Pengalaman Mengatasi Asam Lambung (GERD) yang Sering Kambuh

Pengalaman-mengatasi-asam-lambung

Mengatasi Asam Lambung (GERD) - Sekitar awal tahun 2018 lalu, saya memiliki masalah yang cukup serius dengan lambung. Dokter mendiagnosis karena Maag dan GERD (asam lambung). Sebenarnya bukan tanpa alasan saya mempunyai maagGara-gara jaman kuliah saya sering telat makan, sering mengkonsumsi kopi untuk menemani begadang  mengerjakan deadline tugas-tugas yang menumpuk. Sampai akhirnya kebiasaan minum kopi, makan pedes dan telat makan membawa saya pada maag.  

Tahun 2017 saya juga sering begadang untuk mengerjakan orderan hingga asam lambung naik namun masih sering saya abaikan, membuat tubuh saya akhirnya  nggak karuan. Dokter yang saya temui malah mengatakan GERD saya masuk kategori menengah. Wah, waktu itu saya stress berbulan-bulan mikir hal tersebut. 
Dua bulan lebih bolak-balik ke dokter nggak kunjung sembuh. Hanya menambah-nambahi daftar obat yang terpaksa harus saya telan setiap harinya. Berkali-kali diberi obat bisa meredakan, namun ketika obat habis eh balik lagi kambuh. 
hal tersebut berulang terus. Malahan dokter sempat menyarankan rawat inap karena takut kekurangan nutrisi.  Tapi saya nggak mau, memilih diberi obat (yaa.. selain karena nggak mau tidur di rumah sakit, saya takut jarum suntik. wkwkwkw). 
Berbagai saran dokter sudah dilakoni mulai nggak makan pedes, asem, makan sedikit-sedikit tapi sering (3-4 jam sekali). Tapi tetep saja perut terasa nggak nyaman. 

Gejala Asam Lambung (GERD) yang saya alami:

-perut atas bagian tengah kalau ditekan sakit
- dada terasa sesak
- rasa panas di dada naik sampai ke kerongkongan dan mulut (heartburn
- perut perih
- kepala pusing
- mual-mual tapi tidak mengeluarkan cairan
- kontipasi/diare
- mata kunang-kunang
- keringat dingin
- nafsu makan berkurang 
- kadang pinggang sakit


kala itu mau makan rasanya nggak enak, minum nggak enak, kebanyakan malah balik lagi alias mutah. Ditambah badan lama-lama makin kurus (lebih kurus dari sekarang) seingat saya berat badan pernah berada di angka 35kg waktu itu. Sekarang, walaupun kata orang  kurus masih berada di  angka 40an. 
Kalau sudah kambuh perut bisa melilit-lilit sampai gemetaran. Dada panas hingga ke tenggorokan,  sampai kadang sesak (heartburn) . Belum lagi keringat dingin, mata berkunang-kunang. Selain itu, saya juga mengalami kontipasi berhari—hari. Kadang juga tiba-tiba diare. Oiya, kalau lagi buang air besar (mohon maaf) warna pup bisa sampai putih yang menandakan bahwa perut tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

hal tersebut juga mempengaruhi siklus menstruasi dan masalah pada kulit wajah yang cukup serius. Hampir setengah tahun muka lebih kusam, breakout parah, jerawatan di mana-mana, bruntusan yang nggak hilang-hilang. Saya sudah mencoba segala macam sabun dan skincare tetap nggak ada perubahan.

Akhirnya... saya lelah. Setelah saya browsing sana-sini saya coba alternatif untuk mengatasi lambung yang bermasalah tersebut. Sembari mengurangi obat-obatan dari dokter ketika mulai membaik.

Ini yang saya lakukan untuk mengatasi asam lambung yang sering kambuh:

jamu-kunir-untuk-asam-lambung


1. Minum Jamu Kunyit Hangat 

Tiap pagi saya minum jamu kunyit (tanpa asam) hangat sebelum makan (saat perut masih kosong). Kunyit mengadung curcuma, yang dipercaya sebagai zat antioksidan dan antiradang. 
Jamu kunyitnya saya beli di pasar tiap pagi, berhubung sudah langganan, setiap pagi  jamunya masih hangat (tapi kalau beli jamu gini harus bener-bener dicek, penjualnya pakai pemanis buatan atau gula asli) paling aman sih buat sendiri. Saya melakukan ini secara rutin selama beberapa bulan. 
Karena saya merasakan manfaatnya akhirnya keterusan sampai sekarang setiap hari minum kunyit dan alhamdulillah asam lambung jarang kambuh. 


*kondisi perut orang berbeda-beda, kalau misal perut tidak bisa menerima, jangan dipaksakan* 
Menurut sumber yang saya baca, kandungan kurkuma dari kunyit juga dapat memperbaiki dinding lambung yang rusak karena asam lambung. 

2. MAKAN BUAH PISANG

Buah pisang ini paling aman untuk penderita lambung karena mengandung kalium yang baik untuk memperbaiki struktur lambung. Biasanya saya konsumsi pisang kepok, bisa direbus atau dimakan langsung. bisa dibuat sebagai camilan. 

3. Konsumsi Buah-buahan berserat

Banyak makan makan berserat pilihan yang baik untuk penderita asam lambung. Selain pisang, saya juga mengkonsumsi pepaya untuk melancarkan pencernaan. 

4. Patuh pantangan

hal paling penting dalam masa penyembuhan adalah patuhi pantangan. makanan Pedas, asam, dan terlalu asin juga hindari dulu. Selama 3 bulanan itu  saya sama sekali nggak makan pedes atau asem.
Sampai sekarang, saya nggak berani lagi makan makanan yang sangat pedas. Jika ingin sedikit rasa lombok, saya biasa menggunakan cabai merah yang tingkat kepedasannya tidak terlalu.  

