Puasa Hari Pertama Sebagai Seorang Istri #1



Puasa Hari Pertama Sebagai Seorang Istri - Ada yang berbeda pada puasa tahun 2022 ini. Kalau puasa tahun-tahun sebelumnya saya masih sendiri, alhamdulillah di tahun ini saya sah menyandang status sebagai seorang istri. Baru hitungan hari juga karena kami melangsungkan akad nikah di tanggal 20 Maret lalu Akhirnya yah, setelah sekian lama galau tentang jodoh. Eits, lain kali aja saya cerita tentang ini. 

Ramadan 2022 kali ini berbeda dengan status yang berbeda, jelas saya harus mempersiapkan banyak hal baru. Apalagi hadirnya orang baru di rumah di bulan puasa kali ini. Lantas apa saja persiapan saya menjelang puasa hari pertama sebagai seorang istri? 

Persiapan Puasa Ramadan 2022

Membersihkan alat ibadah

Hal pertama yang saya lakukan menjelang puasa hari pertama tahun ini adalah membersihkan dan menyiapkan perlengkapan ibadah. Kali ini tidak hanya mukena milik saya saja, tetapi juga perlengkapan ibadah milik suami. Saya membedakan alat ibadah yang digunakan ke masjid dan yang digunakan sehari-hari di rumah. Nantinya agar tidak tercampur, karena kita tidak tahu kuman-kuman yang dibawa dari luar rumah mengingat masih belum sepenuhnya lepas dari masa pandemi. 

Berbelanja kebutuhan selama puasa

Tidak jauh berbeda dengan puasa sebelumnya, kebetulan juga bertepatan dengan awal bulan saya membeli kebutuhan selama puasa dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kebutuhan puasa yang biasanya wajib ada seperti multivitamin, suplemen, madu, susu, minuman isotonik dan kebutuhan pokok dapur lainnya.

Menyusun menu sahur dan berbuka 

Sebagai seorang istri baru, tentunya saya ingin menyiapkan ibadah puasa di bulan Ramadan kali ini. Jika puasa-puasa sebelumnya saya lebih sering membeli lauk matang, pada kali ini saya ingin menyiapkan menu sahur dan berbuka dengan memasak sendiri untuk suami. Apalagi suami kalau makan porsinya selalu banyak. menyusun menu sahur dan berbuka untuk beberapa hari pertama sudah saya lakukan, selebihnya juga menyiapkan di lemari pendingin bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mempermudah pengolahannya.

Menanyakan kebiasaan pasangan di bulan Ramadan sebelumnya

Hal penting yang saya komunikasikan kepada pasangan adalah menanyakan kebiasaannya pada Ramadan sebelumnya. Tentang jam sahur, makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka. Maklum, pasangan saya sebelumnya merupakan anak rantau yang tinggal di lantai atas kantornya. 

Kebiasaanya yang kadang nggak makan sahur mau tidak mau harus disesuaikan karena kini baik saya maupun pasangan telah tinggal satu atap. 

Perbedaan makanan juga saya tanyakan, misal saya yang nggak terlalu suka minuman atau makanan manis berbanding terbalik dengan suami yang suka makanan dan minuman manis, belum lagi ia juga suka nyemil, alhasil saya jadi doyan umek di dapur. 

Mengubah pola tidur 

Berstatus sebagai istri pada bulan Ramadan ini, saya juga harus mengatur pola tidur. Kalau biasanya sahur ada yang masakin atau langsung siap makanan matang, kali ini saya ingin bangun lebih awal menyiapkan sendiri makanan untuk sahur pak suami. Sehingga saya juga harus mulai membiasakan tidur lebih awal. 


Nah, itu tadi persiapan yang saya lakukan menjelang puasa hari pertama di tahun 2022 ini. Puasa tahun pertama sebagai seorang istri. Kalau teman-teman, persiapan apa saja yang dilakukan menjelang puasa hari pertama kali ini? 


Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

Post a Comment