Cara Menggunakan Panci Presto

07.38



Bagi orang yang awam dapur seperti saya, belajar mengenali dan menggunakan alat-alat dapur itu merupakan hal yang gampang-gampang susah. Banyak macemnya. Seperti halnya panci, saya sebelumnya belum pernah menggunakan yang namanya panci presto. Apa sih panci presto itu? Saya bertanya-tanya karena biasanya cuma terima jadi aja makan hasil olahannya seperti Ayam Presto, Bandeng Presto, Bebek Presto. Nah, dalam ulasan kali ini mari berkenalan dengan panci presto dan cara menggunakannya.

Apa itu Panci Presto?

Panci Presto merupakan panci yang digunakan untuk memasak bahan-bahan makanan (terutama ikan dan daging) dengan tekanan tinggi sehingga masakan lebih cepat empuk namun rasa tetap terjaga. Panci presto dikenal juga dengan sebutan preassure cooker.

Manfaat Menggunakan Panci Presto

·         Ikan/daging/masakan yang dimasak jadi lebih cepat empuk
·         Tidak menghilangkan kandungan gizi
·         Hemat energy
·         Anti karat karena terbuat dari stainless steel’

Cara menggunakan panci presto

1. Siapkan panci ptresto yang akan digunakan, buka tutupnya dengan cara menggeser pegangan pada tutup ke arah yang berlawanan dengan jarum jam lalu angkat, kemudian isilah dengan bahan masakan yang diikuti dengan memasukkan air.
2.Setelah bahan makanan dan air dimasukkan ke dalam panci maka tutuplah kembali dengan memutar pegangan pada tutup panci searah dengan jarum jam sehingga letak pegangan tutup sejajar dengan pegangan pada badan panci, 
3.Tunggulah beberapa saat sampai air yang di dalam panci mendidih yang ditandai dengan keluarnya suara desis panjang dari katup yang berada di atas tutup, kemudian kecilkanlah api agar masakan dapat matang dengan merata dan lunak. Saat inilah waktu memasak mulai dihitung.
4.Ikutilah petunjuk cara memasak dari koki atau resep untuk menentukan waktu memasak, perlu diperhatikan pula bahwa air yang ada di dalam panci jangan sampai habis karena selain membuat masakan menjadi gosong juga dapat merusak panci.
5.Apabila massakan sudah matang maka matikanlah api lalu diamkan kira-kira 5menit. Kemudian miringkan katup yang besar yang berada di tengah-tengah panci sehingga bandul kecil turun ke posisi yang semula. Apabila anda yakin sudah tidak ada lagi uap yang keluar dan desis menghilang maka tutup panci presto dapat dibuka untuk kemudian dikeluarkan isinya.

Catatan

· Jangan membuka tutup panci sebelum mengeluarkan sisa uap dari dalam panci karena uap yang bertekanan dan sangat panas akan menyembur keluar yang dapat membahayakan kita.
· Apabila masakan tidak matang dengan sempurna maka proses memasak dapat diulang dengan menutup panci dan meletakkannya dia atas nyala api dan memulai semuanya dari awal.  


You Might Also Like

0 komentar