5. Banyak minum air putih, air hangat dan air madu asli

STOP Total segala jenis caffein saat masa penyembuhan. Baik itu teh, atau kopi. Lebih baik minum air hangat campur madu asli.orang dengan asam lambung, disarankan banyak minum air putih. 

6. Makan 3-4 jam sekali

Makan dengan porsi sedikit tapi sering sqangat dianjurkan. Makan nasi dengann tekstur lembek. Jangan makan bubur. Karena enzim yang dihazilkan oleh air liur saat mengunyah sangat diperlukan untuk proses pencernaan. Kalau nggak laper-laper banget bisa diganti kue basah, bukan gorengan.

7 manajemen Stress

Manajemen Stress adalah hal yang paling penting. Stress atau banyak pikiran menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. kurangi pikiran yang berlebih, lepaskan perlahan. 

8. Menerapkan pola hidup sehat

menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga, makan teratur , tidur yang cukup dan kurangi begadang, lebih banyak makan sayur. 

Makanan dan hal yang harus dihindari bagi penderita asam lambung: 

1. Makanan Pedas dan gorengan
2. Makanan Asam 
3. Soda
3. Caffein
4. Buah yang asam 
5. Gula yang terlalu banyak 
6. Bakso (karena biasanya mengandung pengenyal buatan) 
7. daging-dagingan
7. Kurangi Browsing tentang efek/akibat penyakit asam lambung (ini malah bikin Stress). 
8. kurangi begadang, alkohol atau rokok

Perlahan, maag dan asam lambung jarang kambuh. Sejak jarang kambuh, muka juga nggak breakout, beruntusan dan jerawat ilang. Saat itu saya juga terbantu dengan masker bedak dingin yang mempercepat kempesnya jerawat di muka. Masker bedak dinginnya buat sendiri dan cara pembuatannya juga cukup mudah. 
NAH, itu tadi pengalaman saya saat berusaha mengatasi maag dan naiknya asam lambung. Pada kenyataannya penderita maag dan asam lambung tidak akan benar-benar sembuh. Yang terpenting adalah bagaimana cara  mengelola stress dan menjalani pola hidup sehat agar tidak gampang kambuh. 😁😁😁
Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

114 comments

  1. Sehat selalu ya mbak. Oh ya, sama aku sekarang lagi doyan minum air hangat hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..saya kena gerd sejak februari..smp skrg msh sering kambuh..kemarin saya beli ikan gindara..rupanya ikan itu sdh fi beri asam/cuka/jeruk..entah apa..yg membuat lambunf saya sblh kanan sakit lagi..akhirnya gerd kumat..saya mnm obat dokter..lansoprazole.sulcrafate dan di tambah rebamifide..ke dokter nambah 1 obat lagi..tp ya sdh..sy menyikapi dgn syukur dan berserah..saya makan teratur..makan buah pepaya..tp ga bs pisang..saya tidur teratur..dan berusaha mengelola stress di kantor..tp msh kambuh..saya prnh coba mnm kunyit..tp malah kembung..ya gitu deh...tp sy menyikapi dgn syukur dan berserah..obat2an ttp saya mnm..anehnya..asam lambung saya rasanya menekan punggung..dan ga merasa heartburn..dokter saya blg..saya bkn gerd..tp yg naik ke punggung smp hidung sy mampet..smp bahu kanan saya ketekan spt di tekan batu 10 kg itu apa? Begitu sy baca cerita mba..gerd ada tingkatannya ya..sya baru tau..kita tau drmn tingkatan2 gerd..klo browsing malas deh..berita2nya serem2...jd sy ga browsing2..cm klo mau makan aj..suka browsing..sayur apa yg boleh..buah apa yg aman..ya gitu mba.sekali lagi sy mo tny..drmn kita tau tingkatan2 gerd..sbb dokter sy ga info..
      Terimakasih

      Delete
    2. saya pernah spt itu mbak..pas di usg batu empedu..sakit sebelah kanan sampai ke punggung sebelah kanan..

      Delete
    3. Lebih baik dicheck up aja usg abdoment aja kalo berdasarkan ciri2 dari mbknya yg sebut tadi sampe ke punggung mbk nya kyk penderita batu empedu krn saya jg begitu,selain gerd saya jg ada batu empedu ,semoga bermanfaat

      Delete
  2. Rasa sakit yang di rasain sama bnget sm yang skrng ini aku rasain,
    Doain aku ya ka, semoga aku bisa cepat sembuh, atau seenggaknya ngurangin rasa sakitnya itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Cepet sembuuh kak,,, intinya jaga pola makan dan jangan stress. Kunci utama asam lambung ada di dua hal tersebut. harus jaga pola makan yang banget

      Delete
  3. Berrti ga boleh mkn lauk yg digoreng ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan jangan dulu sebelum kondisi membaik, makan yang direbus atau dikukus saja.

