Cara Menghilangkan Lem yang Menempel di baju

2 comments

 

cara-menghilangkan-lem-di-baju

Sejak beberapa tahun lalu, pekerjaan saya nggak jauh-jauh dari yang namanya lem. Awal-awal menggeluti pekerjaan ini saya pusing bagaimana cara menghilangkan lem di baju yang sering nempel. Tapi lama kelamaan karena sudah terbiasa, saya jadi paham bagaimana agar si noda bekas le mini hilang secara paripurna dari baju-baju kesayangan.

Pengalaman Menghilangkan Lem di Baju

Suka sebel kalau nggak sengaja lem yang saya gunakan untuk pekerjaan sehari-hari menempel di baju karena teledor, saya harus melakukan beberapa langkah agar hilang dari baju. Biasanya, membersihkan lem yang menempel dapat dibedakan dari jenis lem yang digunakan.

Karena saya terbiasa menggunakan lem tembak (glue gun) setiap harinya, berikut langkah saya membersihkan lem yang menempel pada baju.

Pertama, saat lem menempel di baju, jangan buru-buru mengelap, biarkan sampai lem mongering. Tapi jangan sampai terlalu lama juga menempelnya, khawatir kalau semakin susah dibersihkan. Setelah itu coba kerik atau ambil sisa-sisa lem dengan tangan atau kerik dengan benda tumpul. Jangan menggunakan benda tajam agar kain tidak rusak.

Kedua, rendam baju semalaman dengan deterjen. Selain menghilangkan noda, air dan deterjen juga mampu untuk membersihkan lem yang menempel. Saya biasanya menggunakan deterjen cair, agar bisa lebih menyerap ke serat-serat pakaian.

Ketiga, setelah direndam semalaman, angkat dan lepaskan sisa-sisa lem yang masih menempel di baju. Kemudian cuci dan bilas seperti biasa.   

Itu tadi cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lem di baju yang biasa saya lakukan.

Cara Menghilangkan Lem Yang Menempel di Baju



Selain dengan merendam, ada beberapa bahan lain yang dapat membantu mengilangkan noda lem dengan cepat, yaitu:

1.       Aseton

Tahu Aseton,kan? Yang biasanya kita gunakan untuk kuku. Ternyata juga mampu menghilangkan lem di baju. Cara menggunakan aseton untuk noda lem di baju adalah dengan meneteskan aseton pada kapas kemudian usapkan pada baju yang terkena lem. Namun ada hal yang perlu diperhatikan. Sebaiknya gunakan aseton untuk pakaian dengan warna netral agar tidak membuat warna pakaian pudar.

Untuk menguji coba pada pakaian berwarna, teman-teman dapat menekankan kapas yang telah diberi aseton ke are yang tidak terlihat pada baju seperti tepi jahitan atau ketiak Amati apakah ada perubahan warna pada serat kain. Jika tidak terjadi perubahan warna, bisa langsung diusapkan pada area baju yang terkena lem.   

2.       Air lemon  
lemon-menghilangkan-noda

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk mengilangkan noda Air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem yang menempel di baju. Cukup gunakan air perasan lemon, kemudian tuangkan pada bagian yang terkena lem. Bersihkan dengan sikat sampai noda lem yang menempel terangkat.

3.       Cuka Putih

Hampir sama dengan air lemon yan memiliki kandungan asam, cuka putih juga dipercaya mampu menghilangkan lem yang menempel di pakaian. Campurkan cuka putih dengan air hangat, kemudian rendam pakaian yang terkena noda. Diamkan beberapa saat sampai noda lem hilang.

Tips Menghindari Noda Lem yang menempel di baju

menghilangkan-lem-yang-menempel-di-baju
Gunakan celemek atau pelapis lainnya saat bekerja

Agar lem tidak mudah menempel saat melakukan pekerjaan, gunakan pelapis pada pakaian seperti celemek atau kain lainnya agar baju tetap terlindungi. Gunakan celemek atau kain yang sudah usang

Bekerja secara hati-hati

Saat bekerja dengan menggunakan lem, bekerjalah dengan hati-hati agar lem tidak sampai menempel di baju.


Menggunakan pakaian lama yang sudah usang saat bekerja dengan lem tidak mudah membuat khawatir jika Lem akan menempel di baju. Saying juga sih kalau pakaian terkena noda lem.

Nah itu tadi beberapa cara untuk menghilangkan noda lem yang menempel di pakaian. Teman-teman pernah mengalaminya, nggak? Trus kira-kira pakai cara yang mana supaya noda lem hilang dari pakaian?

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

2 comments

  1. jadi inget waktu masih smp suka ada tugas tugas bawa bawa kliping dan lem tentunya, nah anak anak suka iseng mainin lem, suka kesel kalo baju kena lem.

    dan baru sekarang tahu ada cara hilangin lem, ga pernah mikirin itu sih hehe

    ReplyDelete
  2. Oh bisa pakai air lemon atau cuka putih ya mbak untuk menghilangkan lem di baju. Tapi kalo disuruh milih aku pilih cuka saja karena lebih murah dan mudah didapat, kalo air lemon agak mahal dikit.😂

    ReplyDelete

Post a Comment