Faktor Eksternal dan Internal Penyebab bau mulut

by - 23.46

image source: pinterest


Sering berinteraksi dengan banyak orang alias serin mengobrol, membuat kita harus menjaga penampilan di depan banyak orang. Terutama berkaitan dengan kebersihan mulut. Seringkali, kita tidak sadar bahwa mulut kita mengalami permasalahan yang sangat krusial yaitu bau mulut.
Bau mulut menjadi masalah menyebalkan, terutama di bulan puasa. Namun ternyata, ada hal-hal yang menyebabkan bau mulut yang perlu kita ketahui. Ada dua jenis penyebab bau mulut yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor  Eksternal:

Faktor eksetrnal berasal dari luar tubuh, yang dapat menyebabkan bau mulut. Seringnya adalah hal yang tanpa sadar dekat dengan kita.

1.       Jarang menggosok gigi

Jarang menggosok gigi merupakan faktor paling umum yang dapat mempengaruhi terbentuknya bau mulut. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kuman yang menempel di gigi dan gusi karena membusuknya sisa-sia makanan.

2.       Mengkonsumsi Makanan berbau tajam

Makanan berbau tajam juga menjadi penyebab bau mulut. Makanan berbau tajam menyisakan aroma dalam mulut yang kemudian mengendap. Setelah mengkonsumsi makanan berbau tajam, ada baiknya berkumur atau sikat gigi. Makanan berbau tajam ini seperti bawang putih dan Durian.

3.       Terlalu sering makan makanan manis

Makanan serba manis memang sangat menggoda untuk disantap. Namun makanan manis menimbulkan dampak buruk pada mulut. Selain menyebbkan gigi berlubang, juga menjadi penyebab munculnya bau mulut. Sisa-sisa rasa manis di mulut menjadi sarang bakteri.

4.       Minum Alkohol

Alkohol juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Karena bau alcohol yang menyengat. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan mulut menjadi kering.  

5.       Merokok

Setiap perokok selalu meninggalkan bau mulut yang khas, yaitu bau tembakau. Hal ini karena asap rokok masuk ke dalam mulut saat dihisap dan meninggalkan bekas di mulut.

Faktor internal:

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut, bisa jadi menjadi tanda bahwa di tubuh kita terdapat beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat menyebabkan munculnya bau mulut.

1.       Menderita asam lambung kronis

2.       Infeksi bakteri H. Pylori

3.       Penyakit gusi

4.       Gangguan autoimun

5.       Memiliki riwayat penyakit liver atau ginjal

6.       Penderita diabetes


Cobalah untuk selalu membersihkan mulut dan gigi setelah mengkonsumsi sesuatu. Jika cara sederhana menjaga kesehatan mulut tidak dapat menghilangkan bau mulut, segeralah konsultasi ke dokter untuk melakukan serangkaian tes kesehatan.


You May Also Like

0 komentar