      Delete
  4. Thanks sharingnya mba. Ada tips untuk mengatasi kecemasannya ga mba? Pikiran saya jadi ngelantur kemana-mana atau merasa takut gara-gara GERD ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama punya gerd & anxiety (asam lambung dan kecemasan berlebih yg sangat" bikin takut) saran saya kelola pikiran buruk/perasaan buruk tsb, dgn sugesti yg baik" seperti ketika sedang kambuh coba dgn tarik napas dan buang napas ulangi 3x dan katakan sugesti yg baik seperti : (saya sehat, saya kuat, saya tenang, saya nyaman saya bahagia) ulangi kata" itu 10x ketika kmu merasa cemas dan ketika kmu takut untuk melakukan aktivitas, seperti akan mulai bekerja, sholat, mandi, mau tidur dan apapun itu ..
      Dan jgn lupa saran yg lainnya
      1. Jaga pola makan
      2. Jaga pola tidur
      3. Olahraga setidaknya 15 mnit hanya berjalan kaki biasa misalnya di belakang rmh klo misal takut untuk keluar rmh. Dgn pemanasan dan pendnginan paling menghabiskan waktu 20-25mnt
      4. Coba yoga & meditasi untuk mehilangkan cemas n stress (biasanya sudah banyak videonya di youtube)
      Rutin kan itu semua yaa

      Saya tidak minum obat apapun, saya menghentikan pengobatan kurang _+ 2 minggu dr awal nov - pertengahan nov21, tetapi tidak kunjung sembuh,, bolak" balik rs pun cm bakal nambah komsusi obat benar kata ka rie (jadi saran saya stop cemas)
      Setelah itu saya fokus dgn mengubah pola hidup yg sehat yg saya jelaskan diatas tadi, dan alhamdulilah 1 bulan ini saya udh enak makan n sehat lagi. Sesekali kambuh gpp itu biasa jgn menyerah terus semangat dan terapkan sugesti yg baik" dlm diri.

      Ohh iyaa
      Dulu dari dokter jg sempat dikasih vit b complek yg vit c nya 500mg tp selalu menimbulkan perih dibagian perut sehingga saya takut minumnya. Akhirnya cm 1 x minum dan tdk diteruskan.
      Dan setelah itu untuk menjaga nutrisi saya minum vit c isap yg ipi yg cm 50mg sehari bisa 3 - 4x sesudah makan, dan sesekali saya minum susu beruang 1 minggu 2-3 kaleng,
      Semoga membantu🙏

      Delete
    2. Saya juga sama punya gerd & anxiety (asam lambung dan kecemasan berlebih yg sangat" bikin takut) saran saya kelola pikiran buruk/perasaan buruk tsb, dgn sugesti yg baik" seperti ketika sedang kambuh coba dgn tarik napas dan buang napas ulangi 3x dan katakan sugesti yg baik seperti : (saya sehat, saya kuat, saya tenang, saya nyaman saya bahagia) ulangi kata" itu 10x ketika kmu merasa cemas dan ketika kmu takut untuk melakukan aktivitas, seperti akan mulai bekerja, sholat, mandi, mau tidur dan apapun itu ..
      Dan jgn lupa saran yg lainnya
      1. Jaga pola makan
      2. Jaga pola tidur
      3. Olahraga setidaknya 15 mnit hanya berjalan kaki biasa misalnya di belakang rmh klo misal takut untuk keluar rmh. Dgn pemanasan dan pendnginan paling menghabiskan waktu 20-25mnt
      4. Coba yoga & meditasi untuk mehilangkan cemas n stress (biasanya sudah banyak videonya di youtube)
      Rutin kan itu semua yaa

      Saya tidak minum obat apapun, saya menghentikan pengobatan kurang _+ 2 minggu dr awal nov - pertengahan nov21, tetapi tidak kunjung sembuh,, bolak" balik rs pun cm bakal nambah komsusi obat benar kata ka rie (jadi saran saya stop cemas)
      Setelah itu saya fokus dgn mengubah pola hidup yg sehat yg saya jelaskan diatas tadi, dan alhamdulilah 1 bulan ini saya udh enak makan n sehat lagi. Sesekali kambuh gpp itu biasa jgn menyerah terus semangat dan terapkan sugesti yg baik" dlm diri.

      Ohh iyaa
      Dulu dari dokter jg sempat dikasih vit b complek yg vit c nya 500mg tp selalu menimbulkan perih dibagian perut sehingga saya takut minumnya. Akhirnya cm 1 x minum dan tdk diteruskan.
      Dan setelah itu untuk menjaga nutrisi saya minum vit c isap yg ipi yg cm 50mg sehari bisa 3 - 4x sesudah makan, dan sesekali saya minum susu beruang 1 minggu 2-3 kaleng,
      Semoga membantu🙏

      Delete
    3. Terima kasih, Kak Nhayani tipsnya... Semoga juga ikut membantu teman-teman yang membaca ini. Yang sedang berjuang melawan Asam lambung.

      Iya kak, pola pikir dan cemas berlebihan yang bikin susah sembuh. Saya juga sesekali kambuh kalau sedang banyak pikiran.

      Delete
  5. Thanks sharingnya mba. Ada tips untuk mengurangi anxiety ga mba? Pikiran saya ngelantur kemana-mana (hal negatif) gara-gara GERD ini dan jadi pikiran terus tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak melakukan kegiatan, kalau pikiran disibukkan dengan kegiatan biasanya berkurang. Tapi dulu saya juga susah sih, mesti kepikiran terus gara2 GERD itu. Akhirnya saya coba sugesti diri sendiri, s"pasti sembuh, saya harus sembuh" jadi pikiran saya fokus ke kesembuhan.

      Delete
  6. Saya sebulan lebih berjuang melawan asamlambung ini...
    Alhamdulillah sedang masa pemulihan gizi,bb saya turun 4 kg.
    Mengkontrol emosi dan pikiran yg sulit buat saya..😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak emosi dan pikiran ini saya juga sulit. kalau sedang stress suka kambuh asam lambunnya

      Delete
  7. Kalo masih konsumsi obat dokter (sucralfate) boleh gak ya mbak konsumsi kunyit ??

    ReplyDelete
  8. Kalau konsumsi obat dokter dihentikan dulu baru pindab ke kunyit. Atau bisa dijedakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo kak, maaf baru jawab. Untuk awal-awal dulu saya konsumsi keduanya. Dengan jarak waktu konsumsi dijeda minimal 1 jam.
      sekitar 1 bulan kemudian ketika kondisi membaik bisa dikurangi konsumsi obat dokternya.

