Famtrip Gedongsongo Travelmart, Keliling Wisata Kabupaten Semarang dalam Sehari

by - 5:23 PM


Baru saja akhir tahun lalu "main" ke beberapa kota di Jawa Tengah seperti Pekalongan, Brebes dan Tegal,  eh awal bulan Februari 2020 diajak main lagi ke Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten semarang. Wah saya yang belum pernah keliling Semarang kontan mengiyakan ajakan tersebut.
Bersama beberapa teman lainnya, saya sengaja memilih kereta sehari sebelumnya untuk mengeksplor daerah kotanya. Saya kira, semarang itu ya cuma kota kecil macam Surabaya gitu, ternyata Semarang masih memiliki dataran tinggi di kabupatennya.  
Kabupaten Semarang memiliki banyak wisata yang bisa dikunjungi. Alternatif nih buat teman-teman yang ingin main ke dataran tinggi. Beberapa wisata merupakan wisata Top Selfie dan Desa Wisata yang telah mendapat penghargaan desa wisata terbaik di Jawa Tengah. Dari Kota Semarang bisa ditempuh 1-2  jam perjalanan . 

Famtrip Gedongsongo Travelmart, Keliling  Wisata Kabupaten Semarang  dalam Sehari  


Nah, sebenarnya ajakan main ke Kabupaten Semarang ini dalam rangka mengikuti Famtrip Gedong Songo Travelmart yang diadakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata kabupaten Semarang.
Saking banyaknya lokasi wisata yang ada di kabupaten Semarang, rombongan dibagi menjadi tiga grup Famtrip dengan Rute yang berbeda:

Famtrip I : Desa Taman Wisata Kopeng – Desa Wisata Tanon – Desa Menari Tanon – Saloka Theme ParkFamtrip II : Candi Gedong Songo & Ayana Gedong Songo – Sunrise Hill- Bukit Cinta Rawa Pening- Saloka Theme ParkFamtrip III: Pabrik Sido Muncul- Umbul Sidhomukti- Cimory – Saloka Theme Park
Kesemua destinasi yang dipilih adalah destinasi yang saat ini sedang banyak diminati oleh para wisatawan. Bisa jadi rujukan itinerary teman-teman yang ingin main ke Semarang. Selain itu masih banyak tempat yang bisa dikunjungi seperti Museum kereta Ambarawa, Taman Celosia I,II, dan III, Lereng Gunung Ungaran. Saya bersama Mbak Yuni, ikut rombongan famtrip dua. 

Gedong Songo dan Ayana Hils


Gedong Songo menjadi ikon wisata paling favorit di kabupaten Semarang. Gedong songo merupakan candi yang telah ada sejak jaman dulu kerajaan Hindu. 
Menurut namanya, Candi Gedong Songo seharusnya memiliki 9 Gedong, namun yang tampak hanya 5 gedong dengan jarak kurang lebih 500m hingga 1 km antar gedongnya. Konon, yang 4 Gedong tak kasat mata dan hanya orang tertentu yang bisa melihatnya.


Berada di Candi Gedong Songo, saya dapat melihat langsung cantiknya Gunung Ungaran dan pemandangan sekeliling yang bikin lupa sejenak dengan penatnya kerjaan . Perlu stamina Khusus untuk bisa sampai ke Candi kelima karena jalannya dari Gedong satu ke Gedong lainnya cukup menanjak. Namun, jangan khawatir, pengunjung juga bisa menyewa kuda untu menikmati kemegahan Candi hingga ke gedong terakhir.
Berkebalikan dengan Candi Gedong Songo yang merupakan destinasi wisata sejarah, bersebelahan dengan lokasi candi terdapat Ayana Gedongsongo yang merupakan wisata top selfie yang cukup instagramable. Ayana baru dibangun beberapa tahun belakangan ini.  
HTM Candi Gedong Songo sebesar 8.000 rupiah untuk wisatawan domestik dan 75.000 untuk turis. Disediakan pula paket berkuda keliling Candi Gedongsongo bagi pengunjung yang tak ingin capek berjalan. Jika ingin berlanjut ke Ayanaz, pengunjung cukup merogoh kocek tambahan sebesar 20.000  
Tarif Wisata Berkuda Candi Gedong Songo 

Sunrise Hill Gedong Songo


Tak jauh dari Candi Gedong Songo dan Ayana, terdapat Sunrise Hill Gedong Songo. Jadi  di area Gedong Songo ini ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi karena lokasinya tidak jauh. Sunrise hill gedung Songo bisa ditempuh dengan Jalan Kaki dari Gedong Songo.

