Akun/Channel Favorit yang Menginspirasi dan menambah Wawasan - rieagustina

Akun/Channel Favorit yang Menginspirasi dan menambah Wawasan

by - 10.13


Segala sesuatu yang terjadi selalu membawa dua sisi yang bertentangan yaitu sisi baik dan sisi buruknya. Di tengah situasi buruk terkait dampak pandemi Covid-19 di Indonesia, juga terdapat sisi baik yang harus kita syukuri. misalnya dapat merasakan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga, menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangan dan bisa mengembangkan kemampuan dengan belajar hal baru. 
Ketersediaan internet yang cukup baik di era saat ini dan banyaknya akun/channel yang menginspirasi dan bermanfaat sangat membantu dalam belajar mengembangkan kemampuan diri. Ada beberapa dari banyaknya akun yang sering saya tonton untuk menambah wawasan, antara lain:  

1. Akun referensi menu masakan


Semenjak Berdiam diri dirumahaja, intensitas berada di dapur semakin meningkat. Saya lagi suka-sukanya belajar masak dengan varian masakan lebih banyak. Selain menengok cookpad.com dan akun-akun di Youtube yang banyak menyediakan berbagai resep, akun Instagram ini juga cukup sering saya tengok untuk mendapat ide masakan

-@Indozonefood

Akun Instagram makanan yang pertama kali saya ikuti, banyak memberikan inspirasi resep makanan yang disertai dengan informasi dan fakta-fakta menarik.

- @Resep.jsr

Kalau kalian mengenal dr Zaiudul Abar yang suka membagikan konten Jurus Sehat Rasulullah, maka akun Resep.jsr menjadi referensi berbagai makanan dan minuman kesehatan yang biasa saya intip. Meski akun tersebut bukan akun resmi milik dr Zaiudul Akbar tapi cukup bermanfaat.

- @Masakdarurat

Pasti tau dong akun Masakdarurat milik  Bahtiar / @tiarbah. Yang suka masak nyleneh seenakjidat. Akun ini inspirasi banget, untuk masakan darurat bagi penganut BPPS (budget pas-padan, perut sosialita) macam saya hehe..

- @yummyidn

-yummy idn salah satu platform milik salah satu media online Indonesia yang khusus berbagi insight dunia kuliner, baik itu food tutorial, resep masakan, dan berbagai jenis kuliner.

-
2. Belajar SEO dasar

Semenjak mengelola blog (lagi) dan ingin belajar lebih dalam lagi, teman-teman Blogger banyak membicarakan SEO. tahun lalu saya pernah belajar sedikit tentang SEO di kelas Gapura Digital yang diadakan Google. di sana Trainer mengatakan bahwa untuk membuat website jadi nomor satu di pencarian google diperlukan riset dan optimasi yang tepat.  Meski sekarang baru tahap dasar banget belajar SEO, saya cukup senang.
Saya tidak ingin terburu-buru dan menikmati proses belajar ini secara perlahan. Salah satu akun belajar SEO adalah milik mas Defriansyah.net, bisa belajar juga melalui youtube beliau yang menurut saya cukup lengkap untuk belajar dasar-dasar SEO. Selain itu beliau juga membuka kelas SEO gratis yang terdapat sesi tanya jawab setiap minggunya. 

3. Adjie Santosoputro


Akun mas Adjie Santosoputro ini bermanfaat banget untuk saya belajar emosional healing. Akhir-akhir ini say sering bermasalah  dengan pikiran dan emosi sendiri. Suka nggelambyar ke mana-mana, overthingking parah dan ujung-ujungnya minder. Membaca tulisan-tulisan mas Adjie secara perlahan membuat saya belajar mengenali emosi diri. Dari akun mas Adjie ini pula saya belajar sikap mindfulness, belajar untuk berada utuh di masa kini. Walaupun seringnya masih gagal total. Hiks

4. Kalis Mardiasih

Salah satu poster live IG Mbak Kalis

Belum tau Kalis Mardiasih? Salah satu penulis perempuan yang sangat lantang menyuarakan isu-isu keperempuanan. Seorang aktivis gender yang juga merupakan jaringan gusdurian. Akun Mbak Kalis Mardiasih ini bermanfaat banget karena sering membahas isu-isu keperempuanan yang sering menjadi momok di masyarakat. Kalau kalian mengikuti akun instagram Mbak Kalis Akhir-akhir ini sering Live Instagram dengan tajuk "Narasi Puan" dan sering kolaborasi bersama beberapa tokoh publik/influencer perempuan dengan topik-topik yang menarik. selain itu buku-bukunya juga memahas tentang perempuan muslim di masa kini. 