      Delete
    2. Berapa lama kak konsumsi obat dokter?

      Delete
    3. Kurang lebih 5 bulanan kak, setelah rutin minum kunyit dan ngerasa membaik saya mulai pelan-pelan ngurangi konsumsi obat dokter. cuma multivitamin aja yang rutin

      Delete
    4. Dulu apa aja obat dr dokter ka? Kk ada mengalami perut panas gak?

      Delete
    5. rata-rata obat generik kak, Hufamag, Rosidon, ranitidin, Inpepsa, sebagian saya sudah lupa.. ada multivitamin juga

      Delete
    6. Gmna kak sekarang kondisinya

      Delete
  9. Untuk minum kunyitnya dikasih madu g ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas kak. Madu juga bagus untuk GERD. Untuk kunyit saya biasanya minum tanpa madu

      Delete
    2. Apa yang kakak rasain ketika asam lambung kakak naik?
      Apakah sampai tembus ke punggung belakang dan merasakan pusing dikepala?

      Delete
    3. Wah iya kak, kalau dulu pas lagi parah-parahnya itu dari perut depan tembus ke belakang, punggung, pinggang sampai kaki juga ikut gemetar. Sering pusing, mual, mulut pahit juga.

      Delete
    4. Minta doanya ya kak agar saya juga cepet sembuh seperti kakak , karna g nyaman banget kak buat saya . Sampai saya harus tdak bekerja selama 3 bulan terakhir ini ..

      Delete
    5. aamiiin... amiiin... Semoga lekas membaik kak. Memang nggak nyaman banget. Coba dirutinkan minum kunyit , air madu. Kurangi makan-makanan pedas, caffein dll itu kak,

      Delete
  10. Hai kak salam kenal. apa yg kakak rasakan saat gerd sampai sesak yg lumayan sering? berapa lama ka untuk sesaknya? untuk obat dokternya apakah Obat Inpepsa? manajemen stress saya memang sedang kacau ditambah lg pandemi seperti ini jadi mikir aneh2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, salam kenal juga.
      Dulu saya mengalami sesak saat asam lambung naik ke kerongkongan. Dada seperti terbakar, mulut rasanya pahit.

      Untuk obat dokter salah satu yang diberikan memang Inpepsa, ada Rosidon untuk mengatasi mual mutahnya juga. Ada lagi Ranitidin juga pernah diberikan (sepertinya sekarang sudah ditarik izin edarnya)

      Memang kalau sedang banyak pikiran susah banget mengendalikan kak. Tapi itu yang jadi pemicu utama Asam lambung susah reda.

      Semoga sehat selalu ya, kak!! 🥰🥰

      Delete
    2. Kak kalo boleh tau jika sedang kambuh mengalami sesak nya hingga berapa hari?
      sempat suntik lambung tidak kak?

      Delete
    3. ndak mesti sih kak, sesaknya tibul tenggelam. Pas dulu masih parah ya tiap hari ngerasa sesak.
      Alhamdulilah, tidak sampai suntik lambung, dan sebagainya kak.

      Delete
    4. Halo kak, skr sy dlm tahap pengobatan, kok bab kadang lembek dan cair? Sendawa terus menerus dan perut kencang dan berbunyi ? Apa itu gerd juga ya

      Delete
  11. Assalamualaikum...salam kenal ya dek...terimakasih share pengalamanya bagus untuk yg sedang mengalaminya...saya juga mengalami yg anda rasakan...boleh tanya...kl kunyit hangat bisa dari serbuk kunyit yg di seduh air panas, minumnya berapa kali dan kapan...apakah kondisi perut kosong...? Terimakasih sebelumnya atas jawabanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, kak. Terima kasih juga sudah berkenan membaca. Maaf, tapi saya belum pernah menggunakan serbuk kunyit. Tapi kalau kakak ingin mencoba, bisa mencoba sedikit dulu lalu rasakan ada efek samping atau tidak. Karena khawatirnya serbuk kunyit yang dijual di pasaran mengandung pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya.
      Kalau saya lebih baik membuat sendiri karena lebih aman dan higienis. biasa minum selagi hangat, sebelum makan (saat kondisi perut kosong) bisa minum sedikit-sedikit. kalau saya biasanya 1-2 kali sehari.

      Delete
    2. Kak, cara buat minuman kunyitnya gimana kak?
      Biar bisa say buat sendiri

      Btw. Kakak dulu sempat merasa sakit dipunggung yg GK ilang2 kak ?

      Sebelumnya makasih yh kak

      Delete
    3. Kalau buat sendiri bisa ditumbuk/diparut/diblender dulu kunyit ya. Setelah itu diperas dengan air matang. Kemudian direbus dengan gula batu/gula biasa juga boleh tapi jangan terlalu banyak.

      Iya kak,, kalau sakit di punggung bisa minum air putih yang cukup, air hangat ditambah madu juga bisa.

      Delete
  12. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  13. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  14. Kak saya merasakan yang kaka rasakan kira2 sembuhnya berapa lama ya??

    ReplyDelete
  15. Kak boleh minta nomor Wa-nya nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg punya gred dgn madu fresmagh alhamdullah tratasi

      Delete
  16. Kamu total sakit gerd berapa lama kak sampai sembuh total? Aku jalan 2 bulan nih sakitnya 😞. Pikiran jelek selalu nongol di sore hari 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu tahun baru bisa lepas kak...
      Iya, memang seperti itu. Semakin pikiran buruk nongol, semakin susah sembuhnya. Usahakan jangan banyak pikiran ya kak..

