Tips Membeli Handphone untuk jualan online

4 comments


Tips membeli Handphone untuk jualan online - Berjualan online di era kini bmenjadi salah satu pekerjaan yang tidak butuh modal besar, cukup menggunakan Handphone saja. terkadang bisa menjadi pekerjaan sampingan bagi semua kalangan. entah itu anak sekolah, kuliah, maupun orang dewasa yang telah memilii pekerjaan tetap. Saya sendiri saat ini lebih memilih berdagang secara online sebagai bisnis utama.
Seringkali, ketika bisnis mulai berkembang pesat kebingungan dalam memilih handphone. Bagi saya,  memilih handphone untuk berjualan tidak harus mahal, tapi sebelum membeli ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih handphone.
Alasan Kenapa harus memilih yang baik untuk jualan online adalah karena semua pekerjaan lebih mudah menggunakan phone (ya bisa sih beberapa aplikasi yang connect ke laptop/pc) tapi ketika di luar rumah, akan lbih mudah menghandle pekerjaan, orderan dan chat customer dari handphone. 

Tips memilih Handphopne Untuk Jualan Online

  • Kecepatan dan sistem operasi yang mumpuni

jaman udah canggih, pastinya memilih handphone harus yang sudah mendukung jaringan 4G dong. Selain itu, minimal pilihlah sistem operasi yang sudah mumpuni dan bisa menerima pembaruan sistem operasi berikutnya.
Kalaua menurut saya, minimal sistem operasi Oreo (Android 8.0) yang rilis tahun 2018 sudah cukup mumpuni.
  •  Kapasitas Ram dan memori

Di tengah gempuran aplikasi yang semakin lama semakin menuntut space besar, memilih handphone dengan kapasitas besar adalah hal yang paling penting bagi saya. Tiga tahun lalu, saya menggunakan Xiaomi Redmi 4 Prime dengan space 3GB/32 GB yang kala itu masih keluaran terbaru yang berbeda dengan seri adik-adiknya (Redmi 4 dan Redmi 4A) sebagai pedagang, nyatanya dalam kurun waktu satu tahun saya harus berganti HP dengan space yang lebih besar, karena apa? Semakn banyak aplikasi yang dibutuhkan dan dalam kurun waktu satu tahun, kapasias penyimpanan semakin bertambah. Sedang pekerjaan saya by phone semua.
Satu tahun lalu, akhitnya saya beralih menggunakan Mia2, dengan Space 4./64 GB (bukan versi Lite) yang Alhamdulillah sampai saat ini masih cukup baik dalam membantu pekerjaan saya.
Jadi, sebagai penjual online ada baiknya memilih handphone dengan kapasitas yang lebih besar. untuk saat ini minimal dengan Ram 3GB jika teman-teman ingin berjualan di beberapa marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

  • Kamera yang mumpuni

Bagi pedagang yang bukan reseller alias memiliki produk sendiri, pemilihan kamera handphone juga penting bagi saya. Lebih sering memegang handphone menjadi alasan saya sampai saat ini belum membeli kamera, alasan lainnya nggak cukup uangnya. Haha.. Saat ini saya sudah cukup puas dengan menggunakan kamera dari MIA2.
Untuk berjualan online setidaknya pilih kamera yang terang, 13 MP saya rasa sudah cukup mumpuni utuk modal foto produk. Syukur-syukur bisa lebih dari itu. Saat ini saya menggunakan MIA2 dengan kamera. Dengan kecanggihan kamera yang mumpuni, kita bisa memaksimalkan Foto Produk dengan Kamera Smartphone

  • Sebisa mungkin hindari membeli handphone bekas

Entah kenapa saya kurang sreg bila membeli handphone bekas, karena nggak tahu penggunaan sebelumnya gimana. Saat ganti HP, saya memilih untuk menabung sampe cukup uang untuk membeli hp baru. Bukannya gaya... Kan takut kalo beli baru dipake beberapa waktu udah bermasalah.

Baca Juga:
  • Kapasitas Baterai Handphone

Kapasitas baterai handphone sangat menentukan untuk berjualan. jika budget yang dimiliki cukup, saya sarankan untuk memilih handphone dengan kapasitas batterai yang besar sehingga daya tahan lebih lama untuk dibawa ke manapun. Untuk saat ini, kapasitas batterai 4000-5000Mah saya rasa paling mendukung aktivitas berjualan online 
  • kemampuan multitasking dan aplikasi ganda Android

Demi memperoleh cuan yang melimpah, kemampuan multitasking dan aplikasi ganda android sangat dibutuhkan. Dengan memilih handphone yang mendukung fitur aplikasi ganda, teman-teman bisa membuka dua toko online dan aplikasi chat sekaligus.

Eits, tapi kalau teman-teman baru memulai bisnis dan belum memiliki cukup modal untuk mempunyai Handphone dengan kriteria di atas, jangan berkecil hati. Berjualan saja dulu dengan menggunakan gawai yang dimiliki, setelah cukup modal bisa deh membeli handphone yang mendukung untuk berjualan online. Saat ini, banyak sekali handphone berkualitas yang bisa dipilih dengan budget 1 juta hingga 2 juta 

Saat ini kebetulan saya lagi butuh smartphone lagi untuk membuka toko online baru,  semoga saja ada rezeki nomplok biar bisa beli lagi. Atau kalau ada yang mau ngasih, dengan senang hati saya menerimanya lho. hehehe...

Oiya, Tips tadi berdasarkan pengalaman saya saja sih. kalau teman-teman punya kriteria lain dalam memilih handphone untuk jualan online boleh loh dishare di kolom komentar. 
Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

4 comments

  1. Kalo jualan pake HP, paling penting mah memorinya sama kameranya yang bagus. Biar bisa simpen banyak foto sama bisa capture gambar bagus-bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap bener, mas. Paling penting adalah memorinya. Karena foto dengan kamera-kamera sekarang cukup memakan memori

      Delete
  2. Makasih tipsnya mbak. Aku rasa memang benar semuanya, kapasitas ram harus besar, minimal 3 GB lah biar ngga lemot, terus os os android juga minimal nougat, kalo bisa sih yang sudah android 10, kamera juga yang bening buat foto foto. Eh jangan lupa baterainya juga yang awet biar ngga sering ngecas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa setuju, mas. Paling tidak yang memorinya 3GB. Tapi dulu punya yang 3GB juga masih kurang sih. Apalagi kalau sekarang banyak Marketplace dan platform-platform berjualan online.

      Mempunyai hp lebih dari satu juga sangat perlu. Khusus untuk berjualan dan satu lagi untuk keperluan pribadi.

      Delete

Post a Comment