Pandangan Tentang Sikat Gigi saat Puasa

7:42 PM

Image Source: Pinterest



Memasukkan sesuatu ke dalam mulut saat puasa menjadi salah satu hal yang dapat membatalkan puasa. Namun apakah menyikat gigi saat berpuasa juga dapat membatalkan puasa? Banyak pendapat tentang boleh atau tidaknya menyikat gigi saat di bulan puasa.

Setiap orang memiliki kepercayaannya sendiri tentang sikat gigi saat puasa. Ada yang bilang boleh menyikat gigi saat pagi hari, ada yang bilang tidak boleh. Menyikat gigi saat bulan puasa harus menjadi perhatian, karena menyangkut kebersihan diri juga kan, apalgi kalau sudah memasuki siang hari, biasanya mulut akan terasa pahit dan kadang menimbulkan bau mulut.

Saya Sendiri meyakini sikat gigi di pagi hari (setelah matahari terbit) itu tidak boleh karena sudah memasuki waktu puasa. Sehingga saya biasa memilih menyikat gigi setelah sahur dan mendekati waktu imsak .

Ketika berpuasa, pada siang hari, jika mulut terasa pahit, hal ini dikarenakan tidak adanya aktivitas dalam mulut kita. Jika sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi mulut,  kita bisa berkumur saat berwudhu menjelang  sholat dzuhur, namun tetap diperhatikan jangan sampai tertelan. Dan juga kumurnya cukup 3 kali saja, jangan dilebihkan nanti puasanya malah batal :D   

Selain itu, menyikat gigi saat berpuasa di  pagi hari (ketika matahari terbit) , dapat menghilangkan bau mulut. Padahal ada sebuah hadist yang menyatakan:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.”  (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151).
Artinya, bau mulut orang berpuasa bagi Allah SWT merupakan bau harum karena di dalamnya mengandung ibadah.  Selain itu, sesuatu yang tidak nikmat di dunia, kelak akan dibalas Allah SWT dengan kenikmatan yang tiada tara.

Nah buat teman-teman  yang masih bingung saat puasa ingin melakukan sikat gigi atau tidak, lebih baik membaca dahulu referensi dari beberapa hadist yang mendukungnya. Selebihnya, serahkan kepercayaan pada Allah SWT tentang ibadah puasa kita. Semoga kita semua dapat menjaga kebersihan badan dan mulut saat bulan puasa seperti ini.

You Might Also Like

0 comments