      Delete
  17. Ya allah... pengalamannya byk yang sama, GERD saya kambuh seminggu ini, sdh d beri obat dokter, tp msh ga berubah, sesak klw nafas, perut kembung ,punggung sakit dan spt ada yg mengganjal d kerongkomgan. Semoga sy bisa sembuh dr sakit ini. Oiya mau tnya, air kunyit hangat nya dr kunyit biasa atau dr biang kunyit kak ? Sehari 1x aja ya atw gmn ? Dicampur madu gpp kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..amiin ya Allah. Semoga lekas membaik kak ❤️
      Kunyit biasa bisa kak, biang kunyit juga bisa. Iyaa bisa dicampur madu (yang Asli yaa.. bukan madu kemasan)
      Selain kunyit juga bisa air madu hangat saja.. banyak makan buah yang manis.

      Delete
  18. Waktu kena gerd, apa aktivitas seperti biasa mbk? Soalnya klo kayak saya badan tuch kayak lemes, pusing mual, dada GK enak. Mo aktivitas tuch bawaannya parno. Takut sesak, takut pingsan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar. Awal-awal memang begitu, kak. Lemes,pusing, mual, sesak. Coba dibuat kegiatan yang ringan seperti jalan kaki dan kegiatan yang nggak perlu angkat2 beban berat. Cukup minum air putih, bisa diimbangi dengan minum air hangat campur madu. Yang penting badan tetap masuk asupan nutrisi supaya nggak tambah lemas.

      Delete
  19. itu juga sedang ngrasain keluhan seperti itu kak sidah berbulan bulan rasanya menyiksa,kalo pola makan saya sudah jaga tapi kalo pola pikir masih susah banget dikendalikan astagfirullooooh susahnya... sekarang apa kakak sudah sembuh dari gerd ini kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah iya kak, point' pentingnya sih di pola pikir. Ini di saya ngaruh banget. Kalau lagi banyak pikiran bisa kambuh. Alhamdulillah sekarang sudah membaik, kambuh kalau pas lagi sumpek banyak pikiran.

      Delete
  20. Hallo ka.
    Aku saat ini kena gerd,dan lagi sering kambuh. Apakah kaka juga merasakan, tiap malam mau tidur, tiba2 batuk dan di tenggorokan terasa gatel seperti ada yang mengganjal, lama2 kelamaan dada terasa sesak, tapi ngga berlangsung lama. Kurang lebih 2 jam an. Ntar tiba2 membaik sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang saya sudah jarang kambuh kak.. selama bisa ngontrol pola makan sama pikiran. Biasanya kambuh kalau stress/banyak pikiran.

      Delete
    2. Mba saya juga merasakan gerd sudah hampir setahun belom sembuh2 juga, suka takut sesek dan takut mati tiba2, pengen bgt lepas dari penyakit ini, ngga nyaman bgt kalo lagi kumat malem2 bener2 ngga bisa tidur ketakutan, batuk tiba2 dan tenggorokan gatal, pikiran kemana mana
      Ya allah lepaskan dari penyakit ini,
      Oia mba kunyitnya mba pake yg biang kunyit atau kunyit biasa?
      Makasih ya mba

      Delete
    3. Semoga lekas membaik ya, Mbak. InsyaAllah bisa membaik.
      Cari kesibukan, jauhkan pikiran buruk (ini yang bikin susah membaik GERDnya)

      Saya pakai kunyit biasa sih, tapi kalau ada biang juga bagus untuk tubuh.. coba dirutinkan saja.
      Air madu juga bagus..

      Delete
    4. Hallo kak,
      Aku ada gerd udh seminggu kambuh sesek sm dada sakit trs sama ngerasa tenggorokan gatel dan batuk2 kalo sore/mau tidur dan akhirnya bikin sesak.. kira2 minum apa ya kak supaya tenggorokan tidak gatal dan sesak?

      Delete
  21. Mba rie waktu kena gerd asam lambung pernh naik ketenggorokn juga yahh, pernah sampe radang tenggorokn ga mba pas asam lambung naik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kak, radang tenggorokan pas parah-parahnya waktu itu.. dada panas, mulut rasanya pahit, tenggorokan buat telan makan juga susah.

      Delete
  22. Bener bget mba.. Penyakit asam lambung itu penyakit 1 jadi 1000..dari mulai rasa cemas berlebihan, mata kunang²,mual, pusing, nafas sesak, dan mudah lelah.. Saya juga sudah hampir 1 tahun ngalamin seperti itu sampai saat ini.. Tapi setelah rutin konsumsi kunyit, jahe, dan kencur,, alhamdulilah rada enakan meskipun sesekali sering kambuh... SALAM SEHAT BUAT KITA SEMUAA... amiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak. Setuju. Dulu juga begitu. Dari asam lambung merembet ke yang lain. Alhamdulillah kalau sudah membaik... Minum madu juga, kak..

      Aamiin... Sehat selalu ya kak, semoga lekas membaik dan bisa berkegiatan dengan lancar.

      Terima kasih sudah membaca tulisan saya :)

      Delete
    2. Gimana ya kak caranya untuk konsumsi jahe, kunyit dan kencur? Soalnya perut saya kembung, pusing, lemes, gak selera makan.

      Delete
  23. Hai kak, makasih infomasinya. Saya juga lagi berjuang lawan Gerd, udah bolak-balik rumah sakit, tapi masih sering kambuh.
    Kak mau tanya gimana caranya ngilangin rasa panas di dada (heartburn)?
    Apa yang harus dilakuin atau dikonsumsi?
    Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu untuk mengatasi heartburnnya sama dapat obat dari dokter kak awal-awal. Selanjutnya saya cuma perbanyak minum air

      Semoga lekas membaik ya kaaa.. jangan banyak pikiran yang aneh-aneh

      Delete
  24. kak..ikut tanya.. kmren pernah sy soba minum kunyit.. tp asamlambung sy lalu naik.. dan tmbh jd sendawa terus.. kalo saya itu smenjak punya gerd selalu sendawa terus menerus.itu gmn solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lambungnya ngga kuat minum kunyit, coba minum kunyit putih kak..