5. Narasi & Najwa Shihab 


Channel favorit sedari awal berdirinya. Channel Narasi TV memiliki beberapa anak channel berisi berbagai konten sesuai kebutuhan yang didirikan oleh mbak Nana alias  Najwa Shihab pada tahn 2018. Jauh sebelum ada Narasi, saya sudah menyukain Najwa Shihab sejak masih berada di Mata Najwa di bawah stasiun TV MetroTV, yang kini beralih di Trans7
Beberapa playlist dari akun Narasi yang saya suka adalah Narasi People (cerita inspiratif dari orang-orang berbagai kalangan) dan Buka Buku (cerita di balik buku-buku)  

Di Channel Youtube mba Nana sendiri, saya suka nonton ulang Catatan Najwa, Mata Najwa, Shihab&Shihab. Kajian tausiyah dari Prof. Shihab-shihab cukup menambah ilmu keislaman. 

6. PODCAST

dunia perpodcastan 2-3 tahun belakang cukup berkembang pesat. anyak bermunculan akun-akun podcast yang menyajikan ilmu-ilmu bermanfaat melalui media audio (suara) ini. Ada beberapa akun podcast yang menjadi favorit saya di mana pembahasan-pembahasannya cukup relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, mendengarkan podcast bisa sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.
Akun podcast yang sering saya dengarkan

Magdalene's Mind


Nah, saya tahu akun magdalene ini sekitar 4 tahun lalu, Magdalene merupakan  Webmagazine yang tulisan-tulisannya berkaitan dengan berbagai issue yang berkembang di masyarakat. Namun, lebih banyak membahas issue gender dan feminis. Semenjak tahu kalau majalah ini punya podcast, saya langsung mengikutinya. Sampai saat ini sudah ada 30an episode. Kalau kamu suka dengan isu-isu feminist, podcast maupun webmagazine dari Magdalene adalah akun yang tepat .

Asumsi Bersuara


sama dengan Magdalene , Asumsi juga berawal dari Webmagazine yang banyak menyoroti kehidupan di masyarakat. Tak jauh beda dengan versi webnya, Podcast asumsi bersuara ini membahas isu-isu politik saat ini, cultur studies tapi dikemas dengan bahasa yang sederhana. Nggak bikin spaneng. Cukup informatif pula untuk didengarkan.

Podcast Subjective


Sepertinya akun podcast satu ini menjadi akun favorit banyak kalangan. Berisi banyak opini dari berbagai tema yang cukup relevan dengan keresahan masyarakat khususnya kaum milenial. Podcast milik Iqbal Hariadi ini kadang berkolaborasi dengan  narasumber ahli sesuai dengan topik yang diangkat .

Nah itu tadi beberapa akun favorit saya untuk menambah wawasan. sebenarnya masih banyak kok akun-akun lain  yang juga bermanfaat. Menambah wawasan dapat berupa apa saja, kapan saja dan di mana saja. Yang penting adalah bagaimana kita dapat mendapat ilmu sesuai dari apa yang dibutuhkan. Kalau kalian, akun apa saja yang suka kalian tonton? 

You May Also Like

4 komentar

  1. Hampir semua akun jadi favoritkuuuu :D
    Mas Adjie, Mas Iqbal, Mbak Najwa, Mbak Kalis, Syep Tiarbah semua ku fullooww :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah Toss Dulu! akun-akun favorit kesayangankuuuu jugaa... :D

      Hapus
  2. Aku ngerasa Mbak Ria sama Dhira banyak kesamaan apalgi tempat pertama yng ingin dikunjungi adalah lauutt 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata seorang teman:
      -Pada akhirnya kita akan dipertemukan dengan orang yang satu frekuensi-

      Wkwkkw.. Ah mungkin hanya kebetulan saja sih bisa samaan.

      Hapus