kelebihan Menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Penjual Online

05.23



Sejak akhir tahun 2017, Watsapp meluncurkan aplikasi Watsapp Business versi beta. Sama seperti Whatsapp Messenger, Whatsapp Bisnis (selanjutnya disebut WA Bisnis) juga digunakan sebagai sarana untuk chat dengan orang lain, namun WA Bisnis ini memang dikhususkan sebagai aplikasi chat untuk memudahkan para pebisnis atau penjual berkomunikasi dengan customernya.

Sebagai penjual online, saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi WA Bisnis dari Whatsapp Inc. ini. WA bisnis mempunyai fitur-fitur yang lebih khusus agar bisnis lebih dikenal oleh pelanggan.







Hal yang paling penting bagi penjual online seperti saya  biasanya adalah kesulitan untuk memiliki privasi karena whatsapp yang digunakan untuk jualan jadi satu dengan chat pribadi. Dengan adanya WA bisnis, kita dapat menginstall dua whatsapp dengan nomor yang berbeda. Sehingga privasi antara nomor pribadi dan nomor bisnis tetap terjaga tanpa perlu repot memiliki dua smartphone.  

Sebenarnya bisa juga menggunakan aplikasi whatsapp pihak ketiga seperti GB Whatsapp atau Whatsapp Mod, tapi karena aplikasinya bukan dari sumber yang terpercaya, lebih baik jangan gunakan. Baru-baru ini saya membaca artikel yang menyatakan pihak Whatsapp telah memblokir aplikas-aplikasi whatsapp yang telah dimodifikasi sehingga sering terjadi eror pada penggunanya.


Terdapat Profil Bisnis

Yang berbeda dari WA Bisnis dengan Whatsapp Mesenger  adalah adanya profil bisnis pada setelan WA Bisnis.  Profil bisnis di Whatsapp Bisnis memudahkan pelanggan mengetahui informasi tentang toko/bisnis yang kalian jalankan lebih lanjut.



Profil bisnis terdiri dari:
·         Alamat Bisnis yang bisa langsung terhubung dengan maps dan set lokasi.  
·         Kategori Bisnis memudahkan pelanggan mengetahui jenis bisnis yang dijalankan. Karena berdagang, saya pilih kategori perbelanjaan dan Ritel
·         Deskripsi : mendeskripsikan tentang bisnis secara singkat agar pelanggan dapat mengetahui jenis bisnis/produk yang dijual.  
·         Jam Kerja: memudahkan pelanggan mengetahui pada jam atau waktu mana saja bisnis/toko  aktif.
·         Email: email memudahkan pelanggan mengirimkan email apabila dibutuhkan
·         Situs web: apabila bisnis kalian memiliki situs web , bisa memudahkan pelanggan mengetahui atau melihat catalog produk yang ada di web. Bisa juga berisi URL akun Sosmed. Situs Web bisa diisi 2 situs sekaligus.


Tampilan profil bisnis setelah edit  
Dapat mengirimkan pesan otomatis (auto response) 




Sebagai penjual online  saya paling senang dengan fitur ini, pesan otomatis dapat memberikan info kepada pelanggan apabila tidak dapat membalas pesan lebih cepat, bisa juga berisi salam, sapaan dan info untuk meninggalkan pesan.
Ada 3 Fitur pesan otomatis  dalam WA Bisnis yaitu:
1.       Pesan di luar jam kerja
Jika fitur ini diaktifkan maka setiap pelanggan yang mengirim pesan di luar jam kerja akan langsung terkirim pesan otomatisnya

2.       Salam
Setiap pelanggan atau calon customer yang mengirim pesan akan langsung dikirim pesan otomatisnya sebagai salam atau sapaan

3.       Balas Cepat
Saat sedang di luar rumah atau kegiatan, bisa diaktifkan fitur ini. Sebelumnya kita dapatmengatur kalimat balasan hanya dengan mengetikkan keyword saja. Di bawah ini saya membuat pesan balas cepat dengan keyword hei, terimakasih dan pengiriman.


Whatsapp web
Sama seperti Whatsapp Messenger, pada aplikasi Whatsapp bisnis juga mendukung untuk watsapp Web. Whatsapp web memudahkan untuk mengelola pesan melalui komputer              


Tersedia tautan pendek


Tautan pendek ini berisi url pendek yang dapat mempermudah pelanggan memulai chat whatsapp tanpa harus mengetikkan nomor atau menyimpan nomor whatsapp. URL ini memudahkan penggunqa untuk meletakkan linknya pada profil sosial media seperti instagram, twitter atau facebook

Contoh url pendek Watsapp ke nomor bisnis saya:



Terdapat data interaksi 
WA Bisnis menyajikan data statistik mengenai jumlah interaksi antara pelanggan seperti pesan terkirim, pesan tersampaikan, pesan diterima, dan pesan dibaca.


Verified Akun

Yang membedakan akun WA bisnis dan WA messenger adalah adanya status verifikasi akun (centang hijau) yang menunjukkan bahwa akun tersebut benar merupakan akun bisnis.
namun menurut info yang saya baca tidak banyak nomor bisnis yang di daftarkan menjadi akun bisnis resmi. Namun setiap nomor yang terdaftar akan otomatis terdaftar sebagai akun bisnis.


Ada fitur label chat  

Fitur label chat memudahkan pengguna untuk mengkategorikan setiap customer. misal pada contoh di bawah ini saya mengkategorikan customer berdasarkan orderan. pengguna dapat mengedit nama label dan warna label kapan saja. Di samping setiap kontak/chat yang dilabeli, akan terdapat tanda kotak label sesuai warna yang dipilih.



Catatan:
Jika ingin beralih dari Whatsapp messenger ke Whatsapp bisnis, maka semua chat dan cadangannya akan hilang. Ada baiknya membackup data-data penting lebih dulu jika ingin beralih ke Whatsapp Bisnis dengan nomor lama yang telah didaftarkan pada Whatsapp Mesengger

Dengan menggunakan WA Bisnis jadi nggak perlu repot-repot juga membuat ruang kedua/ruang baru di smartphone hanya untuk menggunakan 2 Whatsapp dalam 1 HP. karena fitur WA Bisnis ini lebih lengkap dari WA Messenger biasa.

You Might Also Like

3 komentar

  1. ow, pantesan kalau ada yang iklan pinjaman online gtu suka ada keterangan "akun bisnis ini bla,,bvla,,bla,,," ternyata itu memang ada yang WA bisnis resmi dari WA ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada WA bisnis resmi dari WAnya. Fiturnya lebih lengkap juga dibanding WA yang biasanya.

      Hapus
    2. iya, baru tau saya ternyata WA keluarkan yg versi bisnis, kirain selama ini hnya ada 1 versi aja.

      Hapus