      Untuk mengatasi sendawanya kemungkinan karena terlalu banyak gas di lambung kak. Atau efek dari obat yang dikonsumsi.

      Coba minum minuman probiotik seperti Yakult mungkin bisa membantu kak.

      Delete
    2. Salam kenal ..kalau minum Yakult .merasa perih ga di perut ?..saya mau nyoba ..tapi masih wae was

      Delete
  25. sy jg gerd..tp sendawa terus menerus..itu gmn solusinya kak?

    ReplyDelete
  26. Mbak semua gejala yang dialamin mbak sama banget sama ade ku sekitar 2 bulanan ini nah cuman kalo ade ku suka sendawa keras banget ketika gerd nya kambuh udah coba segala macem herbal,teh dan tentunya obat dari dokter tapi hasilnya sama aja masih sering kambuh apalagi menjelang sore hari ke malam hari ade saya bisa sendawa puluhan kali beserta merasa dada terbakar dan mual. Semingguan ini dia hanya konsumsi madu dan banyak minum air putih insya allah besok pagi mau coba bikin kunyit anget juga. Semoga semua nya cepet pulih ya salam dari bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinnn.. amiin kak.. semoga adenya lekas membaik kak. Jangan bnayak pikiran yang aneh-aneh.

      Sendawa terus ini memang karena banyak gas yang ada dalam tubuh karena asam lambung. Minum air putih, minum minuman probiotik juga bisa.

      Kalau air madu usahakan madu alami kak.

      Delete
  27. Hai mbak, ade saya juga sudah hampir 3 bulanan ini mengalami gerd disertai gejala gejala yang sama dengan yang mbak alami, namun ade saya ini disertai sendawa keras hampir bepuluh puluh kali ketika gerd nya kambuh selebihnya gejala yang dia alami ketika kambuh seperti dada merasa terbakar,mual,pusing,sakit badan. Berat badan dia turun drastis, sudah 2 kali ke ugd dan 3 kali ke dokter sama aja klaim nya gerd dan yang pasti di beri obat lagi selain obat dia juga sempat konsumsi herbal seperti madu,teh,jahe,kunyit namun setiap malam masih saja tetep kambuh, saya suka sedih dan kasian kalo liat dia lagi kambuh akhir2 ini ade saya hanya konsumsi madu saja dan minum air putih yg banyak besok insya allah ingin mencoba lagi konsumsi kunyit anget.
    Semoga semuanya lekas pulih ya salam dari bandung

    ReplyDelete
  28. minum kunyit hangatnya total sudah berapa lama kak? boleh dikonsumsi setiap hari? ada maksimalnya ga ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewaktu proses penyembuhan saya minumnya setiap hari kak, pagi sebelum makan..
      Biasanya 1-2 gelas (pagi dan sore). Masih minum juga sampai sekarang untuk pemeliharaan kesehatan tapi 2-3 hari sekali.

      Tapi semampunya lambung saja, kak. Sedikit-sedikit dulu. Karena ngga semua orang lambungnya cocok dengan kunyit.

      Delete
  29. Kak,,mau tanya,,, kalau kunyit hangatnya diminum sampai berapa lama? adakah batasan maksimalnya dalam mengkonsumsi kunyit hangat?terima kasih

    ReplyDelete
  30. Halo ka Rie, salam Sehat.
    Saya udah mau 1bln nih mba kena Gerd. Sekarang sih udah gak minum obat dokter lagi. Sama dokternya udah gak dikasih lagi, katanya dokternya jangan stress bu. Saya pernah minum jahe, ketumbar & kayu manis mba resep dari temen yg mujarab di dia tp malah naik lagi asam lambung saya. Kontrol pikiran biar gak kemana-mana itu yg agak susah, udah gitu aku juga pernah kena covid di desember dan januari sudah negatif. Klo cemilan ka rie makan apa aja?? di sela sela jam rawan lapar. Trs klo malam jam 11-12 malam suka laper gitu ka rie.

    ReplyDelete
  31. Kunyit apakah aman untuk ginjal ya Ka, 1th yg lalu sy 3bln minum temulawak + kunyit, tapi akhir2 ini kambuh lagi + pinggang serasa pegel banget & bisa dibilang sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsumsi kunyitnya juga harus diimbangi dengan minum air yang cukup, kak...

      Iya, kalau kambuh memang bisa menyerang ke pinggang juga. Sakit semua.

      Delete
  32. Mba rie apakah temulawak sama khasiatnya dgn kunyit? Saya baru semingguan konsumsi temulawak, lalu kenapa gak boleh makan bubur? Bukannya harus yg lembut? Saya juga mengalami apa yg mba alami mulai dari February, sejak pertengahan Maret sy coba herbal, tapi sy terinspirasi dengan pengalaman mba rie
    Terimakasih mba rie sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah Temulawak khasiat ya juga bisa untuk asam lambung. Namun yang saya minum rutin hanya kunyit, air madu, kak.

      Dulu saya pertama juga makan bubur terus, tapi pas konsultasi ke dokter saya malah dimarahi. Konsumsi nasi lembek saja, agar mulut tetap mengunyah. Enzim dari kunyahan mulut dapat membantu perbaikan lambung juga.

