Tips Hemat Saat Lebaran di Tengah Pandemi - rieagustina

Tips Hemat Saat Lebaran di Tengah Pandemi

Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi membuat kita harus pandai-pandai mengatur uang masuk dan keluar. Apalagi mendekati hari raya idulfi...


Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi membuat kita harus pandai-pandai mengatur uang masuk dan keluar. Apalagi mendekati hari raya idulfitri seperti ini, pengeluaran biasanya paling banyak sebagai persiapan. Nah, untuk itu harus tetap mengatur keuangan karena masa pandemi yang entah sampai kapan akan berakhir, apa lgi jika sumber pemasukan hanya Berasal dari satu pintu. Beberapa Tips berikut bisa kalian terapkan untuk menghemat pengeluaran saat Lebaran.

Membuat skala prioritas 

Nah, Tips Hemat pertama adalah dengan membuat daftar kebutuhan yang utama. Bikin skala prioritas dari yang paling penting dibeli /kebutuhan mendesak hingga yang terakhir yang bisa ditunda pembeliannya. 

Tidak membeli baju baru, sepatu, tas, hingga pernak-pernik secara bersamaan
Bagi sebagian orang,  Lebaran biasanya identik dengan membeli baju baru dan segala pernak-perniknya. Namun, di tengah Pandemi ini, Masih kan baju baru sebagai prioritas? 
Bagi saya sendiri, baju baru merupakan kebutuhan yang tidak menjadi prioritas. Beberapa tahun belakangan juga, saya tidak membeli baju baru saat momen hari raya idulfitri. 

Tidak tergiur promo diskonan marketplace atau e-commerce 

Mendekati hari raya idulfitri marketplace dan e-commerce saling berlomba memberikan diskon yang besar-besaran untuk menarik pembeli. 
Nah, di tengah suasana Pandemi seperti ini, sebaiknya tahan diri untuk tidak impulsif checkout sana checkout sini membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. 

Membeli Kue atau makanan secukupnya

Hari raya idulfitri identik dengan menyiapkan aneka kue kering untuk menyambut tamu. Namun, di hari raya idulfitri kali ini yang tidak ke mana-mana di tengah Covid-19 ada baiknya membatasi jumlah pembelian kue kering. Syukur-syukur jika beberapa hidangan dapat dibuat sendiri. Selain menghemat biaya, tentunya bisa jadi lebih banyak. 

Utamakan membeli kebutuhan pokok 

Prioritas kan untuk membeli kebutuhan pokok untuk beberapa waktu ke depan sebagai antisipasi lonjakan harga yang meninggi. Kebutuhan pokok aman, baru bisa list kebutuhan yang lain. 

Alokasikan untuk membayar zakat terlebih dahulu

Membayar zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, untuk itu menyiapkan zakat terlebih dahulu merupakan sesuatu yang harus diprioritaskan. 

Tidak boros kuota

Lebaran kali ini mungkin akan terasa sangat berbeda, tidak mudik dan tidak bisa bertemu secara langsung dengan saudara-saudara. Alternatifnya, panggilan video dengan beberapa kerabat dapat memicu borosnya kuota data (jika tidak memakai Wifi). Nah, untuk itu gunakan kuota seperlunya sesuai kebutuhan.

Itu tadi beberapa Tips Hemat di saat lebaran. Semoga kita mampu bertahan dengan ekonomi yang stabil di tengah Pandemi seperti ini. Apalagi bagi pekerja lepas seperti saya. Harus benar-benar mengatur keuangan dengan baik. 

You Might Also Like

0 Comments