Resep Nasi Goreng Saus Lada Hitam plus Pete

by - 04.04






Tantangan hari kelima dari Blogger Perempuan masih bertema masak-masakan. Pilihannya Nasi Goreng, opor ayam, dan cara membuat cilok. Dari ketiga menu tersebut, cuma nasi goreng yang saya kuasai. Heheh.. opor Ayam belum pernah masak, cilok pernah nyoba bikin tapi gagal. kemarin saya memilih menulis resep soto, kali ini saya memilih menulis resep nasi goreng. 

Nasi goreng, siapa sing yang nggak kenal nasi goreng? Masakan asli Indonesia yang hampir bisa dimasak oleh setiap orang. Mulai dari yang paling enak sampai yang ala kadarnya alias pokok e dadi. Dijual mulai kelas bintang lima sampai kelas kaki lima.  Nasi Goreng menjadi menu masak darurat di rumah-rumah di saat tidak ada lauk atau malas memasak yang lain.

Nasi goreng sendiri merupakan makanan favorit kedua saya setelah bakso. Jadi sejak kecil kalau ibu lagi nggak masak, beliau selalu belikan bakso atau langsung buat nasi goreng. Maka nggak heran kalau pipi saya dulu kayak bakso :D. nasi goreng buatan ibu, menjadi rebutan sama kakak sewaktu kecil. Rebutan piring dulu-duluan diambilkan ibu.

Kali ini saya akan share resep nasi goreng Saus Lada Hitam ala saya. Menu praktis variasi nasi goreng yang biasa saya masak. Selain itu, kadang saya juga pernah nyoba buat variasi lain  seperti nasi goreng bumbu kare, nasi goreng bumbu rawon dan nasi goreng bumbu gulai. Lain kali akan saya tuliskan resepnya di postingan lain :D . Kalau nasi goreng bumbu gulai, rasanya jadi mirip-mirip nasi kebuli gitu.


Bahan-bahan:

1 lonjor pete kupas
6 centong nasi
1 butir telur

Tambahan opsional

Ayam cincang/sosis
Tauge
Jagung

Bumbu

6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sachet saus lada hitam (merk Saori)
¼ sdt lada hitam bubuk

Cara memasak:

1.       Kupas pete, belah jadi dua kemudian goring sebentar
2.       Uleg bawang putih, bawang merah, garam, dan lada hitam, kemudian tumis sampai harum.
3.       Tambahkan bahan pelengkap seperti ayam cincang, sosis, dan tauge (bisa skip jika tidak ada)
4.       Masukkan nasi, pete dan 1 sachet saus lada hitam. Aduk sampai tercampur merata
5.       Kocok telur, kemudian campurkan dalam nasi
6.       Aduk sampai merata dan telur terlihat matang
7.       Matikan kompor, nasi goreng saus lada hitam siap disajikan.  Jika ingin tampilan cantik, bisa dicetak dalam mangkok kecil kemudian diberi hiasan bagian atasnya.

Baca juga: Resep Oreo Cheese Cake Lumer 


Nah, mudah bukan membuat Nasi Goreng saus Lada Hitam? Bagaimanapun, nasi goreng adalah menu darurat di rumah-rumah, penjual nasi goreng pun cukup mudah ditemukan hamper di seluruh kota di Indonesia.

Bahkan kalau tengah malam kelaparan dan malas untuk keluar rumah, saya memilih untuk membuat nasi goreng. Tidak selalu menggunakan lada hitam, `cukup dengan bahan seadanya di lemari penyimpanan saja.

Oiya, resep nasi goreng sasus lada hitam ini juga sudah pernah saya share di akun cookpad saya. Bisa cek di sini untuk resepnya.

Resep Nasi goreng Saus Lada Hitam bisa jadi salah satu referensi varian nasi goreng.  Kalau Nasi Goreng versi kalian bagaimana?


saat nulis  postingan ini diwarnai sedikit drama. wkwkkwwk.. Tulisan pertama pas udah kelar, tinggal save eh tiba-tiba word stop working dan tulisan langsung hilang. Padahal biasanya masih muncul autosavenya. Sungguh cobaan orang berpuasa. hihihi.. maaf sedikit curhat gak penting. 

You May Also Like

4 komentar

  1. Wah enak banget tuh ya Mbak nasi gorengnya. Terima kasih atas resepnya.

    BalasHapus
  2. Mau coba ah pankapan. Aku penggemar berat nasi goreng hehe

    BalasHapus