      Semoga lekas membaik ya, kak. Jangan banyak pikiran dan stres.. Soalnya cukup berhubungan dengan kondisi lambung. Hehehe

      Terima kasih sudah berkenan membaca pengalaman saya. :)

      Delete
  33. kak ,saat ini q jga nglamain Gerd,,trus coba bca2 di google,tpi mlah tkut sndri bcanya,,jdi mkin stress,,,klo pas kambuh,,rsanya panas melilit,trus sprti mau bab tpi g keluar g kak,

    ReplyDelete
  34. kak ,saat ini q jga nglamain Gerd,,trus coba bca2 di google,tpi mlah tkut sndri bcanya,,jdi mkin stress,,,klo pas kambuh,,rsanya panas melilit,trus sprti mau bab tpi g keluar g kak,

    ReplyDelete
  35. Hallo ka..gimana si cara bedain makan 3_4jam sekali makan sedikit²
    Saya lgi menderita magh kronis
    Saya ga suka ngemil
    Cuma sy udh coba 2 bulan ini
    Mkn sayur dan buah..pedes dah saya pantang..knp setelah mkn sesudah itu pinggang kanan saya terasa pegal ky sensasi terbakar..dan perut bagian bwah trsa tusuk²..apa kah gimn si mba cara mkn jrak wktu nya..sy mkn 1 jam sx tapi sedikit..trs bunyi terus...di isiin malah sakit.. trima kasih ka tips yg kaka kasih motifasi sy buat semangat untuk sembuh² dari 2 bln lalu sngt lelah..krna ky memikirkan ank² q dan suami hehe..
    Ga bisa buat di ajak aktifitas ternyata magh kronis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas kak... Nah, kalau lagi kena mahh, usahakan perut selalu terisi kak. Jangan sampai lapar/bunyi, jangan sampai kekenyangan. Jadi yang penting mulut ngunyah.. Hehe
      Kalau makan nasi bisa 3-4 jam sekali, kalau ngemil 1 jam sekali..
      Bisa makan buah atau kue basah. Ngatur jarak makannya cuma diri sendiri yang bisa. Semangat mba, semoga lekas sembuh. Jangan banyak pikiran

      Delete
    2. Tetap semangat mba..dan saya sudah ga minum obat² dokter..bis jawaban nya magh kronis...cm klao lagi berasa cemas terus hehe...blm lagi klo tetangga lewat nnyain kondisi..itu lagi²...ampun dah...ea gtu ya mba...emang yg mba rasain gerd dulu perut kembung sebelah kanan kan..tembus smpai pinggang..kdg klo di isi makan juga ttp berasa..smpai punggung dan panggul...sya sudah takut ke pnyakit lain saja mba soal nya sama semua di sebelah kanan
      Liat di artikel ginjal..isk..usus buntu hadeeh..kmren juga haid cm 2 hari..cm kluar nya seperti bantalan..
      Dan ga kuat lama² berdiri..ini sudah mencoba hilangin fikiran stres..cuma kdg klaau lagi brsa..slalu cemas..dan langsung sya kompres pakai botol air hangat..oiy mba fb nya apa mba..slam knl ya mba..sy mo konfirmasi mba ni..

      Delete
    3. Iy mba ri..trima kasih atas saran nya y.. sekarang sudah agak membaik.. Walaupun terkadang pinggang kanan terasa sakit...dan nikmatin saja..mgkin maag qt lagi luka x ya mba..jadi butuh waktu..biar makan dan di pantang juga..udh 4 bln sya ngalamin seperti ini ..
      Dan perut bgian atas kiri masih suka nyeri..saking kurusny x ya bgian ulu hati kya ada bentolan gtu..bgitu kah mba ri rasain..
      Klo boleh tau minta no wa nya boleh ga 🤗🙏 ingin konsultasi pengalaman nya

      Delete
  36. Ini pertama x nya saya kena asam lambung, udah hampir 1mingguan. Obat dr dokter ga mempan, tiap hari pasti ad aja jam ny nafas sesak n perut kembung, berapa hari ini juga udah ga BAB. Apa pengaruh yak kak ???? biasa nya menjelang sore mulai dateng sakitnya, trus menjelang tidur. Rasanya ga karuan sekali, pikiran kemana2, takut, cemas semua campur aduk. Aku udh coba ikhtiar pake kunyit yg di parut dan di peras terus di tambahin madu. Semoga cocok juga di aku 🤲🤲🤲
    Salam kenal ya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, salam kenal juga 🙏
      Semoga lekas membaik, ya. Iya, kalau sedang asam lambung biasanya juga pengaruh ke sistem pencernaan. Bisa konstipasi, bisa diare. Banyak makan buah dan sayur, kak. Amiin.. Amiin.. Semoga cocok dan membantu untuk sembuh kak

      Delete
  37. Kak kalau pas mual minum ramuan jahe, kayu manis, ketumbar, (sarannya sih pagi pas kosong) melilit apa tdk y kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak, saya belum pernah coba minum ketumbar. Jadi ngga tahu efek sampingnya gimana. Hehhe

      Saran saya kalau pas mual minum air madu/air hangat saja kak.. Kalau ada obat dari dokter untuk mengatasi mualnya mending diminum saja

      Delete
    2. Halo kak, apa kalian juga merasa sendawa terus menerus? Perut kencang dan sedikit nyeri? Bab lembek? Perut berbunyi juga? Sendawa dan tenggorokan terasa panas jg.

      Delete
  38. Assalamualaikum kak saya mau tanya juga , awalnya saya pergi ke dokter dan dikasih obat"an nah kondisi saya mulai membaik tapi pola makan saya salah dengan memakan ayam goreng , bakso , dan sayur sop dan juga mengkonsumsi kunyit ini . Disaat itu kondisi saya mulai membaik dan obat obatan dari dokter sudah habis tetapi 2 hari kemudian asam lambung saya kambuh kembali dan setelah itu saya mulai mengonsumsi telur rebus + nasi pagi siang malam dan kunyit di saat pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur . Kondisi saat ini perut alhamdulillah jarang perih tetapi mudah kenyang dan tidak enak rasanya juga bersendawa terus... Kalo sehabis makan lngsung digerakan suka terasa gk karuan. Apakah kondisi saya membaik ?

