok buat menyendiri kalau lagi pengen kabur dari rutinitas. nongkrong, wifian atau sambil nulis juga mendukung banget. 




Karena tempatnya semi terbuka, hanya bantuan kipas angin besar yang membantu, beberapa saat masih terasa sumuk. Maklum akhir-akhir ini Surabaya sumuk sekali. Atau karena lampu-lampu kuning yang menggantung di langi-langit ya jadi membuat terasa panas?  
Di salah satu sisi juga terdapat beberapa quotes yang mempercantik nuansa tempat ini. Ada pula daun-daun artificial juga tampak menggantung di beberapa sudut.



Fasilitas:

  • -               Meja Kursi kayu
  • -         Terminal listrik
  • -         Wifi
  • -         LCD Proyektor
  • -         Soundsystem
  • -         Full Music
  • -         Wastafel
  • -         Kamar mand

Baca Juga: Ruang Tuang Tempat Ngopi di Blitar 

Dimsum Surabayan Yang Enak


Setelah berkeliling Sentra UKM dan mendapatkan minuman favorit saya, kami langsung mengambil posisi cantik di café sekaligus warkop ini. Karena hanya ada stand Dimsum dan Warkop, kami pun segera memesan menu Dimsum.

Minuman favorit di sentra UKM. Nyoklat Jelly. 


Sekitar 10 meit kemudian, pesanan kami tiba. Dua porsi siomay dan satu porsi pangsit sayur. Daaan asli uenak siomay plus pangsit sayurnya. 



Dalam sekejap siomay-siomay tersebut sudah pindah ke perut masing-masing.  Sembari cerita ngalor-ngidul karena jarang bersua. Iya, kami penganut LDF (long Distance Friendship) karena pekerjaan Anggik sebagai Vet di Sebuah Lab di Jawa Barat kami baru bisa berkumpul saat dia pulang ke Surabaya. sedang Saki, saat ini merintis karir di sebuah Startup makanan di Surabaya.

Karena  merasa kurang, akhirnya kami memesan lagi 3 porsi sebagai pendamping ngobrol yang masih panjang. Rasa daging ayam dan udangnya terasa sekali gurih dan nikmat. Nampol di lidah. Rasanya kurang melulu. heheh.... 



Dibanderol dengan harga 12.000 per porsi, harga tersebut menurut saya lebih murah dibanding tempat-tempat lain yang menjual dimsum serupa. Harganya cocok untuk keselamatan dompet menjelang akhir bulan buat pekerja serabutan macam saya. Wkwkwkw.... 

Oiya, di tempat ini jual juga kemasan bekunya seharga 9.000/porsi dengan minimal pembelian 5 porsi. Cocok buat makan-makan di rumah. 

Saat ini hanya ada menu dimsum, saya berharap akan ada makanan-makanan lain di sini, sehingga menunya bisa variatif dan bisa menjadi pilihan pengunjung. 

Agrita Full Team
Dari kiri : Agni (Anggik) , Raya (Saki) dan Laksita (saya)


Menurut keterangan pegawainya, di sini buka sampai jam 12 malam. Tempat  nongkrong yang baru dibuka sekitar februari ini cocok menjadi salah satu tempat menyepi, curhat dari yang receh sampai yang serius seperti yang  kami lakukan kemarin. Meski terkadang sedikit terganggu dengan suara kendaraan bermotor yang melintas. Dari jam 3 sore, kami memutuskan untuk mengakhiri obrolan tepat setelah adzan maghrib.

AKSES LOKASI 

Lokasi tempat ini mudah sekali ditemukan. Jika dari arah Wonokromo, lurus saja melewati Jagir , tinggal lurus aja sampe bosen ke perempatan besar Merr,kemudian belok kiri lurus sekitar 500m sampai menemukan neon box Surabaya Square. 
sedang dari arah Galaxy Mall juga tinggal lurus saja ke arah Merr nanti tinggal puter balik. 
atau kalau kesulitan bisa langsung minta petunjuk arah melalui google map.


Coba deh kalau kalian butuh tempat rapat atau diskusi di luar ruangan, bisa kesini pas suasana sepi. 

Sentra UKM MERR

Senin-kamis buka 08.00 – 20.00
Jumat-Minggu buka 08.00-17.00
Untuk café/ warkop buka sampai jam 12 malam
Jl. Ir. H. Soekarno No. 11
Instagram: surabayasquare


*maapkeun postingan kali  ini kebanyakan foto. soalnya bingung milih foto yang mana aja. hehehe.. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah tempat nongkrong di Sentra UKM Merr ramah millenial ya, ada WIFi dan colokan di tiap mejanya. heheh

    ReplyDelete