Sunrise Hill menjadi wisata top selfie Jawa Tengah yang spot fotonya sangat amat cukup untuk stok postingan di media sosial. Fasilitas dan Spot yang terdapat di Sunrise Hill yaitu, Kampung Horor, Area Spot Selfie yang beragam, Kolam Renang, Mandi Bola, Rumah Sesat, Rumah Terbalik, dan Foto 3 dimensi. 

Hanya dengan merogoh kocek 30.000, pengunjung bisa menikmati semua itu.

Kampoeng Banyumili



Destinasi berikutnya kami mngunjungi kampoeng Banyumili. Kampoeng banyumili sebuah resto semi outdoor yang memiliki kolam pemancingan dan ground outbond. Sebelum mengelilingi area, kami dimanjakan dengan hidangan makan siang yang sungguh menggugah selera.
Mencoba naik perahu dayung yang disediakan sungguh mendebarkan. Gimana nggak mendebarkan, wong harus menyeimbangkan dulu karena perahunya kecil, biasa buat ngangkut anak-anak ini buat ngangkut wong  gerbang. 

Di area yang asri ini saya malah fokus sama Restonya yang berkonsep outdoor. Yang dihiasi dengan lampu-lampu cantik yang menggantung dan dikelilingi dengan gazebo. Saya jadi bayangin bikin garden party di sini pasti romantis. Hehehe



Bukit Cinta Rawapening

Bukit Cinta Rawapenig 

Sebelum menuju ke Bukit Cinta RawaPening, Tour Leader di bus menceritakan asal mula munculnya Rawa Pening. Bagi penduduk sekitar tentu sudah tak asing lagi dengan Legenda Baru Klinthing. Seorang anak yang kemudian berubah menjadi Naga dan menenggelamkan desa hingga membentuk sebuah rawa yang sangat luas. Sudah banyak referensi yang mengulas tentang Legenda Baruklinting. Mungkin lain kali akan saya tuliskan di postingan lain. 



Bukit Cinta Rawa Pening terletak di Kecamatan Banyubiru, kabupaten Semarang. HTM ke lokasi ini cukup terjangkau yaitu 10.000 rupiah.  

Saloka Theme Park


Saloka Theme Park menjadi destinasi terakhir dari Famtrip Gedong Songo Travelmart kali ini, rombongan dari Famtrip I, Famtrip II dan Famtrip berkumpul jadi satu di Saloka Theme Park. Beruntung, saya yang mengikuti rombongan Famtrip II datang duluan ke Saloka Theme Park sekitar pukul 5 Sore sehingga masih sempat naik dermolen alias bianglala.
Pemandangan Saloka Theme Parka dari Bianglala 

Saloka Theme Park,  taman rekreasi keluarga terbesar yang ada di Jawa Tengah yang memiliki banyak wahana permainan dan area yang luas. Terletak di Jalan Fatmawati No. 154 Lopait , Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Tiket yang ditawarkan seharga 120.000 di hari biasa dan 150.000 di akhir pekan. Saloka Theme Park buka hingga pukul 18.00.     
Setelah Gala dinner kami diajak ke Arena Jejogedan, menyaksikan pertunjukan Baru Klinting show dan pembukaan acara yang dihadiri oleh Bupati dan pemerintah setempat.  
Melihat pertunjukan air mancur yang disorot dengan lampu membuat saya kagum. Sungguh apik. Apalagi cerita Baruklinting yang ditampilkan. 


Legenda Baruklinting Show

Gedong Songo Travel Mart di Green Valley Bandungan 

  

Acara intintya  di hari kedua, yaitu table top di Green Valley Resort Bandungan, Kabupaten Semarang. 
Para Buyer dan Seller yang menghadiri acara nampak antusias mengikuti. Sementara itu saya dan teman-teman berkeliling menengok beberapa UKM dan Desa Wisata yang juga mengisi acara tersebut.
Salah satu yang menarik perhatian adalah stand yang berasal dari Desa Wisata Lerep. Saya jadi tahu yang namanya Nasi Tonjok. Nasi dengan beberapa lauk yang dibungkus dengan daun pisang, daun jati dan diletakkan dalam rantang anyaman yang berasal dari daun kelapa yang sudah tua.


Photo bersam dari kamera Mas Zain 

Selengkapnya tentang nasi Tonjok bisa kalian lihat di video berikut:                                        


                                                                                                                              
Famtrip di kabupaten semarang kali ini menyenangkan sih, nggak kalah menyenangkan sewaktu mengikuti famtrip di Brebes. Apalagi jadi nambah teman yang juga doyan jalan-jalan. Kalau ada kesempatan main-main di kabupaten Semarang lagi, saya sih mau. Rasanya kurang puas mengeksplor Kabupaten Semarang. Ya iyasih, Cuma sehari. Kalau teman-teman ingin ngajak saya jalan-jalan ke Semarang, bisa banget lho.

You May Also Like

0 komentar