    ReplyDelete
  39. Apakah berdiam diri dirumah/kamar (duduk) menghambiskan waktu untuk menonton film dan main hp efektif mempercepat penyembuhan?

    ReplyDelete
  40. Hai mbk, makasih share pengalamannya. Inilah yg saya butuhkan yaitu suport sistem. Saya kumat aslam sejak bulan feb 2021 setelah melahirkan. Lebih parah dr sebelumnya krn disertai kecemasan berlebih atau psikosomatis, sempat 2minggu sulit tidur kepikiran takut mati terus, anak masih kecil2 & pikiran2 negatif lainnya. Yg saya rasakan selama ini badan lemas, kepala terasa berat, sendawa, perut yg berisik (bergemuruh), perih sedikit di area bawah pusar, & pastinya cemas. Saya sudah berkali2 mencoba pola makan. Bismillah sekarang mencoba full rebus atau kukus. & rutin minum kunyit. Tapi untuk kunyit saya pilih yg sudah dikeringkan. Jd saya iris tipis lalu saya jemur. Direbus cukup 5 iris. Terkadang campur temulawak kering juga. Saling mendoakan y sahabat semua yg sedang berjuang melawan sakit aslam. Semoga kita diberi kesehatan, kesembuhan, kekuatan, & umur panjang.

    ReplyDelete
  41. Hi Kak, waktu GERD, jadi sering kena diare gak? Cara ngatasinnya gimana?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  42. Hallo mba,
    Waktu gerd mba kambuh apa pernah mengkonsumsi lansoprazole?

    ReplyDelete
  43. Ka tie aku mau tanya Kaka asam lambung nya kumat tiap hari ngga masa saya iya

    ReplyDelete
  44. Kak minum kunyit setiap hari bikin diare gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum kunyit kuning bubuk dan temulawak bubuk dan kayu manis bubuk dan jahe merah bubuk semuanya murni ya tanpa campuran apapun,,,ambil 1 Senduk tiap macam dan seduh sampai air mendidih ,,,tiap hari minum tiap bangun tidur dan malam mau tidur,,,di jamin maag dan lambung yg sangat parah ga bakal kambuh lagi,,,makasih

      Delete
  45. Kak aku dah lama kena asam lambung ..sama gak yg dirasa ya kak .cemas nafas susah badan terasa bergetar jantung berdebar ulu hati sakit keringat dingin seolah olah mau pingsan

    ReplyDelete
  46. Malem ka, untuk penyembuhan gerd berapa lama ka? Lalu jika tiba2 gerd apa yg Kaka lakuin pertama kali?

    ReplyDelete
  47. Ka..mo tanya dong.cara ngolah kunyitnya gmna? Di parut di minum atau gmna?

    ReplyDelete
  48. Kak. Apa selama asam lambung jantung sering berdebar juga? Karena ini yg saya alami beberapa hari ini saat asam lambung naik

    ReplyDelete
  49. Kak rie apakah kakak masih sering masuk angin ?
    Dan bisa di katakan sembuh setelah konsumsi kunyit berapa lama ?
    Saya sudah sakit sejak mei akhir hingga sekarang, sudah ke igd 2x klinik dokter tiap minggu tp msih blm ada hasil, mungkin karna pikiran selalu kacau.
    Karna obat dr dokter hanya membuat sluruh badan merasakan gemetar kak.

    Terima kasih sebelumnya, doakan saya juga ya kak semoga lekas sembuh dr semua sakit ini, aaammmiiinnn

    ReplyDelete
  50. Mbak rie, saya jg asam lambung /gerd gejalanya sama seperti yg mbak rasakan cuma saya ga sampai muntah, sdh lebih saya minum obat dr dokter krn. Pernah lepas obat, baru 2 hari kambuh lg, obat cuma meredakan sebentar. Saya pengen coba minum kunyit hangat. Apa mbak rie jg minum kunyit dibarengi obat dokter?
    Karena obat dokter jg diminum dlm keadaan perut kosong atau sebelum makan. Saya pengen sembuh jg mbak, krn gerd ini mengganggu aktifitas saya.

    ReplyDelete
  51. Klo bkin air kunyit.. pk kunyit ny brp banyak y?

    ReplyDelete
  52. Saya sedang mengalami masalah asam lambung .
    Awalnya bener2 cemas pikiran jauh ke negatif . Setelah baca tips2 di artikel atau nonton video . Lumayan tenang .saya juga mulai mengurangi obat kimia sekarang sedang konsumsi herbal .
    Cuma belum bener2 bisa atur pola makan . Masih tergoda makanan pemicu asam lambung ..
    Apa bedanya . Air kunyit mentah sama jamu kunyit . Apa manfaatnya sama

    ReplyDelete
  53. Alhmdulilillah semenjak minum air perasan jeruk lemon, perut beangsur mulai membaik, bahkan pergelangan kaki bengkak & hampir tidak bisa jalan mulai mereda, enakan ... , lemon ya jangan yang lain.

    ReplyDelete
  54. Yang berhasil sembuh sharing donk

    ReplyDelete
  55. ka saya sering ngerasa heartburn apa lagi klo malam hari
    apa kaka juga sama kaya saya
    soalnya sya wory banget?

    ReplyDelete
  56. Kalau saya suka bingung, kalau makan harus dengan apa, kalau cemilan harus apa, kira2 yang baik buat gerd apa ajanya

    ReplyDelete

Post a Comment